Sponsors Link

11 Penyebab Sakit Ulu Hati dan Pengobatannya

Sponsors Link

Nyeri pada ulu hati adalah salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami oleh banyak orang. Ulu hati pada tubuh manusia terletak pada bagian bawah tulang dada dan di atas perut. Biasanya ulu hati dikaitkan dengan maag atau gangguan pada organ lambung. Kondisi nyeri ulu hati biasanya dibarengi dengan rasa mual dan panas pada perut. Nyeri pada ulu hati biasanya disebabkan oleh tingkat keasaman lambung yang meningkat sehingga peradangan di dinding lambung terjadi dan menyebabkan nyeri ulu hati.

ads

Selain itu nyeri ulu hati biasanya dibarengi dengan gejala lain seperti mual, perut kembung, maag, dan kram pada daerah ulu hati. Selain pada daerah ulu hati, rasa sakit atau nyeri ulu hati dapat juga terasa di daerah dada dan punggung. Berikut ini adalah hal yang dapat menyebabkan nyeri ulu hati pada tubuh anda:

Baca Juga:

Penyebab Sakit Ulu Hati

Berikut adalah beberapa penyebab ulu hati menjadi sakit mari simak ulasannya:

  1. Tukak Peptik

Tukak peptik adalah salah satu penyebab rasa nyeri atau sakit pada ulu hati yang biasa terjadi pada kita. Tukak peptik adalah sakit pada lambung yang terjadi karena ada luka pada lapisan dinding lambung dan dapat terjadi juga luka pada usus kecil. Saat zat asam mempunyai kontak atau bertemu dengan luka yang terdapat pada lambung dan susu kecil, akan timbul rasa sakit atau nyeri dan apabila parah dapat mengeluarkan darah.

Seperti yang kita ketahui zat asam memang terdapat di lambung, namun zat tersebut akan bertambah bila kita mengonsumsi obat atau makanan yang mengandung asam. Gejala tukak peptik ini biasanya terasa di daerah perut ke dada, rasa sakit yang timbul akan semakin sakit bila dalam kondisi perut kosong dan pada saat malam hari.

Baca Juga:

  1. Pankreatitis

Pankreatitis adalah penyakit peradangan yang terjadi pada organ pankreas yang merupakan organ tubuh penghasil enzim untuk pencernaan dan hormon untuk mengatur upaya tubuh dalam proses penguraian gula dalam tubuh. Rasa sakit yang dialami oleh penderita pankreatitis biasanya muntah-muntah dan terasa sakit sampai ke punggung, rasa sakit perut saat setelah makan.

  1. Sindrom Iritasi Usus

Sindrom iritasi usus ini juga dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri di ulu hati, kram, kembung, dan perubahan kebiasaan pada buang air besar. Kondisi iritasi ini terjadi karena lapisan otot yang melapisi dinding usus bergerak lebih kuat dan lama dariapda biasanya saat mendistribusikan makanan dari perut ke anus. Sindrom iritasi usus berisiko tinggi dialami oleh orang yang berusia 45 tahun ke bawah atau memiliki angota keluarga yang memiliki riwayat penyakit ini.

Sponsors Link

  1. GORD

GORD atau Gastro-Oesophegeal Reflux Dsease ini adalah salah satu penyakit yang menyebabkan rasa nyeri atau sakit pada ulu hati. GORD adalah penyakit dimana saat kita merasa panas tinggi atau terbakar pada daerah tulang dada dan di sekitar daerah ulu hati. Konsumsi makanan yang tinggi lemak, kondisi tubuh obesitas, alkohol berlebihan, dan perilaku merokok yang meningkatkan risiko GORD. GORD tmbul akibat regurgitasi makanan dari lambung ke kerongkongan.

Baca Juga:

  1. Penyakit Kantong Empedu

Kantong Empedu adalah organ tubuh yang terdapat di bawah letak hati dan ukurannya kecil. Organ ini mempunyai fungsi untuk menyimpan cairan empedu yang akan membantu organ hati untuk memproses lemak. Penyakit pada kantong empedu dapat menyebabkan rasa sakit pada ulu hati. Sakit yang akan dirasakan biasanya pada daerah perut yang diiringi sakit lain seperti demam, muntah, tinja berubah warna, dan nyeri pada dada.

