Sponsors Link

Pengertian Hepatitis A – Penyebab, Gejala dan Pencegahannya

Sponsors Link

Pengertian hepatitis A adalah penyakit pada organ hati yang terjadi karena virus hepatitis A yang menyerang sel hati. Berbeda dengan jenis penyakit hepatitis B dan C, hepatitis A tidak menyebabkan gangguan hati dalam jangka panjang atau kronis dan sangat jarang kasusnya yang bisa berakibat fatal. Akan tetapi, penyakit hepatitis A yang mengganggu fungsi hari sebagai alat ekskresi ini juga bisa menjadi penyebab timbulnya gejala kerusakan hati akut yang berbahaya dan tentunya bisa mengancam jiwa.

ads

Penyebab dan Cara Penularan Hepatitis A

Sesudah mengetahui sekilas tentang pengertian hepatitis A yang merupakan salah satu jenis penyakit hepatitis, ada beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai penyebab dan cara penularan hepatitis A. Cara penyebaran utama berasal dari makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan tinja pengidap hepatitis A. Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab dari hepatitis A seperti:

  • Melakukan kontak langsung dengan penderita hepatitis A
  • Memiliki sanitasi yang buruk
  • Sering melakukan hubungan seks dengan pengidap hepatitis A khususnya anal seks
  • Melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis yakni pria dengan pria
  • Bekerja pada area yang berhubungan dengan kotoran seperti sedot tinja, pembersih selokan dan sebagainya.

Gejala Hepatitis A

Gejala yang terjadi saat seseorang mengidap hepatitis A awal adalah timbul demam, perasaan mual dan ingin muntah, area persendian dan otot yang terasa nyeri dan juga beberapa gejala penyakit hepatitis A lainnya seperti perubahan warna urine yang semakin gelap, tinja yang berwarna pucat, timbul gatal gatal dan mengalami sakit kuning.

Saat fungsi organ hati semakin diserang, maka akan ada beberapa gejala lanjutan seperti urine yang berubah warna menjadi lebih gelap, tinja yang berwarna semakin kuning pucat, sakit kuning dan juga terjadi pembengkakan organ hati dimana akan terasa sakit jika area perut kanan ditekan.

Namun, tidak semua pengidap hepatitis A akan mengalami beberapa gejala diatas sehingga cukup sulit terdeteksi.

Komplikasi Hepatitis A

Meski penyakit hepatitis A umumnya tidak akan menyebabkan penyakit hati jangka panjang, namun penyakit hepatitis A yang tidak segera diobati bisa menyebabkan gagal hati khususnya pada penderita manula dan juga penyakit hati lainnya sebelum terinfeksi. Selain itu, sebagian penderita hepatitis A juga bisa kambuh atau kembali lagi sewaktu waktu.

  • Gagal Hati

Komplikasi pertama dari hepatitis A adalah gagal hati yang terjadi pada saat fungsi hati menurun dengan drastis dan akhirnya membuat penderita muntah parah, rentan pada pendarahan, sering mengantuk, daya ingat dan konsentrasi yang menurun dan sebagainya yang akan menyebabkan kematian jika tidak segera diobati.

  • Infeksi Kambuh

Komplikasi berikutnya adalah infeksi hepatitis A terkadang juga bisa kambuh kembali yang bisa terjadi lebih dari satu kali semenjak pertama kali terinfeksi.

Sponsors Link

  • Kolestasis

Kolestasis umumnya terjadi pada penderita hepatitis A yang sudah berusia lanjut. Komplikasi ini bisa terjadi saat cairan empedu menumpuk dalam organ hati dengan beberapa gejala yang ditimbulkan seperti diare, gejala penyakit kuning yang tidak sembuh, berat badan yang menurun dan juga demam.

Pencegahan Hepatitis A

Hepatitis A bisa dicegah terutama dengan selalu menjaga kebersihan dan beberapa langkah mudah pencegahan tanda tanda kerusakan hati yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Tidak saling bertukar alat makan
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum makan, sebelum mengolah makanan dan sesudah menggunakan toilet.
  • Memastikan makanan yang dimasak sudah benar benar matang dan merebus air hingga mendidih.
  • Tidak mengkonsumsi atau membeli makanan yang kurang bersih
  • Tidak mengkonsumsi makanan mentah dari perairan terkontaminasi seperti tiram
  • Melakukan vaksinasi 2 kali yakni 6 sampai 12 bulan.

Pengertian hepatitis A yang merupakan penyakit organ hati berbahaya ini bisa ditularkan terutama lewat makanan dan minuman yang sudah tercemar sehingga kebersihan asupan makanan serta minuman ke dalam tubuh harus dijaga dengan sangat baik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hepatitis