Sponsors Link

3 Cara Pencegahan Kanker Hati Paling Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Kanker hati merupakan salah satu penyakit pada organ hati yang dapat menyerang siapapun, baik anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun penyakit seringkali dikaitkan dengan para pecandu alkohol. Namun faktanya siapa saja dapat mengalami kanker hati tergantung dari lah hidup dan juga pola makan.

ads

Hati sendiri merupakan organ vital dalam tubuh manusia yang memiliki banyak fungsi. Letaknya yang berada dalam rongga perut dan memiliki ukuran cukup besar sehingga memenuhi ruang dibawah tulang rusuk. Hati juga merupakan pusat peredaran darah dan sistem ekskresi tubuh seseorang.

Dilansir dari help me up, penyakit ini merupakan salah satu penyakit di mana tumor tumbuh di bagian hati yang disebabkan oleh pertumbuhan sel hati yang tidak normal. Ketidaknormalan ini  memicu kanker. Jenis kanker hati yang paling umum adalah hepatocellular carcinoma. Sementara yang langka disebut dengan hepatoblastoma dan lebih sering ditemukan pada anak-anak indonesia sendiri terdapat beberapa kasus langkah memperhatikan anak-anak ini.

Seringkali masyarakat menganggap sepele gejala yang ditimbulkan.  Nyeri pada bagian perlu, dianggap sebagai sakit biasa. Padahal ada beberapa gejala yang terjadi secara runut dan juga berulang-ulang yang menjadi indikasi penyakit kanker hati.

Diantaranya adalah nyeri pada bagian dada juga perut, adanya mual serta muntah, penurunan tekanan darah atau anemia, nyeri di bagian punggung serta gatal, adanya penurunan berat badan yang cukup drastis, penyakit kuning atau kulit terlihat sangat kuning, dan demam tanpa sebab.

Jika hal tersebut terjadi secara sekaligus dan juga terus-menerus maka gejala tersebut bisa menjadi tanda bahwa seseorang positif terkena kanker hati. Untuk memastikannya jika terjadi gejala tersebut, anda harus langsung ke dokter dan mengkonsultasikan serta melakukan serangkaian tes.

Setelah mengetahui mengenai gejala-gejala, dan pengertian penyakit kanker hati. Berikut ini adalah 3 cara utama untuk anda yang ingin lakukan pencegahan kanker hati aktif diantaranya :

  1. Pencegahan Primer

Pencegahan primer adalah salah satu pencegahan yang dilakukan untuk anda yang sudah terpapar faktor resiko agar tidak sakit. misalnya orang tua juga mengalami kanker dan beberapa keluarga meninggal akibat kanker. jika sudah seperti ini maka anda harus melakukan pencegahan primer, caranya dengan memberikan imunisasi hepatitis sejak bayi atau segera setelah lahir memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang virus hepatitis.

Anda juga harus menghindari makanan dan juga minuman yang mengandung alkohol, menghindari makanan yang tersimpan lama atau tinggi akan jamur yang beresiko mengandung jamur Aspergillus flavus, serta membatasi konsumsi sumber radikal bebas dan meningkatkan konsumsi buah yang dapat melawan kanker.

  1. Pencegahan Primordial

Pencegahan selanjutnya adalah pencegahan primordial yang dapat dilakukan oleh semua orang, baik yang belum terpapar maupun yang memiliki resiko terpapar. Cara pencegahannya dengan mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur. Menghindari makanan tinggi lemak terutama dikonsumsi secara rutin.

Sponsors Link

Mengkonsumsi vitamin A C dan B serta buah yang mengandung antioksidan, serta menjalankan hidup sehat seperti tidak sering begadang dan juga merokok atau konsumsi alkohol.

  1. Pencegahan Sekunder

Selanjutnya adalah pencegahan sekunder, di mana pencegahan ini dapat dilakukan untuk anda yang sudah terkena kanker hati agar lekas sembuh dan menghambat penyakit tersebut. Pencegahan yang dapat dilakukan dengan cara mendiagnosa diri sendiri dan juga memilih pengobatan yang tepat.

Pencegahan ini dapat dilakukan sejak dini, baik anda melakukan pencegahan primordial, primer maupun sekunder. jika dijalankan dengan maksimal maka akan terhindari dari kanker hati.

Itulah deretan pencegahan kanker hati yang ampuh dan dapat Anda lakukan. Pencegahan diatas juga dapat mencegah beberapa penyakit hati lain seperti  Bahaya Radang HatiAbses HatiPenyebab Pembengkakan Hati, dan Ciri-ciri Hemokromatosis yang bisa dicegah sejak dini.

Pencegahan juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi Obat Gangguan Fungsi Hati. Karena hati adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia, jadi sayangilah hati dan rawatlah hati dengan baik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan