Sponsors Link

Perut Bengkak Karena Liver – Penyebab, Mengatasi dan Mencegah

Sponsors Link

Bagaimana pendapat Anda jika melihat orang yang berperut besar atau buncit? Biasanya orang memiliki perut besar adalah orang yang berbadan gemuk atau obesitas. Namun, ternyata hal ini juga dapat mengindikasikan seseorang mengidap penyakit serius, salah satunya adalah penyebab pembesaran hati. Mau tahu apa yang menyebabkannya, solusi, serta cara mencegahnya, berikut ini pemaparannya:

ads

Penyebab

Perut yang membesar atau dalam istilah medis disebut juga asites, umumnya disebabkan oleh adanya penyakit liver kronis karena mengalami akumulasi cairan yang berlebihan pada rongga perut peritoneal. Hal ini juga menimbulkan rasa sakit saat bernafas. Penyebabnya tidak lain adalah karena masalah organ hati yang mengalami kerusakan, sehingga kondisinya dapat dikatakan kronis. Dalam kondisi kronis inilah, lama-kelamaan menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Kondisi hati menjadi kronis bisa disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol dalam jangka waktu yang cukup lama atau tahunan dan secara rutin minimal dua gelas setiap hari. Selain itu juga bisa terjadi penyakit hati yang dikarenakan oleh virus dan penyebab hepatitis.

Cara Mengatasi

Sebaiknya segera lakukan pengobatan secara medis dan konsultasikan kepada dokter ahli terkait untuk mendapatkan penanganan dan perawatan yang intensif. Bila keadaannya masih dirasa belum terlalu parah, bisa juga mengkonsumsi ramuan herbal sebagai obat tradisional untuk penderita liver, seperti jamu atau minuman rempah. Berikut beberapa pengobatan alternatif yang bisa dicoba dan mudah ditemukan:

  1. Temulawak bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman yang cukup ampuh untuk meningkatkan sistem imun didalam tubuh dan membantu memperkuat sel-sel hati.
  2. Kunyit Kandungan kurkumin didalam kunyit dapat membantu penyembuhan pembengkakan perut akibat liver.
  3. Buah malaka kaya akan vitamin C yang berguna untuk membantu pencegahan penyebaran radikalisasi bebas didalam tubuh yang dapat menyerang organ hati dan juga efektif untuk menangkal pertumbuhan kanker.
  4. Madu Mengkonsumsi madu baik untuk menurunkan glukosa dan kolesterol dalam darah yang berguna sebagai antioksidan dalam tubuh.

Cara Mencegahnya

Ketahuilah tidak cukup hanya dengan merasa baik-baik saja untuk memastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Berbagai gaya hidup yang sudah menjadi kebiasaan dan sulit untuk ditinggalkan seringkali tanpa disadari membawa dampak bagi kesehatan di masa depan. Berikut adalah tindakan yang dapat Anda lakukan sebagai bentuk pencegahan agar tidak mengalami perut bengkak karena liver:

Sponsors Link

  1. Sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman beralkohol terlalu sering, atau jika merasa kesulitan untuk berhenti mengkonsumsinya karena kebiasaan, maka batasi hal-hal atau kegiatan yang membuat rasa ingin meminum minuman beralkohol.
  2. Perbanyak kegiatan positif seperti olahraga
  3. Selalu menjaga kebersihan, agar terhindar dari serangan virus. Baik dari makanan yang mengandung bakteri kemudian masuk ke tubuh, ataupun juga karena penggunaan barang pribadi yang digunakan secara bergantian.
  4. Hindari penggunaan jarum suntik atau injeksi yang tidak steril.
  5. Selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.

Demikianlah ulasan mengenai Perut Bengkak Karena Liver yang merupakan salah satu penyakit pada organ hati dan beresiko pada kematian. Sebab kesehatan amat berharga. Maka penting sekali menjaga fungsi organ hati manusia karena hati merupakan organ vital dan organ terbesar dari dalam tubuh.

, ,