Sponsors Link

5 Langkah Perawatan Hepatitis Alkoholik yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi alkohol, ada baiknya Anda mulai membatasi konsumsi tersebut. Alkohol ternyata bisa memberikan dampak buruk terhadap tubuh dan tidak terbantahkan efeknya sebagai penyebab hepatitis atau gangguan fungsi hati. Penyakit hepatitis yang disebabkan oleh alkohol disebut dengan istilah hepatitis alkoholik. Penyakit ini merupakan cikal bakal dari penyakit yang lebih mematikan yakni sirosis hati.

ads

Ada beberapa gejala yang bisa menandakan Anda mengalami hepatitis alkohol yakni seperti gangguan sistem pencernaan meliputi nyeri perut, mual, muntah serta nafsu makan berkurang. Anda juga bisa menderita demam dengan penumpukan cairan (asitesis) di dalam perut serta rasa lelah yang berkepanjangan. Namun untuk meyakinkan diri Anda jika keluhan yang muncul adalah gejala penyakit hepatitis alkoholik, Anda perlu melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter.

Pemeriksaan terhadap hepatitis alkoholik umumnya dilakukan dengan tindakan biopsi hati yakni pengambilan jaringan hati untuk diperiksa. Pemeriksaan terhadap sebagian dari jaringan hati tersebut dilakukan menggunakan mikroskop. Jika sudah terdiagnosis positif dengan munculnya ciri-ciri penyakit hepatitis, dokter akan segera memberikan rangkaian pengobatan yang diperlukan.

Menilik, hepatitis alkoholik jika tidak disembuhkan dengan segera maka akan membuat hati Anda menderita sirosis. Selain pengobatan yang disarankan dokter, Anda juga perlu mendapatkan perawatan hepatitis alkoholik pribadi maupun keluarga agar lekas sembuh dari hepatitis alkoholik. Ada pun hal-hal penting yang harus Anda perhatikan dalam proses perawatan adalah sebagai berikut.

  1. Rutin Mengonsumsi Obat

Kunci utama dari proses penyembuhan adalah mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter. Maka dari itu, poin prioritas dari perawatan terhadap penyakit hepatitis alkoholik adalah memastikan bahwa Anda atau penderita hepatitis alkoholik di sekitar Anda mendapatkan akses terhadap obat dan mengonsumsinya secara rutin sesuai dosis dan resep dokter.

Cara mengobati penyakit hepatitis bisa dengan mengonsumsi tiga golongan obat yang umum digunakan untuk jangka pendek yakni golongan obat antiinflamasi, penurun kadar kolesterol jahat, serta steorid. Golongan obat antiinflamasi dan steroid digunakan untuk mengatasi peradangan yang terjadi baik pada organ hati ataupun sendi dan jaringan lainnya. Obat yang direkomendasikan oleh dokter bisa jadi kortikosteroid atau pentoxifyline. Dua obat tersebut juga berguna untuk meregenerasi jaringan yang rusak.

  1. Menghentikan Konsumsi Alkohol

Karena alkohol adalah biang utama dari penyakit hepatitis alkoholik, maka cara pencegahan hepatitis alkoholik yang termasuk dalam perawatan hepatitis alkoholik paling urgen adalah dengan menghentikan konsumsi terhadap alkohol. Dengan begitu, peradangan hati yang terjadi bisa dihentikan. Namun, perawatan jenis ini cukup sulit apabila Anda atau penderita hepatitis lainnya memiliki kecanduan terhadap alkohol.

Agar bisa menghentikan kecanduan terhadap alkohol, seorang penderita hepatitis harus paham benar mengenai betapa berbahayanya setiap tetes alkohol yang mereka minum. Mereka perlu berkomitmen dan peran keluarga atau orang-orang terdekat sangat penting dalam menjaga komitmen tersebut.

Sehingga perawatan hepatitis alkoholik bisa berlangsung secara efektif dan proses penyembuhan bisa berlangsung dengan baik. Jika Anda tidak sanggup melakukannya sendiri, dokter akan merekomendasikan beberapa tindakan seperti terapi atau konseling.

Sponsors Link

  1. Terapi Malnutrisi

Agar proses penyembuhan bisa berlangsung dengan optimal, Anda ditutup untuk mampu menjaga nutrisi tetap seimbang. Jika tubuh Anda terhitung mengalami malnutrisi, dokter biasanya akan memberikan terapi malnutrisi. Dengan begitu, proses penyembuhan akan lebih cepat karena mendapat dukungan dari dalam. Sebab, gizi yang buruk akan membuat hepatitis alkoholik Anda semakin parah.

Untuk mendapatkan rencana terapi yang baik, konsultasikanlah dengan dokter pribadi atau ahli gizi Anda.  Terapi malnutrisi umumnya meliputi pola makan serta perhitungan kalori dan nutrisi yang Anda butuhkan setiap harinya. Dalam perawatan rutinnya, Anda sebagai penderita atau perawat bisa lakukan dengan menyediakan menu diet yang sudah direkomendasikan oleh dokter atau ahli gizi.

  1. Rajin Memeriksakan Diri

Perawatan secara pribadi di rumah tidak dengan menutup akses terhadap tindakan kesehatan dari luar, seperti dokter dan ahli gizi. Sebaliknya, perawatan mandiri terhadap hepatitis alkoholik yang Anda derita harus didasarkan pada diagnosa dan ketentuan-ketentuan yang telah dokter Anda berikan. Oleh karena itu, jangan malas untuk tetap memeriksakan diri Anda kepada dokter.

Sponsors Link

Rajin memeriksakan diri pada dokter juga akan membuat perkembangan proses penyembuhan Anda terpantau. Dengan begitu, tindakan pengobatan akan lebih sesuai dengan tingkat kekronisan hepatitis alkoholik yang Anda derita. Begitu juga jika pengobatan tidak memberikan pengaruh yang signifikan, bisa jadi dokter akan mengubah tindakan pengobatan yang dilakukan sebelumnya.

  1. Melakukan Transplantasi Hati

Ada kalanya pengobatan dan perawatan hepatitis alkoholik yang dilakukan tidak menghasilkan apa-apa karena kondiri penyakit hepatitis alkoholik yang Anda derita cukup parah. Agar bisa terhindar dari kemungkinan hepatitis berubah menjadi sirosis hati, ada baiknya Anda meminta rekomendasi tindakan medis lain seperti transplantasi hati. Namun berbeda dengan jenis penyakit hepatitis lainnya, transplantasi hati bagi penderita hepatitis alkoholik bisa jadi tidak efektif jika Anda masih tidak bisa terlepas dari alkohol.

Pentingnya pengobatan dan perawatan terhadap penyakit hepatitis alkoholik memiliki beberapa urgensi, salah satunya adalah komplikasi yang bisa saja terjadi. Komplikasi penyakit ini cukup fatal meliputi ensepalopati hepatik, hipertensi porta, splenomegalia, asites, hingga varises, gagal ginjal, dan kanker hati. Salah satu komplikasi dari parahnya hepatitis alkoholik adalah sirosis hati yang jelas membutuhakn langkah pengobatan sirosis hati yang tidak lebih mudah dari ini.

, , ,




Oleh :
Kategori : Hepatitis