Sponsors Link

13 Penyebab Tumor Hati paling Kronis Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Tumor hati adalah penyakit akibat proses pembelahan sel tidak maksimal. Asal usulnya bermacam-macam. Ada yang karena organ hati itu sendiri, atau penyebab tumor hati paling akut yaitu akibat kerusakan organ lain (komplikasi) yang tidak bisa diobati dengan obat tradisional abses hati terkini.

ads

Penyakit tumor hati dibagi menjadi dua, yaitu tumor hati jinak dan tumor hati ganas. Tumor hati jinak di dalamnya tidak memiliki sel kanker. Sehingga penyakit tidak menyebar. Sedangkan tumor hati ganas biasa disebut kanker hati. Kecenderungan penyakit menyebar sangat besar.

Penyebab Tumor Hati

Tumor hati tergolong penyakit populer. Bahkan di Indonesia, gangguan hati ini sudah umum terjadi padahal ramuan herbal pembersih hati sangat banyak. Penyebabnya cukup banyak. Salah satunya adalah akibat hepatitis yang menyerang organ hati. Untuk lebih jelas, berikut kami kupas penyebab tumor hati, yaitu:

1. Jenis Kelamin

Menurut medis, pria lebih berpeluang mengalami tumor hati dibandingkan perempuan. Bahkan dari 81 orang pria, satu orang mengalami tumor hati. Sedangkan perbandingan untuk perempuan mencapai 1 banding 125.

2. Hepatitis Kronis

Hepatitis kronis merupakan penyebab tumor hati yang paling umum. Bahkan, di negara berkembang seperti Indonesia, kasus ini banyak terjadi. Alasan sederhananya adalah karena hepatitis berpeluang menimbulkan sirosis pada hati. Maka dari itu, pasien diharuskan melakukan terapi apel untuk penderita batu empedu.

Pada umumnya, hepatitis ditularkan melalui pola hidup tidak steril. Seperti gonta ganti pasangan seks, tukar menukar jarum suntik, pecandu narkoba dan akibat transfusi darah. Sedangkan gejala yang lumrah adalah mata dan kulit berwarna kuning yang disertai flu berat.

3. Sirosis

Sirosis merupakan penyakit yang dikaitkan dengan tumor hati dan bahaya gagal hati. Karena pada kondisi ini, organ hati pasien terlihat memiliki parut yang semakin hari semakin membesar. Bahkan, jika tumor tergolong ganas, hati akan mengalami kerusakan parah.

Sedangkan sirosis sendiri disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya adalah serangan hepatitis, cara mengeluarkan batu empedu tanpa operasi tetapi menggunakan obat kimia dan kebiasaan minum alkohol yang berlebihan.

4. Penggunaan Alkohol Berat

Orang yang suka minum minuman keras cenderung mengalami sirosis hati lebih besar dibandingkan orang yang tidak suka meminumnya. Itu artinya, mereka juga berpeluang mengalami tumor hati. Apalagi, jika kebiasaan tersebut berlebihan. Sampai minum alkohol selama 6 kali sehari.

5. Obesitas

Tumor hati juga disebabkan oleh berat badan berlebih atau obesitas dan gejala fatty liver. Karena kondisi badan semacam ini, apalagi tidak disertai dengan ramuan tradisional untuk fatty liver, produksi lemak di hati cenderung lebih banyak. Metabolisme inilah yang disebut dengan istilah NASH. Sebuah gangguan yang ternyata bisa memicu lahirnya sirosis.

Sponsors Link

6. Diabetes Tipe 2

Diabetes adalah penyebab tumor hati yang paling sering terjadi. Bahkan di Indonesia, gangguan inilah yang memicu lahirnya kanker hati. Menurut medis, penderita kencing manis tipe 2 lebih beresiko mengalami tumor hati dibandingkan para peminum alkohol dan pasien hepatitis.

7. Penyakit Metabolik Turunan

Penyakit keturunan atau gangguan genetik, ternyata juga menyebabkan tumor hati dan komplikasi gagal hati. Salah satunya adalah penyakit hemokromatosis.  Jika sindrom ini menyerang, daya serap tubuh terhadap zat besi semakin besar. Akhirnya, organ hati dipenuhi kalsium. Jika anda mengalaminya segera minum obat penyakit kuning secara alami dan herbal.

8. Paparan Zat Aflatoksin

Penyebab tumor hati selanjutnya adalah terkena paparan aflatoksin. Sebuah senyawa perusak protein yang sering ditemukan pada makanan seperti kedelai, kacang tanah dan jagung. Zat ini berkembang lebih cepat di suhu lembab. Salah satunya di Indonesia yang beriklim tropis.

9. Infeksi Parasit

Tumor hati juga disebabkan infeksi parasit. Kasus ini sudah ditemukan beberapa kali dan paling sering menyerang masyarakat di Asia, afrika dan amerika selatan.

10. Penggunaan Tembakau

Kebiasaan merokok, sangat tidak baik bagi kesehatan. Pasalnya, zat tembakau (nikotin) bisa menimbulkan tumor hati. Maka dari itu, hentikan kebiasaan tersebut. Jangan lupa pula, bersihkan organ hati anda secepatnya, jika dulunya anda penghisap rokok aktif.

Sponsors Link

11. Pil KB

Pil KB terutama yang kategori kontrasepsi oral, ternyata bisa memicu munculnya tumor pada organ hati. Namun, beberapa medis menyatakan kalau fenomena ini tidak berjalan secara langsung. Melainkan harus melewati gangguan-gangguan tertentu.

Maka dari itu, hingga saat ini, masih belum jelas apakah pil KB menjadi penyebab tumor hati utama atau hanya imbas semata.

12. Steroid Anabolik

Berhati hatilah dengan steroid anabolik. Karena zat berbahaya dan ilegal ini bisa meningkatkan resiko tumor hati. Biasanya, senyawa ini dikonsumsi oleh atlet yang ingin meningkatkan massa ototnya (doping). Maka dari itu, semua obat kategori ini dianggap terlarang untuk digunakan.

13. Arsenikum

Penyebab tumor hati yang terakhir adalah, terkena paparan arsenikum. Sebuah zat asing yang paling sering ditemukan di air. Saat ini, kasus yang paling sering terjadi ada di daerah Asia Timur. Namun, bukan tidak mungkin, gangguan juga muncul di Indonesia.

Itulah beberapa penyebab tumor hati dan kolestasis. Saran kami, pastikan anda menjauhi semuanya. Itu pun jika ingin memiliki organ hati yang kuat dan sehat.

, , , , ,