Sponsors Link

Pengertian Hepatoma: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Organ hati adalah unsur tubuh yang sangat penting. Karena tanpanya, produksi empedu tidak maksimal, penderita juga bakal mengalami gangguan pencernaan. Atas dasar itulah, hindari organ hati dari pengertian penyakit hepatoma dengan cara menghilangkan fatty liver .

ads

Pertanyaannya adalah apakah penyakit hepatoma tersebut?

Pengertian Hepatoma

Hepatoma adalah penyakit kanker hati kategori primer. Sebuah penyakit skala sel yang terjadi akibat rusaknya sel-sel hati. Sehingga revitalisasi tidak terjadi, malah sel menjadi abnormal.

Jenis kanker sangat banyak termasuk hepatoma. Namun dahsyatnya, kanker ini menempati urutan ketiga yang paling banyak merenggut nyawa di seluruh dunia. karena pencegahan kolestasis-nya tidak maksimal.

Yang paling ironi adalah penyakit ini sangat mudah menyerang hati. Bahkan tahun ini, sudah ada setengah juta masyarakat Asia termasuk Indonesia yang mengalaminya. Tentu ini tidak boleh dibiarkan berkembang lebih jauh.

Penyebab Hepatoma

Tidak ada satupun penyakit yang tidak diawali oleh sebab-sebab tertentu. Begitu juga dengan penyakit hepatoma. Pada umumnya, penyebab kanker hati ini sukar dideteksi. Namun, secara garis besar karena gagalnya tindakan pencegahan abses hati yang  bisa diurai sebagai berikut, yaitu:

1. Hepatitis A Atau Hepatitis C

Penyakit hepatoma terkadang disebabkan oleh penyakit kategori infeksi seperti hepatitis. Biasanya penularan terjadi akibat pola hidup pasien yang tidak sehat. Seperti gonta ganti jarum suntik dan selainnya. Maka dari itu, lakukan pencegahan hepatitis a.

2. Sirosis Hati

Sirosis hati merupakan gangguan hati paling berbahaya. Karena parut yang muncul di dalam organ bisa mengundang bakteri masuk ke dalamnya. Akibatnya, sel menjadi rusak dan muncul cancer.

3. Peminum Alkohol Berat

Sudah banyak sosialisasi tentang bahaya alkohol. Namun, pengguna justru menjamur tanpa rasa takut. Padahal, menurut kajian medis, peminum alkohol dua kali sehari yang dilakukan secara rutin, bisa menimbulkan hepatoma. Maka dari itu, ganti kebiasaan tersebut dengan makan buah pencegah kanker hati.

4. Obesitas

Obesitas merupakan penyebab umum terjadinya sebuah penyakit termasuk hepatoma. Karena pada kondisi itu, organ hati dipenuhi dengan lemak. Sehingga muncul gangguan fatty liver yang kronis. Jika tidak segera dibersihkan, sel rusak, kanker hati pun datang.

Sponsors Link

Ciri-Ciri Dan Gejala Hepatoma

Setelah mengetahui penyebab hepatoma, berikut kami jelaskan juga gejala-gejalanya dan juga gejala hemokromatosis yang harus diwaspadai. Tujuannya adalah supaya anda lebih hati hati dan melakukan pencegahan sesegera mungkin.

  • Nyeri di bagian perut kanan atas
  • Adanya benjolan pada perut atas
  • Perasaan berat pada bagian perut atas
  • Perut terasa kembung
  • Hilang nafsu makan
  • Berat badan menurun
  • Kelelahan kronis
  • Mual dan muntah
  • Kulit dan mata kuning
  • Urine berwarna gelap
  • Demam tinggi

Pengobatan Hepatoma

Mengalami homokromatosis dan hepatoma atau kanker hati bukan akhir segalanya. Pasalnya, penyakit ini masih bisa diobati dengan baik hingga sembuh. Berikut teknik pengobatan yang sering diterapkan untuk penyakit ini, yaitu:

1. Radiasi

Pengobatan hepatoma yang pertama adalah menggunakan radiasi. Sebuah sinar jenis laser dengan energi panas yang begitu tinggi. Fungsinya adalah menghancurkan sel kanker yang ada di dalam organ hati.

Akan tetapi, pengobatan jenis bukan obat herbal untuk liver bengkak ini memiliki efek samping yang pasti terjadi. Yaitu menimbulkan rasa lelah, mual hingga muntah yang cukup akut.

2. Kemoterapi

Obat yang umum untuk mengatasi pengertian penyakit hepatoma adalah kemoterapi. Sebuah teknik medis yang berupa pengiriman obat anti kanker ke dalam organ yang diserang.

Sponsors Link

Fungsi dari pengobatan ini adalah mencegah pasokan darah ke dalam sel kanker. Sehingga sel rusak ini tidak memiliki kemampuan untuk membelah dirinya. Sedangkan pasokan darah untuk organ hati tetap ada.

3. Injeksi Alkohol

Injeksi alkohol adalah pengobatan hepatoma setelah minum obat herbal sirosis hati. Namun, teknik ini cukup mahal, karena dokter harus mempersiapkan ultrasonografi. Sebuah alat gelombang suara untuk memantau organ sebelum memasukkan jarum suntik.

Jika posisi hati dengan jarum sudah pas, baru alkohol akan dimasukkan dan disuntikkan pada organ. Namun, sebelumnya pasien harus dianastesi agar tidak merasa sakit.

4. Transplantasi Hati

Pengobatan hepatoma yang terakhir adalah melakukan transplantasi hati. Ini merupakan solusi terakhir jika teknik lain sudah tidak mempan. Tentu, dampak pada organ tidak lagi steril seperti yang asli.

Syarat melakukan transplantasi adalah ada pendonor yang siap mendonorkan organnya. Namun, sambil menunggu, biasanya dokter tetap memberikan terapi pendukung seperti minum obat herbal untuk hepatitis sampai mendapatkan pengganti yang tepat.

Bagaimana sudah tahu kan tentang pengertian hepatoma? Kami yakin, pasca anda membaca artikel ini, penyakit tersebut akan dijauhi sejauh jauhnya. Benar bukan

, , , ,