Sponsors Link

8 Pencegahan Abses Hati Paling Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Abses hati merupakan suatu penyakit pada organ hati yang membuat kondisi hati menjadi berlubang dan bernanah. Abses hati biasa disebut juga dengan penyakit hati bernanah.  Pada umumnya, abses hati disebabkan oleh 3 hal berikut :

ads
  • Bakteri

Jenis bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya abses hati adalah streptococcus faecalis, eshcerichia coli, klebsiella spp, dan masih banyak lagi. Bakteri yang disebutkan di atas bertanggung jawab atas terjadinya abses hati. Selain itu bakteri-bakteri tersebut juga dapat merusak jaringan hati dan menyebabkan peradangan pada hati.

  • Terjadinya infeksi pada bagian tubuh tertentu yang dapat berpengaruh pada hati. Seperti infeksi pada mulut dan infeksi tersebut tidak dapat disembuhkan, serta terjadinya gangguan sistem kekebalan tubuh.
  • Dan penyebab umum terakhir adalah terjadinya infeksi pada saluran empedu, bahkan infeksi saluran empedu ini seringkali menjadi penyebab utama dari abses hati.

Selain ketiga penyebab di atas, abses hati juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor resiko, faktor-faktor resiko tersebut diantaranya adalah :

  • sanitasi yang buruk di lingkungan tempat tinggal anda dan juga
  • makanan yang masuk ke dalam tubuh anda, yang kebersihannya tidak terjamin
  • makanan yang dimasak kurang matang, atau setengah matang
  • seseorang yang memiliki riwayat penyakit pada organ hati, seperti infeksi hati atau fungsi hati sebagai alat ekskresi yang terganggu
  • wanita lebih rentan terkena penyakit hati bernanah daripada pria. Meskipun perbedaannya tidak terlalu jauh
  • faktor usia, yaitu seseorang yang berumur 60-70 lebih rentan terkena abses hati.

Gejala-gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita abses hati ialah :

  • Merasa mual
  • Demam
  • Sakit perut di perut bagian kanan atas
  • Muntah-muntah
  • Mengalami diare
  • Dan mengeluarkan keringat cukup banyak.

Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter terdekat. Karena jika dibiarkan begitu saja anda akan beresiko mengalami komplikasi lainnya yang ditimbulkan oleh abses hati. Pengobatan yang dapat anda lakukan untuk menyembuhkan abses hati juga bermacam-macam seperti melakukan terapi abses hati, menggunakan obat tradisional abses hati atau melakukan pengobatan dirumah.

Namun, pernahkah anda mendengar pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Ya, pepatah tersebut adalah himbauan untuk manusia agar ia selalu menjaga kesehatannya. Bagi anda yang ingin sehat dan tidak ingin terjadi hal-hal yang membahayakan hati anda seperti abses hati, sebaiknya anda melakukan langkah-langkah pencegahan abses hati di bawah ini :

Sponsors Link

1. Hindari jajan sembarangan

Bakteri dan jamur bisa ada di mana saja termasuk didalam makanan yang anda makan. Oleh karena itu anda harus benar-benar memperhatikan mana makanan yang sehat dan tidak. Jika terlanjur mengalami abses hati, maka anda harus benar-benar memilih mana makanan untuk penderita abses hati dan mana pantangan makanan sakit abses hati.

2. Selalu mencuci tangan sebelum makan

Kebiasaan mencuci tangan sebelum makan merupakan hal yang penting untuk mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada tangan. Dengan mencucinya terlebih dahulu anda turut mencegah mengurangi bakteri dan kotoran yang masuk ke tubuh melalui makanan yang anda makan.

3. Pastikan memasak makanan anda hingga matang

Makanan setengah matang dapat meningkatkan resiko terjadinya abses hati seperti yang telah disebutkan di atas. Untuk mencegah abses hati sebaiknya anda harus benar-benar memastikan tingkat kematangan makanan yang anda masak.

4. Hindari mengonsumsi alcohol

Alkohol merupakan minuman yang paling banyak menyumbang penyakit bagi tubuh manusia terutama hati. Mengonsumsi alkohol juga dapat meningkatkan resiko terjadinya abses hati. Oleh karena itu sebaiknya anda harus menghindari alkohol.

5. Menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan cara pencegahan yang efektif, tidak hanya untuk pencegahan abses hati, tetapi juga untuk mencegah berbagai penyakit lainnya. Selain lingkungan menjadi lebih bersih anda juga akan menjadi lebih sehat.

Sponsors Link

6. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan

Tidak ada salahnya anda rutin memeriksakan diri anda ke dokter, dengan begitu anda selalu tahu bagaimana kondisi kesehatan anda dan tindakan apa yang harus anda lakukan apabila mengalami suatu penyakit tertentu. Bahkan jika memeriksakan diri secara rutin, anda kemungkinan akan terhindar dari berbagai penyakit karena anda bisa mencegah dan selalu menjaga kesehatan

7. Rajin meminum vitamin

Vitamin sangat diperlukan oleh tubuh baik untuk menjaga kesehatan maupun mencegah terjadinya suatu penyakit. Vitamin dapat melindungi tubuh anda dari berbagai virus

8. Rajin berolahraga

Olahraga akan meningkatkan stamina anda sehingga anda tidak mudah lemas dan sakit. Lakukanlah olahraga ringan minimal 30 menit sehari untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

Nah, itulah pencegahan-pencegahan yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya abses hati. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk anda dan dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan serta menghindari berbagai macam komplikasi yang diakibatkan oleh abses hati.

Untuk menambah pengetahuan anda juga dapat mengakses informasi lain seperti terapi abses hati, operasi abses hati prosedur penanganan serta biayanya, serta berbagai informasi seputar penyakit hati lainnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan