Sponsors Link

6 Pantangan Makanan Sakit Abses Hati yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Makanan merupakan hal yang sangat berpengaruh kepada kesehatan tubuh manusia. Makanan yang kita makan dapat menyehatkan maupun juga menimbulkan suatu penyakit. Suatu makanan belum tentu boleh dikonsumsi oleh seseorang. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu, pasti dokter akan menyarankan makanan apa saja yang boleh ia makan dan tidak boleh anda makan.

ads

Dalam kasus penyakit pada organ hati. Terdapat banyak makanan yang boleh dan tidak boleh di makan. Contohnya adalah sayuran untuk penderita liver seperti brokoli dan tomat, makanan pasca operasi batu empedu yang dianjurkan seperti bubur apel dan makanan berkuah, makanan yang dihindari setelah operasi batu empedu seperti gorengan dan daging olahan, buah untuk mencegah kanker hati seperti alpukat dan manggis, serta makanan untuk fatty liver seperti daging tanpa lemak dan pisang.

Lalu bagaimana dengan penyakit pada organ hati lainnya seperti abses hati ? apakah abses hati bisa sembuh dengan makanan? . tentu saja bisa, asalkan anda memperhatikan makanan untuk penderita abses hati dan pantangan makanan sakit abses hati. Perlu diingat kembali bahwa abses hati merupakan suatu kondisi dimana hati telah berlubang-lubang dan berisi nanah. Penyebabnya antara lain bakteri, jamur, amoeba, dan juga makanan yang tidak bersih dan tidak sehat.

Artikel ini akan memberitahu anda tentang pantangan makanan sakit abses hati. Berikut daftar pantangan makanan sakit abses hati yang harus anda hindari :

  1. Makanan Manis

Makanan manis seperti cokelat, keju, makanan bersantan dan makanan yang sulit diproses oleh organ pencernaan lainnya akan memperparah keadaan abses hati. Hal ini karena makanan tersebut bisa meningkatkan kadar asam dan meningkatkan resiko terbentuknya fistula.

  1. Makanan Asam dan Pedas

Makanan asam dan pedas memang sangat menggugah selera. Namun bagi penderita abses hati makanan-makanan asam dan pedas justru harus di hindari. Bukan tanpa sebab, pasalnya makanan asam dan pedas seperti cuka, rujak, cabai, dan merica, dan sejenisnya akan membahayakan hati dan merusak dinding rektum sehingga memperparah abses serta membuatnya semakin nyeri

  1. Makanan Yang Berbahaya Bagi Tenggorokan

Tenggorokan juga mempunyai pengaruh yang cukup kuat pada abses hati. Karena terjadinya gangguan pada kerongkongan bagian bawah dapat membuat cairan yang ada pada fistula naik ke tenggorokan. Makanan yang dapat mengganggu tenggorokan diantaranya adalah makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan, makanan yang terlalu manis, dan makanan atau minuman yang mengandung alcohol.

  1. Makanan yang Mengandung Gas

Nangka, durian, kol, sawi adalah contoh dari sekian banyak makanan yang mengandung gas. Makanan yang mengandung gas dapat memicu keaadaan abses hati yang lebih buruk. Selain makanan anda juga perlu menghindari minuman yang mengandung gas seperti minuman bersoda.

Sponsors Link

  1. Makanan yang Mengandung Banyak Serat

Makanan yang mengandung banyak serat memang baik bagi kesehatan tubuh terutama bagi sistem pencernaan. Namun bagi penderita abses hati, makanan yang mengandung banyak serat justru adalah makanan yang harus dihindari. Makanan yang dimaksud diantaranya adalah buah kedondong dan buah-buahan yang dikeringkan.

  1. Makanan yang Memicu Pengeluaran Asam

Kopi, susu, anggur putih, buah jeruk, dan sari buah-buahan sitrus lainnya adalah pantangan yang harus dihindari oleh penderita abses hati. Karena makanan dan minuman tersebut dapat memicu keluarnya asam pada fistula. Dan dapat membuat abses hati yang anda derita semakin nyeri.

Selain menghindari pantangan makanan sakit abses hati yang telah dipaparkan di atas, anda juga sebaiknya memperhatikan makanan untuk penderita abses hati yang enak dan mudah di dapatkan. Dengan memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh, secara tidak langsung anda juga telah menjaga tubuh anda dari keadaan abses hati yang semakin parah. Makanan untuk penderita abses hati diantaranya adalah :

  • Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Contohnya ialah nasi, umbi-umbian, dan juga havermout.

Sponsors Link

  • Makanan yang mengandung protein tinggi

Protein merupakan zat yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Makanan yang mengandung banyak protein seperti telur, ikan, tempe, daging tanpa kulit, tahu, dan kacang hijau sangat baik bagi kesehatan terutama untuk penderita abses hati.

  • Mengonsumsi buah-buahan yang mudah dicerna

Mengonsumsi buah-buahan yang mudah dicerna sangat baik untuk penderita abses hati. Buah papaya contohnya. Papaya mengandung kalsium tinggi sehingga bagus untuk penderita abses hati. Selain pepeaya buah-buahan yang direkomendasikan adalah buah apel, jambu biji, dan belimbing manis.

  • Mengonsumsi sayuran

Sayuran memang baik untuk kesehatan tubuh. Bagi penderita abses hati sayuran akan membantu proses penyembuhan luka pada hati. Sayuran tersebut diantaranya adalah wortel, buncis, pare, kubis, leunca, brokoli, dan tomat.

Setelah memperhatikan makanan yang dikonsumsi, penderita abses hati juga disarankan untuk selalu berolahraga karena dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit hati bernanah atau abses hati yang anda derita. Makanan-makanan di atas juga dapat mencegah anda dari berbagai penyakit pada organ hati lainnya yang dapat membahayakan tubuh anda seperti gejala sirosis hati, gejalan penyakit hepatitis, dan jenis penyakit hepatitis lainnya.

, , ,