Sponsors Link

5 Pengobatan Tumor Hati Menurut Medis

Sponsors Link

Tumor hati memiliki dua kategori yaitu tumor hati jinak dan tumor hati ganas. Jika parah, kedua penyakit perlu tindakan pengobatan tumor hati yang sama, yaitu operasi pengangkatan sel tumor dan diberikan obat tradisional hepatitis. Sedangkan khusus tumor hati ganas yang disebut kanker hati, pengobatan lebih eksklusif. Salah satunya adalah dilakukan kemoterapi yang mahal dan berkelanjutan.

ads

Organ hati sendiri merupakan anggota tubuh bagian dalam yang berfungsi cukup penting. Seperti melakukan detoksifikasi serta membuang senyawa sisa dalam darah. Selain itu, organ hati juga membantu menghasilkan empedu yang berperan begitu besar bagi proses metabolisme manusia. Maka dari itu, tumor hati adalah masalah yang harus dihindari dengan rajin minum obat herbal sirosis hati.

Jenis-Jenis Tumor Hati

Pada umumnya, tumor hati terdiri dari dua jenis saja seperti yang sudah dikemukakan di atas. Perbedaan mendasar ialah tumor hati jinak tidak mengandung sel kanker sedangkan tumor hati ganas sebaliknya.

Jenis tumor hati jinak diantaranya ialah hemangioma, adenoma dan hyperplasia fokal nodular. Sedangkan tumor hati yang ganas atau kanker hati adalah hepatocellular carcinoma dan selainnya. Berikut penjabaran jenis tumor hati yang lebih lengkap, yaitu:

1. Hemangioma

Hemangioma merupakan tumor hati kategori non kanker.  Artinya, penyakit ini tergolong tumor jinak yang benjolan dagingnya terdapat di dalam arteri hati. Penyakit ini berbahaya jika menyerang bayi atau anak kecil. Sedangkan untuk orang dewasa, penyakit hemangioma tidak perlu dikhawatirkan karena teknik perawatannya cukup banyak termasuk dengan minum jus untuk fatty liver.

Jika hemangioma menyerang bayi, operasi pengangkatan organ adalah solusi. Tentu ini akan berpengaruh pada masa depan dia di kemudian hari. Maka dari itu, selalu diagnosis organ hati anak setiap 6 bulan sekali sebagai tinjauan aman.

2. Hiperplasia Fokal Nodular

Jenis tumor hati yang kedua ini relatif sama dengan tumor hati pertama. Perbedaannya adalah tumor hati hyperplasia fokal nodular terkadang menimbulkan gejala nyeri di area perut sedangkan hemangioma tidak.

Selain itu, tumor hati hyperplasia fokal nodular perlu dilakukan perawatan lebih serius termasuk makan makanan pembersih hati. Bahkan kalau perlu diagnosis awal dengan CT scan dan MRI perlu untuk dilakukan.

3. Hepatoma

Jenis tumor yang tidak bisa disembuhkan dengan cara menghilangkan fatty liver yang paling sering terjadi adalah hepatoma. Biasanya penyakit ini dialami oleh penderita dengan riwayat gangguan kesehatan tertentu seperti hepatitis dan sirosis.

Tumor hati hepatoma adalah tumor yang banyak menimbulkan gejala. Selain rasa begah perut, tanda-tanda yang terjadi adalah penyakit kuning, mudah lelah dan hilangnya nafsu makan.

4. Cholangiocarcinoma

Jenis tumor hati yang terakhir adalah cholangiocarcinoma. Sebuah penyakit hati yang tergolong ganas karena mengandung sel kanker di dalamnya. Biasanya kanker hati ini menyerang manula dengan ukuran usia di atas 50 tahun. Jika tidak diatasi dengan pencegahan kolestasis, berbagai komplikasi penyakit bisa menyerang mereka yang sudah memasuki usia senja. 

Sponsors Link

Pengobatan Tumor Hati

Untuk tumor hati jinak, pengobatan tidak begitu eksklusif. Bahkan ada yang sembuh tanpa perawatan sama sekali. Biasanya, tindakan medis dilakukan untuk mengantisipasi pembengkakan benjolan yang bisa berakibat gangguan di masa depan.

Namun, untuk tumor hati ganas atau kanker hati, pengobatan maupun pencegahan abses hati mutlak diperlukan. Jika tidak, sel kanker akan menyebar merusak sistem lain di dalam tubuh. Apalagi jika ukuran tumor sudah begitu besar.

Berikut beberapa teknik pengobatan tumor hati yang biasa dilakukan oleh ahli medis, yaitu:

1. Operasi Buang Tumor

Teknik pengobatan tumor hati dan cara memulihkan liver yang pertama adalah operasi buang tumor. Tindakan ini dilakukan, jika peluang pemisahan sel tumor dengan organ hati yang aman, begitu besar. Jika serasa berbahaya, operasi tentu tidak bisa dilakukan.

2. Transplantasi Sebagian Organ Hati

Transplantasi sebagian organ hati adalah tindakan pengangkatan sebagian organ hati yang sudah dirusak oleh tumor. Tindakan ini dilakukan jika benjolan daging melekat sempurna pada organ sehingga sulit dilepaskan dengan operasi buang tumor.

3. Operasi Penghentian Aliran Darah

Pengobatan yang ketiga ini dilakukan manakala penyakit masih ringan. Fungsinya adalah mencegah aliran darah masuk ke dalam hati semata untuk mencegah penyebaran sel ke organ yang lain.

Sponsors Link

Alasannya adalah jika sel tumor tidak mendapatkan aliran darah, tentu teksturnya akan mengecil dan pertumbuhannya terhenti. Diharapkan dari prosedur ini, bahaya gagal hati dan tumor hati bisa sembuh tanpa operasi transplantasi.

4. Terapi Radiasi

Pada kasus tertentu, pengobatan tumor hati juga bisa menggunakan terapi radiasi. Umumnya, prosedur yang dipakai adalah tumor diradiasi dengan sinar-x. Tentu diharapkan dari tindakan ini, sel tumor rusak dan hancur.

5. Operasi Transplantasi Hati

Pengobatan tumor hati yang terakhir adalah operasi transplantasi hati. Tindakan ini dilakukan, jika organ hati sudah rusak akibat tumor hati kategori ganas (kanker hati).

Akibat hasil pembedahan, organ hati pasien lebih sehat karena mendapat cangkokan dari organ milik orang lain. Walaupun begitu, ukuran kesehatannya tidak 100% sama dengan ukuran sehatnya organ hati milik sendiri.

Demikian beberapa jenis dan pengobatan tumor hati. Baik yang jinak, komplikasi gagal hati maupun tumor hati ganas atau kanker hati. Semoga kita tetap dianugerahi organ hati yang sehat dan jauh dari penyakit-penyakit ini.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan