Sponsors Link

16 Penyebab Pembengkakan Hati yang Perlu di Waspadai

Sponsors Link

Tahukah Anda bahwa penyakit hati dapat menyebabkan kematian?. Ya, salah satu penyakit hati yang beresiko penyebab kematian adalah pembengkakan hati. Seperti yang Anda ketahui bahwa hati merupakan suatu kelenjar terbesar pada organ tubuh manusia yang memiliki peranan sangat penting dalam tubuh. Tanpa hati system pencernaan dalam tubuh tidak akan bekerja dengan baik karena hati memiliki banyak fungsi. Salah satunya ialah berfungsi  dalam membantu pencernaan dan menetralkan racun. Namun, seiring berjalannya waktu banyak terjadi penyakit hati yang bermunculan seperti penyakit bengkak hati atau pembengkakan hati.

ads

Semua jenis penyakit jelas memiliki penyebab masing-masing kenapa bisa sampai muncul penyakit tersebut dalam tubuh kita. Sama halnya dengan pembengkakan hati ini. Penyakit tersebut juga memiliki beberapa penyebab sehingga terjadi pembengkakan hati.

Penyebab Pembengkakan Hati

  1. Minuman Beralkohol

Seperti yang kita ketahui bahwa minuman beralkohol sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi untuk kesehatan hati. Seringnya Anda minum minuman beralkohol dapat menjadi penyebab terjadinya pembengkakan hati karena kandungan yang terdapat dalam minuman beralkohol jelas menganggu fungsi hati nantinya.

  1. Tersumbatnya saluran empedu

Emepedu juga berperan penting dalam organ tubuh sebagai penyimpan zat-zat yang disalurkan dari hati. Dengan tersumbatnya saluran empedu maka fungsi hati yang semula menyalurkan zat yang semestinya tersimpan dalam kantong empedu berjalan dengan baik dan lancar menjadi terhalang.

  1. Terinfeksi virus Hepatitis

Sudah semestinya kita dapat menghindari akan terjangkitnya virus hepatitis. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit hepatitis adalah penyakit yang mudah menular melalui virusnya. Infeksi virus hepatitis sendiri ialah salah satu dari sekian penyebab pembengkakan hati. Sehingga, jika ada dari Anda yang terinfeksi virus ini maka segeralah periksakan diri Anda kedokter karena hal tersebut berakibat pada fungsi kerja hati yang rusak karena terinfeksi virus.

  1. Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi merupakan keadaan dimana terlalu banyak makan-makanan berlemak dan berminyak secara berlebih. Hal tersebut dapat mengakibatkan system kerja hati menjadi lebih berat dari dari batas normal. Sehingga kondisi tersebut memicu terjadinya hati bengkak atau pembengkakan hati.

  1. Diabetes

Diabetes ialah penyakit dengan kadar gula darahnya yang tinggi. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit akibat factor keturunan atau pola makan yang tidak teratur dan mengandung kadar gula yang tinggi. Apabila penyakit tersebut tidak segera ditangani lebih lanjut maka bisa berakibat fatal pada fungsi hati.

  1. Obesitas

Obesitas atau kegemukan ialah kondisi dimana berat badan berlebih. Orang yang mengalami obesitas seringkali menderita penyakit yang serius, seperti stroke, jantung, hipertensi, serta pernafasan. Tidak hanya itu, factor dari adanya lemak yang berlebih pada tubuh dapat memicu pembengkakan hati karena hal tersebut menganggu fungsi hati secara normal hingga menyebabkan fungsi hati rusak.

  1. Konsumsi obat-obatan tertentu

Sangat tidak dianjurkan bagi Anda dalam mengkonsumsi obat-obatan secara berlebih. Apalagi obat-obatan yang berdosis tinggi dan sering dikonsumsi.  Efek samping dari obat-obatan berdosis tinggi sangat mempengaruhi fungsi hati karena jika hati terlalu sering menerima obat berdosis tinggi maka lama-kelamaan hati akan rusak serta akan kehilangan fungsi sebagaimana mestinya.

Sponsors Link

  1. Diet ketat

Dizaman milenial ini, terdapat berbagai macam jenis diet yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan diet ketat, yang biasanya Anda akan mengurangi jumlah asupan protein dalam tubuh Anda supaya cepat kurus. Sebenarnya, hal tersebut sangatlah tidak baik bagi kesehatan kita karena secara tidak langsung Anda kekurangan asupan gizi yang banyak. Ketahuilah bahwa melakukan diet secara ketat dapat menimbulkan penyakit hati yaitu pembengkakan hati.

Gejala pembengkakan hati

Sebelum kita mengetahui dengan benar kita menderita penyakit apa, pastinya kita akan mengalami gejala-gejala yang mengindikasikan penyakit tersebut. Begitu juga halnya dengan penyakit bengkak hati atau pembengkakan hati ini. Penyakit tersebut juga memiliki beberapa gejala yang dapat kita ketahui untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Namun, dalam penyakit ini gejalanya tidak kelihatan secara fisik luar tubuh akan tetapi timbul dari dalam tubuh. Berikut beberapa gejalanya:

  1. Kulit berubah menjadi kuning
  2. Nafsu makan turun
  3. Berat badan turun secara drastis
  4. Mudah lesu, letih dan lelah
  5. Perut mual-mual
  6. Bau mulut dan bau badan yang kurang sedap secara berlebihan
  7. Air seni berwarna kuning pekat
  8. Selaput mata berwarna kuning.
Sponsors Link

  • Seberapa bahaya pembengkakan hati?

Anda pasti bertanya-tanya bahaya seperti apakah yang mengintai penderita penyakit bengkak hati atau pembengkakan hati ini. Seperti yang Anda ketahui dari penjelasan penyebab dan gejala diatas bahwa pembengkakan hati jelas berbahaya dan perlu diwaspadai. Salah satu bahaya yang timbul akibat pembengkakan hati ialah dapat menjadi pemicu terjadinya kanker hati. Serta bahaya yang paling serius ialah terjadinya kematian pada si penderita.

  • Hal-hal positif

Dari penjelasan-penjelasan diatas dapat Anda ketahui bahwa bahaya pembengkakan hati sangatlah riskan pada kelangsungan hidup. Senantiasanya Anda dapat menghindari atau mencegah penyakit tersebut dengan melakukan hal-hal yang positif. Berikut hal-hal positif yang dapat Anda lakukan untuk menghindarai terjadinya pembengkakan hati:

  1. Pola makan dan tidur teratur
  2. Hindari makanan yang berlemak tinggi
  3. Tidak minum minuman beralkohol
  4. Hindari diet ketat
  5. Olahraga secara rutin
  6. Konsumsi buah dan sayuran

, , , ,