Sponsors Link

9 Penyebab Polip Empedu yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Polip yang terjadi pada kantung empedu adalah pebengkakan area kantung empedu yang akan menimbulkan rasa sakit yang menjadi salah satu penyakit pada organ hati. Polip kantung empedu merupakan pertumbuhan menonjol di lapisan dalam kantung empedu yang biasanya hanya bisa terdeteksi lewat USG. Umumnya, polip empedu tidak membahayakan sebab ini hanya merupakan penumpukan kolesterol dan bukan sel kanker. Akan tetapi, polip empedu juga bisa merupakan beberapa tumor ukuran kecil yang memiliki sifat kanker meskipun pertumbuhannya jinak.

ads

Semakin besar ukuran dari polip, maka resiko terkena kanker kantung empedu juga semakin tinggi dimana ukurannya bisa mencapai 1 cm yang kemudian sifatnya akan berubah menjadi kanker sehingga harus dilakukan pengangkatan kantung empedu. Polip empedu berukuran kecil umumnya bukan kanker atau tidak berubah menjadi kanker. Polip empedu ini mungkin tidak akan menyebabkan gejala apapun, akan tetapi juga bisa timbul jika disebabkan karena gejala batu empedu. Penyebab polip empedu juga sangat beragam seperti yang akan kami ulas dalam artikel berikut ini.

  1. Infeksi Saluran Kantung Empedu

Penyebab polip empedu yang pertama adalah karena sistem penyimpanan saluran kantung empedu mengalami infeksi atau radang dimana bahaya radang empedu yang terjadi cukup serius. Ini akan membuat pencernaan tubuh terkuras dan menimbulkan rasa nyeri kronis di area perut. Penyebab dari polip empedu ini terjadi karena kalsium dari penyerapan nutrisi makanan tidak sehat yang menumpuk dan akhirnya menyebabkan penyumbatan yang disertai dengan infeksi.

  1. Penumpukkan Kolesterol Pada Empedu

Apabila seseorang terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, maka ini akan menumpuk dan tersimpan pada empedu yang bisa menimbulkan komplikasi batu empedu. Nantinya, empedu akan kesulitan untuk menyerap kemudian penumpukan kolesterol tersebut akan berubah menjadi polip empedu. Untuk anda yang banyak mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol sangat disarankan untuk berolahraga agar penumpukan kolesterol ini bisa dicegah.

  1. Tumor Jinak

Penyebab polip empedu berikutnya adalah tumor jinak yang bisa terjadi karena mengkonsumsi makanan tidak sehat terlalu berlebihan dan menyebabkan pertumbuhan tumor menjadi aktif.

  1. Penumpukan Lemak Pada Kantung Empedu

Tidak hanya kolesterol, namun lemak berlebihan dari sisa sistem pencernaan juga bisa menumpuk dalam kantung empedu yang juga menjadi penyebab liver terbungkus lemak. Sisa lemak ini nantinya akan membentuk gumpalan dan berubah menjadi polip empedu, sehingga sangat disarankan untuk menghindari asupan makanan yang mengandung lemak jenuh terlalu berlebihan.

  1. Batu Empedu

Penyebab polip empedu lainnya seringkali dikaitkan dengan proses terjadinya batu empedu. Jumlah batu empedu yang mengendap dan menyumbat dalam jumlah yang banyak nantinya akan menghambat aliran empedu kemudian menumpuk dan berubah menjadi polip empedu.

  1. Menderita Hepatitis B

Seseorang yang menderita penyakit hepatitis B kemungkinan juga akan mengalami gejala turunan dari polip empedu seperti Peutz Jeghers dan juga Gardner Syndrome yang nantinya akan semakin berkembang dan berubah menjadi polip empedu jika tidak segera ditangani dengan benar akibat penyakit hepatitis B.

Sponsors Link

  1. Penumpukan Senyawa Kimia

Menimbunnya senyawa kimia dalam kantung empedu seperti kolesterol dan bilirubin yakni pigmen yang ditemukan dalam cairan empedu dari penghancuran sel darah merah juga menjadi salah satu penyebab dari polip empedu dan juga menjadi penyebab gejala awal kanker hati.

  1. Hormon Estrogen Berlebihan

Kadar estrogen pada wanita yang sangat tinggi seperti pada masa kehamilan atau memakai terapi hormon dan pil KB juga menjadi salah satu penyebab dari polip empedu sekaligus juga meningkatkan risiko batu empedu.

  1. Melakukan Diet Yang Salah

Banyak orang yang sering menyalahartikan diet yakni sebagai cara menurunkan berat badan. Diet yang benar bertujuan untuk mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, menjaga porsi makan serta mengurangi kebiasaan ngemil makanan yang mengandung pengawet. Seseorang yang melakukan diet ketat serta metode yang salah bisa berakibat sangat fatal untuk kesehatan tubuh dimana berat badan tubuh akan menurun secara drastis dan akhirnya hati atau liver akan menghasilkan kolesterol ekstra dalam cairan empedu sehingga akhirnya timbul polip empedu.

Penyebab polip empedu secara umum terjadi karena kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan berlemak dan tinggi kolesterol yang membuat penyumbatan pada saluran empedu sehingga kolesterol serta lemak semakin menumpuk dan akhirnya terjadi polip empedu.

, ,




Oleh :