Sponsors Link

Penyebab Hemokromatosis yang Wajib Dipahami

Sponsors Link

Tubuh memang harus dijaga dengan baik agar tidak terserang penyakit dengan mudah, salah satu masalah tubuh yang banyak ditakuti dan seringkali menyerang adalah hati. Organ vital yang satu ini bertugas untuk menyaring darah dan memisahkan antara obat-obatan serta bahan kimia yang ada dalam darah.

ads

Karena tugasnya untuk menyaring, hati seringkali menjadi tempat penumpukan bahan-bahan beracun serta lemak yang tidak sehat. Pada akhirnya hati mengalami masalah dan menimbulkan penyakit. Seperti halnya Abses hati, Sirosis serta kanker hati yang dialami ditengah masyarakat.

  1. Pengertian Hemokromatosis

Untuk anda yang belum mengetahui, Penyakit pada Organ Hati ini masuk kedalam penyakit yang diderita sebagian orang saja.  Namun perlu anda ketahui, bahwa hemokromatis masuk kedalam penyakit yang membahayakan dan terjadi di Hati.

Hemokromatosis dapat timbul jika anda mengkonsumsi terlalu banyak zat besi dari makanan sehari-hari. Kelebihan zat besi ini akan menumpuk di hati selama bertahun-tahun dan akhirnya menimbulkan masalah.

Penyakit ini juga bisa menyebar ke bagian organ tubuh lainnya seperti hati, jantung dan juga pankreas. Akibatnya kerusakan tubuh hingga kematian dapat mengintai anda. Ciri-ciri Hemokromatosis yang paling terlihat adalah adanya perubahan warna kulit, turunnya berat badan serta mengalami masalah pada perut seperti nyeri yang berulang dan juga nyeri di bagian sendi.

Setelah mengetahui pengertian dari Hemokromatosis, sangat penting untuk menggunakan Cara Mencegah Hemokromatosis yang tepat. Namun sebelumnya ketahui terlebih dulu Penyebab Hemochromatosis Dapat Muncul dalam tubuh manusia :

2. Mutasi Gen

Penyebab pertama mengapa terjadi Hemokromatosis adalah adanya mutasi gen. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja yang mengalami orang tua yang mengalami penyakit ini. Beberapa anak memang sudah membawa gen HFE yang menyebabkan hemokromatosis yang didapat dari salah satu orangtuanya. Namun jika kedua orang tuanya menurunkan gen HFE, maka kemungkinan hemokromatosis dapat muncul  adalah 90%.

3. Pola Makan dan Jenis Makanan

Penyebab selanjutnya yang dapat menimbulkan Hemokromatosis adalah pola makan serta jenis makanannya. Harus anda ketahui bahwa pola makan dan jenis makanan yang sembarangan dapat menimbun tannin dan zat besi di hati sehingga menimbulkan masalah, termasuk penyakit ini.

Salah satu makanan yang berpotensi menimbulkan penyakit ini adalah kerang-kerangan atau seafood, teh, serta ikan laut yang rasanya sangat gurih.

Sponsors Link

4. Penyebab Lainnya

Sebagian penelitian menjelaskan bahwa penyebab lain timbulnya penyakit ini, yaitu factor suku ataupun Etnis. Keturunan Eropa Utara memiliki resiko hemokromatosis yang lebih tinggi dibandingkan etnis lainnya. Hal ini dikarenakan garis keturunan mereka memang memiliki riwayat Hemokromatosis yang tinggi.

Jika dilihat berdasarkan data yang ada, pasien dari penyakit ini lebih banyak menyerang para pria. Hal ini mengindikasikan bahwa pria memang lebih rentan terkena penyakit ini dengan rentang usia yang beragam.

Alasan yang didapatkan karena wanita mudah kehilangan zat besi dari kehamilan serta menstruasi, sedangkan pria tidak mengalami hal ini. Sehingga pria lebih mudah terserang. Namun bukan berarti para wanita tidak bisa terserang hemokromatosis. Saat menopause resiko menjadi lebih tinggi dibandingkan para pria.

Itulah informasi penting yang bias anda dapatkan dari penyebab hemokromatosis dalam tubuh yang bisa saja muncul secara acak. Penyebab ini perlu anda ketahui agar dapat berjaga-jaga dan selalu tahu cara merawat hati agar dapat terhindar dari resiko, terutama tanda-tanda kerusakan hati yang yang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja.

, ,
Oleh :
Kategori : Hemokromatosis