Sponsors Link

7 Penyebab Pembesaran Hati yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Pembesaran hati atau dalam istilah medis disebut hepatomegali adalah kondisi dimana terjadinya pembekakan organ hati akibat adanya penyakit hati yang dialami penderitanya. Pembesaran hati sendiri bukan merupakan suatu jenis penyakit, melainkan gejala yang timbul sebagai penyebab adanya penyakit. Adapun beberapa penyebab pembesaran hati yang akan dibahas disini adalah sebagai berikut:

ads

1. Sirosis Hati

Sirosis hati merupakan salah satu penyakit hati kronik yang disebabkan oleh penggantian jaringan parut dan menyebabkan menurunnya jumlah jaringan hati normal. Sirosis terjadi secara menahun dan mengakibatkan kerusakan hati kronis. Pembengkakan hati yang terjadi pada sirosis, yakni dengan timbulnya benjolan-benjolan pada bagian hati akibat meningkatnya jaringan parut dan mematikan sel-sel hati. Beberapa pencegahan sirosis hati yang dapat dilakukan sebelum kerusakan hati menjadi semakin parah atau bahkan tidak dapat berfungsi lagi.

2. Hepatitis

Pembengkakan hati yang disebabkan oleh virus, seperti yang terjadi secara umum pada penderita hepatitis lainnya dapat berupa penyebaran melalui aliran darah ke hati, sehingga menimbulkan peradangan. Namun lain halnya jika memperhatikan kebiasaan hidup sehari-hari, sebagai usaha untuk mengupayakan cara menghindari penyakit hepatitis.

3. Gagal Jantung

Gagal jantung bisa terjadi ketika salah satu fungsi jantung sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh mengalami masalah, karena tidak dapat berjalan secara normal dalam memenuhi kebutuhan metabolisme tubuhnya.

4. Hepatoma

Hepatoma atau bisa juga disebut dengan kanker hati, dimana merupakan suatu penyakit yang mengalami pertumbuhan sel-sel hati yang tidak wajar, sehingga dapat menimbulkan tumor dan adanya cairan didalam jaringan parut yang mengakibatkan timbulnya pembengkakan. Umumnya kanker hati terjadi sebagai komplikasi dari penyakit sirosis hati. Selama penderitanya peduli dengan kesehatan tubuhnya, hal itu cukup membantu cara penanggulangan kanker hati, agar tidak terus berkembang dan menggerogoti tubuhnya.

5. Penyumbatan Saluran Empedu

Alasan penyebab pembesaran hati lainnya yaitu pada saluran empedu tersumbat, ada banyak hal yang membuatnya bisa terjadi, misalnya seperti meningkatnya cairan empedu menuju sistem empedu, adanya infeksi bakteri atau virus, sampai terjadinya kanker atau batu empedu.

6. Malaria

Malaria sendiri disebabkan oleh adanya infeksi atau virus yang menyebar ke aliran darah didalam tubuh. Apabila infeksi tersebut menjalar ke seluruh organ tubuh, maka dapat mengakibatkan komplikasi yang kemudian dapat mempengaruhi aliran darah didalam organ hati. Akibat terjadinya gejala infeksi hati tersebut, dapat menimbulkan penyebab pembesaran hati.

Sponsors Link

7. Leukemia

Leukemia disebut juga sebagai kanker darah. Kondisi ini membuat penderitanya kekurangan sel darah putih yang berguna sebagai proses pembekuan darah. Akibatnya dapat menimbulkan mimisan atau perut yang membengkak karena limpa.

Pembengkakan limpa juga bisa terjadi secara bersamaan dengan pembesaran hati. Hal ini dikarenakan penderita yang mengalami sirosis hati akibat mengkonsumsi alkohol atau virus hepatitis paling berbahaya, dan beberapa komplikasi penyakit lainnya yang mempengaruhi keadaan limpa dan hati. Sehingga menimbulkan kerusakan pada organ hati.

Ada banyak keluhan yang tidak disadari penderitanya sebagai tanda-tanda indikasi penyakit serius dan menganggap sebagai gejala sederhana yang biasa terjadi pada umumnya. Pentingnya memahami kondisi tubuh sendiri dan mengkonsultasikannya pada tenaga ahli medis, sebagai salah satu cara pencegahan dan mendapatkan pengobatan selanjutnya.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Liver