  1. Kanker Lambung

Kanker terjadi pada lambung dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada ulu hati. Risiko terjadinya kanker lambung dapat disebabkan faktor jenis kelamin dan juga usia. Namun selain itu juga risiko dialami lebih tinggi pada pria perokok dan telah memasuki usia 55 tahun ke atas. Konsumsi garam dengan kadar tinggi juga memiliki risiko tinggi kanker lambung. Penyakit ini terjadi saat sel kanker yang ganas terbentuk di lambung. Gejala yang terjadi biasanya diiringi muntah dan penurunan berat badan.(Baca Juga: Jenis Penyakit Hepatitis)

ads
  1. Gastroenteritis

Gastroenteritis adalah penyakit yang dialami dengan merasakan diare mendadak disertai dengan muntah. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit pada ulu hati. Penyakit ini biasa terkena pada anak-anak yang biasanya disbebakan virus rotavirus dan pada orang dewasa yang biasa disebabkan virus norovirus.

Baca Juga:

Pengobatan Sakit Ulu Hati

Bila tadi di atas adalah penjelasan mengenai penyakit ulu hati dan penyakit-penyakit yang menyebabkan rasa sakit atau nyeri pada ulu hati. Nyeri pada ulu hati biasanya terjadi karena tingkat keasaman pada lambung meningkat yang menyebabkan peradangan pada dinding lambung. Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengobati rasa sakit atau nyeri tersebut:

  1. Obat Penetralisir Asam Lambung

Obat ini termasuk dalam golongan antasida. Antasida adalah obat tablet yang memiliki kandungan basa yang ebrgunda untuk menetraslisir kondisi tingkat keasaman lambung dan menghilangkan rasa sakit atau nyeri yang terjadi akibat keasaman lambung. (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Penderita Liver)

  1. Obat Penghambat Produksi Asam Lambung

Jika tadi berfungsi untuk menetraslisir kondisi keasaman lambung oabt yang termasuk golongan Proton Pump Inhibitor (PPI) ini berfungsi untuk menghambat atau menurunkan produksi asam lambung dengan cara menghambat produksi asam pada lambung melalui sel produsennya. Contoh dari obat penghambat asam lambung ini adalah omeprazole, lansoprazole, dan esomeprazole.

Baca Juga:

  1. Obat Penurun Produksi Asam Lambung

Hampir sama dengan penghambat produksi, obat untuk menurunkan produksi asam lambung in termasuk dalam golongan penghambat reseptor histamin-2 yang berfungsi untuk menurunkan jumlah pengeluaran asam lambung ke dalam saluran pencernaan. Sehingga hal tersebut dapat menurunkan produksi asam pada lambung. Obat-obatan yang termasuk dari jenis ini adalah ranitidine, cimetidine, dan famotidine.

  1. Antibiotik

Antibiotik yang kita gunakan untuk mengobati nyeri ulu hati ini adalah antibiotik untuk mebunuh bakteri jenis Helicobacter pylori yang dapat menyebabkan gastritis kronis apabila tubuh kita terinfeksi. Infeksi yang terjadi melalui bakteri ini menyebabkan tukak pekik atau rusaknya sel-sel yang terdapat pada dinding lambung. Antibiotik ini adalah kombinasi antibiotik klaritmosin, metronidazole, dan amoksisilin yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri Helicobacter pylori.

Baca Juga:

Itu tadi adalah penjelasan mengenai ulu hati dan penyebabnya serta pengobatan yang bisa kita lakukan untuk mengobati rasa sakit atau nyeri pada ulu hati yang umumnya terjadi karena kondisi keasaman. Namun tetap apabila merasakan sakit pada ulu hati ada baiknya untuk memeriksakan kondisi ulu hati kita kepada dokter dan menjadikan artikel ini referensi bagi anda dalam ilmu kesehatan khususnya mengenai nyeri ulu hati.

, ,