Sponsors Link

Perbedaan Abses Hati Amebik Dan Piogenik

Sponsors Link

Tidak ada organ tubuh yang bebas dari penyakit. Salah satunya adalah organ hati. Organ hati merupakan organ vital tubuh manusia yang sering diserang oleh dua penyakit mematikan yang tidak bisa disembuhkan dengan obat tradisional abses hati. Penyakit-penyakit tersebut adalah abses hati amebic dan piogenik. Berikut penjelasan perbedaan abses hati amebik dan piogenik.

ads

Kedua penyakit berkarakter abses ini memiliki perbedaan yang mencolok. Perbedaan yang apabila salah di deteksi, tindakan pengobatannya juga salah. Maka dari itu, pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan perbedaan penyakit abses hati amebic dengan piogenik.

Perbedaan Abses Hati Amebik Dan Piogenik

Pada perbedaan berikut ini yang menyamai penjelasan tentang perbedaan kanker hati dan tumor hati, kami akan menjabarkan secara satu persatu dengan dasar penjelasan yaitu seputar definisi, penyebab serta gejala yang dimunculkan oleh keduanya.

Abses Hati Amebik

Abses hati amebik merupakan jenis penyakit abses hati, yang muncul akibat genangan nanah di dalam organ hati yang penyebabnya adalah infeksi parasit dari makanan yang menyebabkan kanker hati. Nanah Sendiri merupakan cairan kental yang unsur-unsurnya terbuat dari berbagai macam sel darah putih dan sebagian kecil adalah sel aktif yang tidak terevitalisasi dengan baik. Penyakit ini bisa menimbulkan sensasi rasa perih dan pembengkakan di perut. Jika penyakit ekstrem ini tidak segera diobati, nyawa penderitanya bisa melayang.

Penyakit Abses hati amebik diakibatkan oleh serangan parasit yang dikenal dengan istilah Entamoeba histolytica. Parasit Ini tergolong benalu yang juga menjadi penyebab penyakit amebiasis serta infeksi usus atau disentri amoeba. Jika infeksi tidak segera diatasi, parasit akan terus melakukan pergerakan dengan memanfaatkan sirkulasi darah yang akhirnya berlabuh di organ hati.

Penyakit ini muncul akibat anda terkena parasit yang masuk melalui makanan maupun air yang sudah teracuni oleh feses. Maka dari itu, selalu menjaga kesehatan adalah langkah tepat melalui cara pencegahan kolestasis untuk mencegah parasit berbahaya ini masuk ke dalam tubuh.

Penyakit ini sudah populer di seluruh dunia. Akan tetapi, dari kasus yang terjadi, penyakit paling sering menyerang masyarakat yang tinggal di daerah tropis. Karena di cuaca yang sering ekstrem, kondisi kehidupan masyarakat tidak terlalu steril apalagi ditambah banyaknya masalah sanitasi yang buruk.

Abses Hati Piogenik

Abses hati piogenik adalah satu kondisi penyakit hati yang cukup ekstrim karena tidak bisa disembuhkan dengan cara mengobati fatty liver bahkan tidak jarang mengancam nyawa penderitanya. Bukan itu saja, akibat angka mortalitas yang sangat berat sehingga teknik penanganan awalnya saja harus membutuhkan diagnostik total yang disertai dengan tindakan terapi yang akurat.

Pada umumnya abses hati piogenik ini diawali oleh Gejala nyeri perut pada bagian atas yang disertai dengan demam yang cukup tinggi. Bahkan ada beberapa kasus Penyakit abses hati piogenik menimbulkan gejala muntah akut.

Dari beberapa penelitian medis menggunakan cara mendeteksi kanker hati modern yang telah dilakukan, ternyata dasar dari penyakit ini sangat asing alias tidak diketahui. Ada yang mengatakan Abses yang muncul bersifat soliter yang lokasinya ada di daerah lobus kanan hati. Ada juga yang mengatakan penyakit ini akibat abses hati amebic yang nanahnya sudah pecah. Tentu untuk mendapatkan riset yang lebih mendalam, pelayanan USG dan CT scan secara abdomen merupakan sarana diagnostik Penyakit Abses hati piogenik yang tidak boleh ditinggalkan.

Biasanya, penyakit Abses hati piogenik ditangani dengan terapi khusus yang disebut terapi aspirasi perkutaneus yang diberikan secara beriringan dengan terapi antibiotik dan terapi ramuan herbal pembersih hati. Jika terapi ini tidak membuahkan hasil maksimal, tindakan drainase dengan cara operasi bedah bisa menjadi solusi selanjutnya.

Namun, Jika rumah sakit yang menangani juga menyediakan teknik terapi invasif atau terapi aspirasi jarum perkutaneus, maka itu juga bisa dilakukan. Syaratnya adalah terapi dengan jus fatty liver harus terus dipandu menggunakan alat radiologis dan juga harus dipastikan ketersediaan antibiotik harus lengkap dan berspektrum luas. Namun, pasien penyakit abses hati piogenik amat jarang untuk diberikan tindakan pengobatan semacam ini.

Nah dari narasi di atas bisa diketahui dengan jelas kalau penyakit asbes hati amebic dengan asbes hati piogenik adalah penyakit yang berbeda dari segi keparahan. Penyakit abses hati piogenik merupakan abses amegik yang tidak segera diatasi sehingga statusnya bertambah parah karena proses detoksifikasi pada hati tidak maksimal dan pengobatannya juga lebih sulit dan mahal.

Itulah beberapa perbedaan  abses hati amebic dan piogenik yang harus anda ketahui. Saran kami adalah jauhi kedua penyakit diatas dengan pencegahan kanker hati jika anda masih ingin hidup lebih nyaman dan selamat. Pastikan juga kalau anda selalu menjaga kesehatan setiap saat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Abses Hati