Sponsors Link

3 Perbedaan Kanker Hati dan Tumor Hati yang Mudah Dipahami

Sponsors Link

Kanker hati dan tumor hati merupakan dua penyakit pada organ hati yang cukup sering terjadi. Bahkan, kanker hati menjadi satu dari lima jenis kanker paling membunuh di dunia. Dua jenis penyakit ini sebenarnya memiliki gejala yang hampir sama. Gejala awal kanker hati dan tumor hati yang akan anda rasakan adalah:

ads
  1. Penurunan berat badan secara drastis dalam waktu yang singkat.
  2. Sering mengalami mual dan muntah tanpa sebab yang jelas.
  3. Sering merasakan nyeri di bagian perut
  4. Bagian perut akan mengalami pembengkakan atau menonjol
  5. Mengalami gangguan selera makan.
  6. Mengalami penyakit kuning pada bagian kulit dan mata.
  7. Memiliki tinta berwarna pucat.
  8. Mengeluarkan urin berwarna keruh seperti teh.

Akan tetapi, meskipun memiliki persamaan di gejala-gejala yang dialami, kanker dan tumor hati juga memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini perbedaan kanker hati dan tumor hati yang harus anda ketahui:

  • Pertumbuhan

Perbedaan kanker hati dan tumor hati pertama bisa dilihat dari pertumbuhannya. Tumor hati biasa ada yang tumbuh dengan bentuk seperti benjolan di bagian dalam atau permukaan hati. Tumor ini biasa disebut dengan hemangioma. Tumor ini tidak berukuran besar dan umumnya tidak akan memberikan gejala apapun. Beberapa tumor hati juga bisa disembuhkan dengan berbagai jenis pengobatan yang tidak sulit untuk dilakukan.

Sedangkan kanker hati, merupakan tumor yang sudah tumbuh dalam ukuran lebih besar dan membahayakan bagi hati. Pertumbuhan tumor kanker hati lebih cepat daripada tumor biasa sehingga ukurannya akan cepat membesar. Ukuran tumor yang bisa dikategorikan sebagai kanker hati umumnya sudah cukup untuk membuat hati mengalami beberapa kegagalan fungsi.

Tumor yang sudah tumbuh menjadi kanker bisa menghentikan jaringan normal hati dan fungsi kinerja hati. Beberapa zat gizi yang masuk ke hati akan digunakan untuk pertumbuhan sel kanker. Hal inilah yang membuat tumor kanker menjadi semakin besar jika tidak segera disembuhkan.

  • Bahaya bagi tubuh

Bahaya yang ditimbulkan bagi tubuh juga menjadi perbedaan kanker hati dan tumor hati. Beberapa jenis tumor hati tidak terlalu membahayakan bagi tubuh anda. Misalnya, tumor hati hemangioma yang tidak akan memberikan gejala dan tidak membutuhkan penanganan khusus untuk penyembuhan. Tumor ini perlu diwaspadai jika terjadi pada bayi dan perlu terus dipantau perkembangannya.

Jika memang ukurannya semakin membesar, maka tumor ini harus diangkat agar tidak memberikan komplikasi kepada hati. Tumor hati lainnya, seperti tumor hiperplasia fokal nodular dan hepatocellular adenoma (hepatic adenoma) merupakan jenis tumor jinak yang tidak terlalu membahayakan bagi hati. Namun, anda tetap harus memantau tumor ini karena jika dibiarkan semakin besar bisa berakhir pada kanker hati.

Sedangkan kanker hati merupakan penyakit yang sangat membahayakan bagi tubuh anda. Komplikasi kanker hati bisa membuat organ hati anda tidak berfungsi dengan normal. Beberapa fungsi organ hati, seperti fungsi hati sebagai alat ekskresi atau mencerna zat gizi tertentu bisa terhenti jika ada sel kanker di dalam hati anda. Sel kanker ini bisa menutupi hati dan membuat sel kanker yang normal tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Sponsors Link

Tumor kanker hati juga harus segera diangkat agar bisa membuat hati anda bekerja dengan baik kembali. Pada beberapa kasus, anda bahkan harus menjalani cangkok hati untuk membuat hati anda bisa kembali berfungsi dengan normal.

  • Penyebab

Perbedaan kanker hati dan tumor hati berikutnya ada di penyebabnya. Pada umumnya, kanker hati dan tumor hati disebabkan oleh beberapa hal yang sama. Namun, ada juga hal yang bisa menyebabkan tumor hati yang berbeda dengan penyebab kanker hati.

Kanker hati sendiri bisa disebabkan oleh tumor hati yang tidak disembuhkan. Kanker hati juga bisa disebabkan oleh penyakit hati lainnya sirosis hati. Kanker hati juga dapat menjadi akibat penyakit hepatitis B dan C yang tidak segera disembuhkan. Selain itu, mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan kanker hati.

Sedangkan tumor hati bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan yang tidak sehat untuk organ hati. Misalnya, wanita yang banyak mengonsumsi pil KB berisiko tinggi untuk terinfeksi tumor hati dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi pil KB.

Selain itu, tumor hati juga bisa terjadi karena kelainan genetik yang dibawa sejak lahir. Jika hal ini terjadi umumnya dokter akan melakukan pengangkatan tumor sejak anda masih bayi. Hal ini dilakukan untuk menghindari tumor membesar dan bisa menyebabkan kanker.

Sponsors Link

Itulah beberapa hal yang menjadi perbedaan kanker hati dan tumor hati. Bagaimanapun, anda tetap harus waspada dengan dua penyakit ini. Jika tidak mendapatkan cara penanggulangan kanker hati dan tumor hati yang benar, kedua gangguan hati ini bisa menyebabkan fungsi organ hati menjadi tidak maksimal.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk menanggulangi dan mencegah dua penyakit ini adalah dengan selalu menjaga pola hidup yang anda jalani. Akan lebih baik bagi anda untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk organ hati. Contoh makanan dan minuman yang baik untuk organ hati anda adalah:

  1. Air putih
  2. Minyak zaitun
  3. Jus buah bit
  4. Kopi murni (bukan kopi instan)
  5. Kunyit
  6. Lemon
  7. Bawang putih
  8. Buah-buahan, seperti apel dan semangka

Selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat, pastikan juga anda berolahraga secara secara teratur. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksakan kesehatan anda kepada dokter, terutama jika sudah mengalami gejala-gejala kanker dan tumor hati.

, , , ,