Sponsors Link

9 Penyebab Penyakit Kuning Pada Remaja Yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Penyakit kuning, masih menjadi bahaya mengancam di Indonesia. Bahkan, penderitanya tidak hanya anak-anak dan bayi melainkan orang dewasa dan remaja. Maka dari itu, penyebab penyakit kuning pada remaja yaitu makanan yang menyebabkan kanker hati harus dicatat.

ads

Penyakit kuning, bukan penyakit pertengahan yang bisa disepelekan. Lebih jauh dari itu, jika sudah kronis, penyakit justru bisa menimbulkan komplikasi.  Bahkan, jika sudah memasuki stadium tinggi, penyakit juga mengancam nyawa.

Berikut penyebab penyakit kuning yang harus diwaspadai sebelum masalah di atas muncul, yaitu:

1. Zat Bilirubin Berlebihan

Penyebab tumor hati dan zat bilirubin paling utama adalah bertambahnya kadar bilirubin di dalam tubuh. Karenanya, zat asam naik memenuhi sirkulasi darah. Ini yang menyebabkan sel darah merah di dalamnya menjadi terkontaminasi.

Maka dari itu, untuk mengatasi penyakit ini, pastikan kalau kadar bilirubin tubuh normal. Kisarannya untuk remaja adalah 1.2 mg/dl hingga memasuki usia 18 tahun.

2. Pre-Hepatic (Kerusakan Sel Darah)

Pre hepatitic maksudnya adalah penyakit kuning yang disebabkan oleh kerusakan sel darah merah.  Menurut para ahli, penyebab inilah yang paling berakar dan cepat menular.

Ini terjadi, karena penguraian sel darah merah begitu cepat. Sehingga organ hati harus bekerja dengan ekstra. Karena metabolisme inilah, penyakit kuning muncul sehingga terlihat kulit berwarna kuning.

Jika gejala ini sudah muncul, berarti hati sudah tidak mampu melakukan proses bilirubin dengan baik. Sedangkan penyebab perantara yang sering terjadi adalah:

  • Malaria
  • Talasemia
  • Sindrom Gilbert
  • Sindrom Crigler-Najjar

3. Intra-Hepatic (Kerusakan Sel Hati)

Intra hepatic menurut pengertian hepatoma adalah penyakit kuning yang disebabkan oleh kerusakan pada organ hati itu sendiri. Hal ini dikarenakan, kerjanya yang begitu ekstra, sehingga sel banyak yang lemah dan mati.

Selain itu, penyebab ini juga diperantarai oleh terjadinya aus pada sebagian organ hati. Sedangkan penyebab perantara yang paling sering terjadi adalah karena kebiasaan minum alkohol dan merokok. Berikut penyebab kerusakan hati yang mengakibatkan meningkatnya bilirubin, yaitu:

  • Sirosis
  • Kanker hati
  • Overdosis obat paracetamol
  • Penyalahgunaan NAPZA jenis ekstasi
  • Paparan zat kimia

4. Post-Hepatic (Peradangan Organ Pankreas)

Penyebab penyakit kuning pada remaja selanjutnya adalah terjadinya peradangan di saluran pankreas yang disebut dengan istilah post hepatitis. Karena metabolisme yang tidak lancar semacam ini, aliran bilirubin terhambat. Sehingga feses mengental dan terjadi perubahan pada warna kulit.

Sponsors Link

Hal ini yang tergolong penyebab penyakit kuning dan bahaya gagal hati yang patut diwaspadai. Karena peluang menimbulkan komplikasi begitu besar. Sebab, peradangan jika tidak hilang, tentu dia akan membengkak semakin jauh. Ini yang bisa menimbulkan risiko pada organ yang lain. Ini dia beberapa gangguan yang bisa menimbulkan penyebab penyakit kuning di atas, yaitu:

  • Penyakit batu empedu
  • Peradangan atau infeksi saluran empedu
  • Kanker saluran empedu
  • Tertutupnya saluran empedu pada bayi baru lahir
  • Peradangan organ pankreas

5. Alkohol Dan Racun Lainnya

Penyebab selanjutnya dari gejala fatty liver adalah kebiasaan mengkonsumsi minuman keras atau alkohol. Ini sudah menjadi problem yang kronis dalam kehidupan. Bahkan alkohollah induk dari segala penyakit.

Nah, karena itulah, lebih baik jauhi minuman ini jika tidak ingin mengalami penyakit kuning. Jika terlambat, segera lakukan cek medis sebelum penyakit kuning berubah menjadi infeksi. Jika sudah muncul parut pada hati, tentu pengobatan menjadi lebih susah.

6. Penularan Hepatitis Melalui Air Dan Makanan

Jika tidak ingin mengalami penyakit kuning dan komplikasi gagal hati, penyebab berikut harus dihindari, yaitu penularan air dan makanan. Artinya, para remaja harus menjauhi makanan dan air yang sudah dikonsumsi oleh penderita sebelumnya.

Sponsors Link

7. Kontak Dengan Cairan Tubuh

Remaja juga harus berhati-hati dengan penyebab ciri ciri hepatitis B kambuh yaitu cairan tubuh orang lain. Karena akibat kontak inilah, penyakit kuning bisa menular. Cairan yang berpotensi adalah air mani, liur dan keringat. Namun, kasus ini tidak terlalu banyak dan hanya beberapa persen saja.

8. Karena Infeksi

Selain masalah di atas, penyakit kuning juga disebabkan oleh infeksi penyebab hepatitis A. Biasanya, yang menyerang adalah virus HCV yang terletak di bawah kulit. Sedangkan penyebab perantaranya adalah jarum suntik yang tidak steril. Maka dari itu, jauhi narkoba dan donor darah tidak bersih.

9. Penyakit Hepatitis

Hepatitis juga penyebab penyakit kuning dan kolestasis untuk remaja. Ini penyebab yang serius dan tidak bisa dicek dengan cara mendeteksi kanker hati, karena bisa memicu komplikasi. Bahkan, menurut riset, penyebab inilah yang paling sering merenggut nyawa para remaja.

Demikianlah penyebab penyakit kuning pada remaja yang harus diwaspadai. Jangan sepelekan atau Anda akan menyesal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyakit Kuning