Sponsors Link

3 Terapi Penyakit Abses Hati Paling Ampuh !

Sponsors Link

Anda menderita abses hati dan merasa sulit untuk menyembuhkannya ? Ada baiknya anda membaca artikel ini dengan seksama. Sebelum membahas lebih jauh mengenai terapi abses hati, anda harus memahami pengertian, gejala, serta penyebab abses hati terlebih dahulu. Hal ini sangat diperlukan agar anda tidak salah mengambil langkah pada saat memutuskan untuk menjalani terapi penyakit abses hati.

ads

Pengertian Abses Hati

Hati pada dasarnya adalah sebuah organ yang sangat penting bagi tubuh manusia. Fungsi organ hati manusia diantaranya adalah mengolah serta membuang zat-zat yang dapat membahayakan tubuh. selanjutnya adalah fungsi hati sebagai alat sekresi.

Abses hati merupakan salah satu penyakit organ hati yang dapat menyerang manusia. Yang memiliki arti lubang-lubang kecil pada hati yang dipenuhi oleh nanah karena adanya infeksi. Abses hati dapat menyerang siapa saja baik perempuan maupun laki-laki dalam berbagai usia.

Penyebab Terjadinya Abses Hati

Sementara itu, hal-hal yang menyebabkan terjadinya abses hati diantaranya adalah :

  • Disebabkan Oleh Bakteri

Bakteri yang menyebabkan terjadinya abses hati yaitu Eshcerichia coli dan Klebsiella pneumonia.

  • Disebabkan Oleh Amoeba

Amoeba yang dapat menyebabkan terjadinya abses hati yaitu Entamoeba histolytica.

  • Disebabkan Oleh Jamur

Penyebab abses hati yang terakhir adalah jamur. Jenis jamur yang dapat menyebabkan terjadinya abses hati adalah Candida sp

Diantara ketiga penyebab di atas, yang paling sering menjadi penyebab terjadinya abses hati adalah amoeba. Biasanya keadaan ini disebabkan oleh faktor sanitasi yang buruk.

Proses Terjadinya Abses Hati

Bakteri dan amoba akan masuk ke dalam hati, karena itulah hati mengalami peradangan yang mengakibatkan abses hati. Setelah hati mengalami infeksi, maka anda akan merasakan nyeri pada organ hati. Rasa nyeri ini menyebabkan tubuh menjadi sakit sehingga kesulitan untuk tidur. Abses yang terjadi pada hati akan membuta metabolisme menurun dan tubuh akan mengalami perubahan nutrisi.

Gejala-gejala Abses Hati

Seseorang yang menderita abses hati biasanya akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut :

  1. Mengalami demam
  2. Menggigil
  3. Tubuh yang berkeringat
  4. Mual dan muntah
  5. Mengalami diare
  6. Menderita sakit perut bagian kanan atas
  7. Hilangnya nafsu makan
  8. Kulit dan mata yang mulai menguning
    Sponsors Link

Teknik Pemeriksaan Abses Hati

Untuk memastikan apakah anda menderita abses hati atau tidak, biasanya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu. Teknik pemeriksaan yang biasa dilakukan oleh para dokter ialah melalaui :

  • Pemeriksaan Laboratorium

Jenis pemeriksaan yang di laboratorium adalah :

  1. Complete blood count
  2. Stool testing for amebiases
  3. Bilirubin blood test
  4. Liver abscess aspiration
  • Pemeriksaan penunjang
  1. Foto dada
  2. Foto polos abdomen
  3. Ultrasonografi
  4. Pemeriksaan serologi

Metode pengobatan abses hati yang dapat anda lakukan adalah terapi abses hati. Terdapat 3 jenis terapi penyakit abses hati yang dapat anda lakukan, yaitu :

ads

  1. Terapi Antibiotik

Terapi antibiotik adalah terapi yang dikenal paling efektif untuk mengobati abses hati. Biasanya penderita abses hati akan mendapatkan dua sampai tiga macam cairan antibiotik. Cairan antibiotik tersebut diberikan melalui cairan intrevena atau cairan infusan. Pemberian cairan antibiotik ini dilakukan sampai nanah berkurang dan radang pada organ hati membaik.

  1. Terapi Biopsi

Biopsi merupakan terapi penyakit abses hati yang dilakukan dengan cara menyuntikkan jarum langsung ke abses hati melalui perut pasien. Tujuannya adalah untuk mengambil sample jaringan abses hati untuk kemudian dilakukan sebuah penelitian dengan menggunakan mikroskop.

  1. Drainase

Jika ukuran abses hati melebih 5 cm dan jumlah abses hati dinilai terlalu banyak. Maka terapi abses hati yang cocok untuk membantu proses penyembuhan ialah dengan menggunakan prosedur drainase dan membutuhkan operasi pembedahan.

Selain mengandalkan proses terapi yang telah di paparkan di atas, anda juga dapat melakukan pengobatan di rumah. Pengobatan di rumah artinya adalah anda harus mengubah pola hidup anda untuk mengobati penyakit hati bernanah yang anda derita. Hal-hal yang dapat anda lakukan di rumah yaitu :

  • Memperhatikan makanan untuk penderita abses hati

Makanan juga menjadi faktor yang sangat penting untuk membantu proses penyembuhan penyakit hati bernanah. Pilihlah makanan untuk penderita abses hati sesuai dengan petunjuk dokter dan jauhi pantangan makanan sakit abses hati

  • Membuat ramuan obat tradisional abses hati

Selama melakukan pengobatan dirumah, anda bisa membuat macam-macam ramuan obat tradisional dengan menggunakan tanaman herbal sebagai bahan utama untuk ramuan tersebut.

  • Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan menjadi hal yang sangat penting bagi penderita abses hati, karena berkaitan dengan bakteri atau kuman yang dapat memperparah keadaan. Jagalah selalu kebersihan terutama saat hendak makan.

  • Melakukan check up secara rutin

Melakukan pengobatan di rumah bukan berarti anda tidak lagi membutuhkan seorang dokter. Anda tetap harus memeriksakan diri anda secara rutin dengan dokter untuk mengetahui apakah penyakit pada organ hati tersebut tersebut sudah membaik atau belum.

Nah, itulah penjelasan mengenai terapi penyakit abses hati paling ampuh yang dapat membantu proses penyembuhan abses hati. Biasanya penderita abses hati akan mulai membaik dalam waktu 2 minggu setelah melakukan terapi baik itu terapi antibiotik, biopsi, maupun drainase.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan