Sponsors Link

7 Cara Terapi Apel Untuk Penderita Batu Empedu

Sponsors Link

Kantung empedu merupakan struktur berongga yang berbentuk seperti buah pir dan letaknya berada di bagian bawah organ hati pada bagian kanan perut. Fungsi dari kantung empedu ini adalah untuk menyimpan cairan empedu yang dihasilkan organ hati untuk membantu dalam proses mencerna lemak. Sementara batu empedu adalah kumpulan cairan empedu yang berubah menjadi keras sehingga teksturnya berubah menjadi seperti batu dan menimbulkan gejala batu empedu karena kolesterol berlebih, bilirubin berlebih atau garam empedu yang menumpuk dan mengendap menjadi kristal yang bisa berkembang menjadi penyakit pada organ hati.

ads

Manfaat Terapi Apel

Terapi apel untuk penderita batu empedu sudah banyak dilakukan para penderita dan terbukti berhasil selain sebagai salah satu makanan sehat untuk penderita liver terbaik. Batu empedu yang sering dianggap hal sepele tidak boleh didiamkan karena bisa berkembang menjadi penyakit kanker. Dalam apel memiliki banyak kandungan nutrisi untuk kesehatan khususnya mengatasi batu empedu.

Dalam setiap 100 gram buah apel mengandung kalori, hidrat arang, lemak, protein, fosfor, kalsium, vitamin A, zat besi, vitamin B1, vitamin C dan juga air serta mengandung antioksidan tinggi seperti flavonoid, serat serta fitonutrien yang bisa menurunkan risiko perkembangan gejala awal kanker hati, jantung, hipertensi serta diabetes sekaligus memperbaiki fungsi hati sebagai alat ekskresi.

Dari American Medical Association, sebanyak 80% dari batu empedu akan terbentuk karena kadar kolesterol melebihi kemampuan empedu dalam melarutkan kolesterol tersebut sehingga akhirnya akan mengeras dan membentuk kristal yang menjadi penyebab batu empedu banyak terbentuk. Penelitian yang dilakukan di The Florida University mengatakan jika apel merupakan buah ajaib yang mengandung asam malat untuk membantu dalam menghilangkan batu empedu. Sementara pectin dalam apel akan memberikan efek besar dalam menghentikan pembentukan batu empedu.

Cara Penggunaan Terapi Apel

Pada saat ingin melakukan terapi apel untuk penderita batu empedu, ada beberapa hal yang harus dilakukan dan dihindari supaya terapi buah ini bisa membuahkan hasil terbaik dan juga cepat.

  1. Minum Sari Buah Apel

Selama lima hari berturut turut, minum empat gelas sari buah apel segar yang dilakukan setiap hari atau bisa juga dengan makan buah apel secara langsung sebanyak empat hingga lima buah. Apel yang dikonsumsi setiap hari ini berguna untuk melembutkan batu empedu dan selama menjalani terapi ini, anda tetap boleh makan seperti biasa yang juga menjadi makanan untuk penderita liver bengkak.

  1. Hindari Mengkonsumsi Obat dan Vitamin

Saat melakukan terapi apel untuk penderita batu empedu sebagai pengobatan alternatif batu empedu ini, hindari mengkonsumsi obat atau vitamin sebab bisa mencegah keberhasilan dari terapi karena efek apel tidak akan bisa bekerja secara sempurna.

Sponsors Link

  1. Sarapan dan Makan Siang Non Fat

Untuk mendukung selama terapi apel untuk penderita batu empedu ini, disarankan untuk mengkonsumsi makanan saat sarapan dan makan siang yang tidak mengandung lemak. Contoh makanan yang bisa anda konsumsi adalah sereal yang dicampur dengan buah, jus buah, roti coklat dengan madu tanpa mentega atau susu, kentang panggang atau sayuran. Setelah jam dua siang, maka hindari minum atau makan hingga jam enam sore.

  1. Minum Larutan Garam Epsom

Pada jam enam sore, minum 3/4 gelas larutan garam epsom yang terbuat dari satu sendok makan garam epsom dengan 3/4 cangkir air dingin yang bisa ditambahkan juga dengan 1/8 sendok teh bubuk vitamin C sebagai penambah rasa. Ulangi minum air garam epsom ini pada jam delapan malam seperti cara serupa.

  1. Minum Minyak Zaitun dan Jus Jeruk

Pada sekitar jam sembilan lewat empat puluh lima menit, silahkan minum 1/2 cangkir minyak zaitun yang dicampur dengan 1/2 cangkir jus jeruk murni lalu aduk sampai rata dan minum sampai habis. Lanjutkan dengan berbaring agar larutan bisa bekerja secara baik dan cepat.

Pada jam sepuluh malam, minum kembali campuran ini yang dilakukan sambil berdiri, tidak boleh duduk atau berbaring. Tambahkan sedikit madu untuk perasa dan minum secepat mungkin sekitar lima menit lalu segera berbaring kembali selama 20 menit atau bisa dilanjutkan dengan tidur malam.

Sponsors Link

  1. Minum Garam Epsom Kembali

Keesokan paginya, minum kembali 3/4 gelas campuran garam epsom namun jangan minum sebelum jam enam pagi. Sesudah sekitar dua jam lebih, lanjutkan dengan mengkonsumsi buah. Sesudh satu jam kemudian, makan makanan seperti biasa namun tetap ringan seperti salad, sayuran yang dikukus, buah, jus dan sebagainya.

  1. Tidak Makan Malam

Pada hari keenam, jangan lakukan makan malam dan pada jam enam sore, minum satu gelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok teh garam epsom. Pada jam delapan malam, minum kembali larutan garam epsom tersebut sebanyak satu gelas. Magnesium sulfat ini berguna untuk membuka pembuluh kandung empedu dan menyehatkan fungsi organ hati.

Pada jam sepuluh malam, lanjutkan dengan minum setengah cangkir teh minyak zaitun atau bisa diganti minyak wijen yang dicampur dengan setengah cangkir sari jeruk murni yang berguna untuk melumasi batu empedu sehingga bisa keluar dengan lancar. Pada esok harinya saat buang air besar, anda akan melihat beberapa batu berwarna hijau yang umumnya akan mengambang saat dikeluarkan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal