Sponsors Link

5 Langkah Pertolongan Pertama Pada Penderita Batu Empedu

Sponsors Link

Serangan batu empedu bisa terjadi pada saat batu empedu tersebut terjebak dalam leher kantung empedu atau tersangkut pada saluran empedu. Saat ini terjadi, maka aliran normal empedu akan terhambat dan menyebabkan tekanan dalam sistem empedu. Spasme saluran empedu ini akhirnya akan menimbulkan rasa sakit serta tidak nyaman seperti gejala penyakit hepatitis A, gejala atresia bilier dan berbagai gangguan hati lainnya. Gejala tersebut bisa disebabkan karena peradangan pada dinding kantung empedu atau kolesititis atau lumpur kantung empedu atau juga bisa karena batu empedu yang terperangkap pada saluran empedu di organ hati.

ads

Gejala yang ditimbulkan saat batu empedu ini menyerang adalah nyeri hebat di bagian kanan atas perut tepat di belakang rusuk paling bawah sebelah kanan. Rasa sakit ini bisa hilang dan timbul yang berlangsung dari 1 hingga 4 jam terutama sesudah makan malam seperti gejala awal kanker hati. Ada beberapa solusi sebagai pertolongan pertama pada penderita batu empedu yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan mempersingkat durasi serangan batu empedu ringan sampai sedang. Namun jika sudah bertambah parah dan berlangsung lebih dari 4 jam, maka segera pergi ke dokter.

  1. Kompres Panas

Tujuan dari menerapkan kompres panas pada empedu sebagai pertolongan pertama pada penderita batu empedu adalah untuk melebarkan kantung empedu dan mengurangi tekanan. Ini sangat efektif untuk menenangkan kejang di saluran empedu, cara alami mengobati liver serta meringankan penyumbatan batu empedu berukuran kecil.

  • Bungkus botol berisi air panas dengan handuk lembab.
  • Baringkan tubuh dan letakkan kompres tersebut di bagian sisi kanan perut dan diamkan selama 15 menit.
  • Sesudah 15 menit, bangun dan berjalan selama beberapa menit lalu ulangi kembali prosedur tersebut.
  • Ulangi cara ini sebanyak beberapa kali sampai serangan batu empedu hilang.
  1. Kompres Minyak Jarak Hangat

Minyak jarak yang berasal dari biji tanaman jarak ini bisa digunakan sebagai kompres untuk mengatasi berbagai masalah seperti nyeri haid serta serangan gejala batu empedu. Minyak jarak juga sangat mudah menyerap ke dalam kulit sehingga bisa digunakan untuk mengatasi serangan batu empedu.

  • Rendam handuk bersih dengan teh minyak jarak dan peras kelebihan airnya.
  • Berbaring telentang dan tempatkan kompres tersebut pada area kantung empedu.
  • Bungkus dengan wrap plastic dan diamkan selama 30 menit.
  • Lepaskan semua kompres lalu bersihkan.
  1. Teh Biji Rami Hangat

Biji rami sudah digunakan sebagai obat orang Eropa dari beberapa tahun lalu. Minum teh biji rami ini juga baik untuk mengurangi kejang serta pembengkakan pada saluran empedu dan penyakit pada organ hati lainnya.

  • Rebus 2 sendok makan biji rami dengan 3 gelas air hingga mendidih dengan api sedang selama 20 menit.
  • Saring ramuan tersebut lalu minum sebanyak 1 cangkir selagi masih hangat.
Sponsors Link

  1. Cuka Apel Hangat

Cuka apel sangat ampuh untuk menghilangkan mual sekaligus sebagai pertolongan pertama pada penderita batu empedu serta meningkatkan fungsi hati sebagai alat ekskresi. Selain itu, hanya menghirup aroma cuka apel juga sudah bisa dijadikan pertolongan pertama batu empedu.

  • Larutkan 2 sendok makan cuka apel dalam 1 cangkir air hangat.
  • Minum campuran tersebut secara perlajam unyuk menghilangkan sakit dan rasa tidaknyaman batu empedu.

Selain beberapa cara pertolongan pertama pada penderita batu empedu diatas yang merupakan obat herbal batu empedu, mengkonsumsi magnesium juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit kantung empedu yakni dengan cara melarutkan 1/2 sendok teh bubuk magnesium dalam air hangat yang dikonsumsi setiap jam atau juga bisa mengkonsumsi teh peppermint kuat yang juga menjadi obat efektif untuk serangan batu empedu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Batu Empedu