Sponsors Link

4 Obat Tradisional Abses Hati yang Aman dan Ampuh Mengobati

Sponsors Link

Sejak dahulu hingga saat ini, obat tradisional memang selalu di jadikan obat alternatif untuk berbagai macam penyakit. Kelebihan menggunakan obat alternatif diantaranya adalah biaya pengobatan yang murah, bahan-bahan obat yang mudah di dapat karena biasanya berasal dari alam, pengobatan tanpa efek samping mengerikan, dan masih banyak lagi.

ads

Contohnya adalah jus jeruk dan bawang putih yang dapat dijadikan ramuan herbal pembersih hati, buah apel yang dapat dijadikan terapi apel untuk penderita batu empedu, lemon sebagai obat penyakit kuning secara alami, dan daun pare sebagai obat tradisional hepatitis.

Dan masih banyak lagi penyakit pada organ hati yang dapat di obati menggunakan obat tradisioanl. Salah satunya adalah penyakit hati bernanah atau abses hati. Abses hati adalah suatu penyakit yang menyerang organ hati sehingga membuat hati berlubang-lubang kecil serta penuh nanah akibat infeksi. Jika dibiarkan begitu saja maka akan merusak fungsi hati baik fungsi hati sebagai organ manusia maupun fungsi hati sebagai alat ekskresi.

Penggunaan obat tradisional biasanya dipilih untuk menghindari resiko dari gagalnya pengobatan secara medis. Contohnya ialah untuk menghindari resiko donor hati atau resiko gagal operasi. Nah khusus untuk penderita abses hati, anda juga bisa loh mencoba obat tradisonal abses hati yang bisa kamu buat sendiri dirumah. Obat tradisioanl tersebut adalah :

  1. Kulit Manggis

Manggis merupakan buah yang terkenal akan berbagai manfaatnya untuk mengatasi berbagai penyakit. Termasuk mengobati berbagai macam penyakit organ hati seperti penyakit hati bernanah atau abses hati. Salah satu bagian yang menjadi primadona dari manggis adalah kulitnya. Kulit manggis mengandung senyawa bernaa xanton yang menghasilkan anti-oksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu kulit manggis mengandung xanthone yang didalamnya terdapat senyawa yang mampu mengatasi beberapa jenis penyakit seperti masalah pencernaan, kanker hati, dan penyakit paru-paru. Kulit manggis juga berkhasiat untuk membantu pengobatan abses hati dan sebagai tanaman obat untuk kanker hati serta mampu memperbaiki antibodi di dalam tubuh.

  1. Temulawak

Temulawak mengandung curcumin dan beberapa senyawa lainnya yang memiliki sifat anti inflamasi atau anti radang. Sehingga mampu mencegah peradangan pada hati dan membantu menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh abses hati.

Temulawak dapat dikonsumsi dengan cara di rebus dan disaring untuk mendapatkan air ramuannya, kemudian anda dapat mengonsumsinya sebanyak 2-3 kali sehari. Temulawak juga sudah termasuk kedalam daftar tanaman obat keluarga karena manfaatnya untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

  1. Mengkudu

Anda pasti sudah mengenal buah yang satu ini, buah yang terkenal karena bau serta rasanya yang pait memang mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Mengkudu mengandung dammacanthel dan zat anti kanker yang bisa mencegah pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh.

Mengkudu juga dapat membantu memperbaiki kondisi hati yang telah rusak akibat abses hati. Untuk mengonsumsinya anda bisa mencampurkan air perasan buah mengkudu dengan madu dan meminumnya secara rutin sebanyak 2 kali sehari.

Sponsors Link

  1. Pegangan

Pegangan merupakan tanaman yang biasanya tumbuh liar di ladang, di tepi jalan, dan di perkebunan. Tanaman ini mengandung banyak senyawa yang mampu meregenerasi sel-sel yang rusak pada hati. Seperti kanker hati, abses hati, dan penyakit pada organ hati lainnya.

Senyawa tersebut diantaranya adalah natrium, magnesium, zat samak, brahmic acid, dan asiaticoside. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah yakni anda hanya perlu merebusnya selama 2-3 menit kemudian anda dapat meminum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari dengan rutin.

Ketiga obat tradisional di atas juga dapat dijadikan sebuah ramuan untuk mengobati abses hati. Berikut contoh-contoh ramuan obat tradisioanal yang bisa anda buat dirumah untuk mengobati penyakit hati bernanah :

  1. Ramuan Temulawak

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan temulawak ini adalah :

  • Air sebanyak 2 sendok makan
  • Rimpang temulawak sebanyak 1 ½ pucuk jari kaki
  • Daun urat sebanyak 2 genggam

Cara membuat :

Bakarlah temulawak selama beberapa menit, lalu dikupas. Kemudian campurkan dengan air dan di peras. Dan tumbuklah daun urat secara perlahan dan diperas. Terakhir, campurlah air perasan temulawak dan air perasan daun urat.

Cara pemakaian :

Anda bisa mengonsumsi ramuan temulawak ini sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan petang.

Sponsors Link

  1. Ramuan Buah Mengkudu

Bahan-bahan yang harus diperlukan untuk membuat ramuan mengkudu adalah :

  • Buah mengkudu sebanyak 2-3 buah (yang sudah dimasak)
  • Setelah itu anda bisa menumbuk buah mengkudu secara perlahan dan memerasnya.
  • Kemudian air perasaan buah mengkudu tersebut dapat anda minum 3 kali sehari setelah makan.

Nah, itulah obat tradisional abses hati yang dapat anda gunakan dan membuatnya sendiri di rumah. Selain menggunakan obat tradisional, hal yang dapat anda lakukan untuk membantu proses penyembuhan adalah dengan memperhatikan makanan untuk penderita abses hati dan pantangan makanan sakit abses hati.

Mengapa demikian? Karena makanan yang kita makan sembarangan juga dapat memperburuk kondisi abses hati. Maka dengan memperhatikan makanan yang masuk ke tubuh anda, anda juga turut mencegah kondisi abses hati semakin parah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal