Sponsors Link

Perlemakan Hati Alkoholik : Penyebab, Gejala, Dan Cara Pengobatan

Sponsors Link

Meningkatnya pecandu alkohol beberapa tahun belakangan ini akan menyebabkan peningkatan kasus penyakit perlemakan hati alkoholik di kalangan masyarakat.  Memang tidak semua pecandu alkohol pasti terserang penyakit perlemakanan hati alkoholik, namun sebagian besar penikmat alkohol akan mengalami kerusakan organ pencernaan yang salah satunya adalah hati. Hati atau yang sering kita sebut dengan liver merupakan salah satu organ yang bekerja untuk membantu proses pencernaan kita. Alkoloh yang terus menerus masuk ke dalam tubuh dan secara otomatis masuk ke saluran pencernaan akan memberikan dampak negative untuk tubuh terutama hati dan lambung.

ads

Padahal hati merupakan organ vital yang memiliki tugas berat untuk menjaga seluruh metabolisme tubuh. Salah satu tugas hati selain membantu pencernaan adalah menyaring berbagai macam racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang dimakan setiap harinya. Dengan begitu sejatinya kita harus menjaga organ hati agar tetap sehat dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu caranya adalah mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran segar. Bukan justru mengkonsumsi minuman beralkohol yang akan meningkatkan jumah racun dalam tubuh dan memberatkan kerja hati.

Penyebab Perlemakan Hati Alkoholik

Beberapa Penyakit Pada Organ Hati memang disebabkan oleh asupan makanan yang kita makan, seperti perlemakan hati alkoholik ini. Penyakit perlemakan hati sebenarnya memiliki dua penyebab utama yaitu akibat mengkonsumsi terlalu banyak alkohol atau alkoholik dan perlemakan hati bukan karena konsumsi alkohol atau non alkoholik.  Namun akhir-akhir ini perlemakan hati alkoholik lebih banyak diderita oleh masyarakat Indonesia khususnya orang-orang yang tinggal di perkotaan. Itu karena mereka lebih mudah membeli dan mengkonsumsi alkohol dibandingkan masyarakat yang tinggal di pinggiran kota atau daerah-daerah kecil lainnya.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa perlemakan hati alkoholik merupakan penyakit yang menyerang organ hati akibat banyaknya timbunan lemak karena konsumsi alkohol secara berebihan. Sejatinya di Indonesia penggunaan alkohol sudah di batasi dengan beberapa peraturan pemerintan tantang dosis dan siapa saja yang boleh mengkonsumsi alkohol tersebut. Alkohol sendiri merupakan bahan utama dari minuman keras seperti bir, whisky, brendi, dan anggur dalam jumlah kadar yang berbeda-beda.

Jika dampak panjangnya alkohol dapat merusak beberapa oragan tubuh terutama hati, dampak pendek mengkonsumsi alkohol untuk tubuh adalah memabukkan dan memberikan rasa panas dalam tubuh. Kedua hal tersebut sebenarnya tidak ada yang positif. Karena itu pemerintah Indonesia bahkan agama malarang mengkonsumsi alkohol. Awalnya mengkonsumsi alkohol adalah kebiasaan orang-orang yang tinggal di negara barat. Itu bertujuan untuk menghangatkan tubuh disaat musim dingin tiba. Namun lama kelamaan penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi alkohol memberikan lebih banyak dampak negative dibandingkan positifnya.

Gejala Hati Berlemak Akibat Alkohol

Beberapa ciri atau Gejala Hati Berlemak yang disebut juga dengan fatty liver pada penderita alkoholik dan non alkoholik sebenarnya hampir sama. Namun, untuk penderita perlemakan hati alkoholik pada umumnya tidak menimbulkan gejala. Lemak yang menumpuk di hati sebenarnya dapat menghilang dengan sendirinya jika diikuti dengan berhenti mengkonsumsi alkohol. Beberapa gejala seperti hilangnya nafsu makan dan kurangnya konssentrasi akibat perlemakan hati itu akan hilang sekitar 2 minggu setelah berhenti total konsumsi alkohol.

Walaupun demikian penderita perlemakan hati alkoholik akan memiliki resiko lebih banyak merusak organ tubuh lainnya selain hati seperti jantung dan sel. Itu karena etanol atau alkohol yang masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi metabolisme tubuh. Dimana etanol yang masuk akan dimetabolisme di dalam organ hati menjadi ion hydrogen. Ion hydrogen akan mempengaruhi membrane sel dan memberikan efek racun serta mengakibatkan kerusakan sel dan jantung.

Cara Menyembuhkan Perlemakan Hati

Satu-satunya Cara Mengatasi Penumpukan Lemak Di Hati akibat alkohol yang paling efektif adalah berhenti mengkonsumsi alkohol. Jika perlemakan hati akibat alkohol anda sudah terlalu parah makan ada beberapa Obat tradisional perlemakan hati yang dapat anda konsumsi dengan rutin agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Jika anda pecandu alkohol berat maka mengurangi sedikit demi sedikit konsumsi alkohol anda setiap hari dapat menjadi pilihan baik. Misalnya jika biasa mengkonsumsi 2-4 botol bir per hari, anda bisa kurangi 1-3 bir saja per hari dan dan besoknya hanya 2 bir saja dan seterusnya hingga kebiasaan anda mengkonsumsi bir dapat hilang.

Jika anda berfikiran mengkonsumsi alkohol adalah cara terbaik menghilangkan stress akibat pekerjaan yang menumpuk atau masalah lainnya sebenarnya anda salah. Ada beberapa makanan yang dapat menghilangkan stress sekaligus dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan anda seperti cokelat dan buah-buahan. Dengan begitu anda dapat mencoba mengganti konsumsi alkohol anda dengan jus buah atau makan coklat setiap hari. Jika belum bisa juga maka ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi untuk menghilangkan kebiasaan buruk anda mengkonsumsi alkohol dan menyembuhkan perlemakan hati alkoholik itu.

Sponsors Link

, , ,
Oleh :
Kategori : Perlemakan Hati