Sponsors Link

9 Tanda Penyakit Kuning Sudah Sembuh Total Wajib Dipahami

Sponsors Link

Penyakit kuning penyebab tumor hati sering kali menyerang bayi. Gejalanya adalah kulit dan mata berwarna kuning yang disertai dengan demam. Jika ini terjadi, lebih baik bawa ke dokter hingga tanda penyakit kuning sudah sembuh. Karena penyebabnya bisa diakibatkan oleh infeksi darah dan virus berbahaya.

ads

Berikut ini, kami akan menjelaskan tentang tanda penyakit kuning sudah sembuh yang harus diketahui oleh para ibu. Sehingga, ketika gejala ini muncul, Anda tidak panik dan menganggap kalau penyakit semakin parah. Ini dia tanda-tandanya yaitu:

1. Kadar Bilirubin Mulai Stabil

Penyakit kuning terjadi manakala kadar bilirubin tubuh berlebihan. Sehingga pemecahannya lebih lama dan sulit dikeluarkan menjadi feses. Namun, jika kadar bilirubin sudah menurun, biasanya penyakit kuning akan segera sembuh. Untuk mengetahuinya, perlu tindakan medis yang berupa diagnosis akan pengertian hepatoma.

2. Warna Kuning Kulit Bayi Hilang

Tanda selanjutnya adalah ada perubahan pada kulit bayi. Untuk mengetahuinya, ibu bisa membawa si anak ke tempat terang, sembari lakukan pemijatan yang lembut. Cara ini tergolong mudah. Karena Anda tidak perlu mendatangi dokter untuk melakukannya.

Ciri penyakit kuning sudah sembuh, biasanya pasca kulit dipijit, akan terlihat warna yang normal. Semakin jelas warna kulit, berarti kondisi bayi juga semakin sehat.

3. Bayi Terlihat Segar

Jika kondisi tubuh bayi sudah terlihat segar, berarti penyakit kuning penyebab bahaya gagal hati yang menyerangnya sudah sembuh. Biasanya ini ditandai dengan gerak bayi yang mulai aktif. Selain itu, ketika istirahat, bayi tidak terganggu dan jarang menangis. Itu artinya, bilirubin dalam tubuhnya semakin normal.

4. Warna Tinja Berubah

Jika ingin mengetahui penyakit kuning sembuh atau tidak, silakan periksa tinja bayi. Jika warnanya mulai berubah, berarti gangguan bilirubin sudah hilang. Biasanya tinja bayi yang normal warnanya adalah kuning cerah. Sedangkan bayi penderita penyakit kuning, tinjanya berwarna jingga.

Jika warna tinja berubah, gejala fatty liver berkurang tetapi masih samar, itu pertanda mulai ada kesembuhan. Jadi, beri terus ASI kepada bayi karena itu solusi yang bisa mempercepatnya.  Semakin banyak air susu yang dikonsumsi bayi, cairan empedu dan lemak lebih stabil. Sehingga bilirubin yang menumpuk cepat dikeluarkan bersama tinja.

5. Bayi Bisa Menyusu dengan Baik

Bayi yang mengalami penyakit kuning akan kesulitan untuk menyusu. Apalagi jika penyakitnya disertai demam. Maka dari itu, jika aktivitas ini bisa kembali dilakukannya dengan baik, berarti penyakit kuning yang dialaminya sudah sembuh.

Ciri-cirinya adalah tidak terjadi penolakan ketika disodorkan putting. Selain itu, ketika menyusu tidak rewel akibat gejala gangguan fungsi hati pada bayi.

Sponsors Link

6. Berat Badan Meningkat

Jika bayi sedang sakit, tentu berat tubuhnya akan turun. Begitu juga ketika sedang mengalami penyakit kuning penyebab komplikasi gagal hati.  Hal ini disebabkan oleh penolakannya ketika menyusu. Sehingga protein di dalam tubuhnya tidak terpenuhi.

Menurut kalimat di atas, tentu tanda penyakit kuning sudah sembuh adalah berat badan bayi sudah bertambah. Maka dari itu, amati dengan saksama.

7. Warna Mata Dan Gusi Kembali Normal

Gejala penyakit kuning dan kolestasis adalah warna mata dan gusi menguning. Ini disebabkan oleh sisa bilirubin menyebar sebelum dikeluarkan melalui feses. Jika ingin mengetahui sembuh atau tidak, amati warna dua organ tersebut. Jika sudah berubah normal, berarti penyakit kuning sudah hilang.

Jika ingin mengetahui yang lebih jelas, lebih baik kontrol ke rumah sakit. Sehingga bisa dilakukan tindakan yang lebih tepat.

Sponsors Link

8. Bayi Sudah Kembali Aktif

Jika penyakit kuning dan sirosis hati sedang melanda, keaktifan bayi tentu berkurang. Jangankan bergerak, tidur saja tidak nyaman. Namun, jika gerakan anak mulai kembali lentur, semangat bermainnya juga muncul, berarti bilirubin dalam tubuhnya sudah stabil.

Selain itu, bayi yang sudah sembuh, selalu ingin menyusu. Bahkan ketika diberikan ASI, menyusunya cukup lahap dan tidak lagi menangis.

9. Suhu Tubuh Bayi Normal

Penyakit kuning penyebab gagal hati paling akut berakibat pada suhu tubuh anak. Semakin parah penyakit, suhu panas semakin tinggi. Untuk mencermatinya silakan raba dahi bayi. Jika dirasa panas, berarti penyakit masih terjadi. Sebaliknya, jika mulai menghangat berarti ada penurunan suhu tubuh.

Suhu tubuh bayi yang sudah sehat berada di kisaran 36 derajat celcius. Jika tiba pada ukuran ini, lambat laut, penurunannya akan semakin cepat. Sehingga suhu tubuh kembali normal.

Tanda penyakit kuning sudah sembuh adalah ciri-ciri kalau bilirubin di tubuh bayi sudah kembali normal. Artinya, produksi dan pengeluarannya stabil. Maka dari itu, jika penyakit kuning melanda, atasi dengan obat dan cara mendeteksi kanker hati hingga tanda-tanda ini muncul.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan