Sponsors Link

10 Menu Makanan Untuk Penderita Fatty Liver Aman Dikonsumsi

Sponsors Link

Hati merupakan salah satu organ tubuh yang cukup penting bagi manusia. Terjadinya gangguan pada hati dapat mempengaruhi kinerja organ tubuh lainnya. Salah satu penyakit yang dapat menyerang hati ialah perlemakan hati atau fatty liver.

ads

Fatty liver sendiri merupakan suatu kondisi dimana terjadi penumpukan lemak berlebihan yang menyelimuti hati. Penyebab perlemakan hati sendiri bermacam-macam mulai dari pola makan yang buruk, obesitas, hingga sering mengonsumsi alkohol. jika anda tidak segera mengatasinya maka bahaya fatty liver akan mengintai anda.

Untuk mengurangi penumpukan lemak tersebut, penderita disarankan untuk melakukan diet dengan mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan tubuh dan mampu mengurangi lemak dalam hati. Berikut 10 menu makanan untuk penderita fatty liver :

1. Apel

Buah apeh terkenal memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Nah bagi anda penderita fatty liver, buah apel ini sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari karena apel mengandung zat pektin yang dapat membersihkan racun dalam tubuh sekaligus dapat mengurangi penumpukan lemak pada hati. selain buah apel utuh, olahan dari buah apel seperti cuka apel juga ternyata dapat dijadikan sebagai obat tradisional hati berlemak loh.

2. Pisang

Siapa yang tidak suka pisang ? selain enak, buah pisang juga kaya akan manfaat. Pisang mengandung antioksidan, vitamin C, pektin, dan flavonoid yang dapat mengembalikan fungsi hati dan membersihkan hati dari berbagai macam racun. oleh karena itu pisang sangat cocok menjadi salah satu menu makanan untuk penderita fatty liver

3. Alpukat

Buah yang satu ini memang terkenal bisa mengurangi lemak dalam tubuh. Oleh karena itu alpukat juga dapat dijadikan menu makanan untuk penderita fatty liver, hal ini karena alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu mengambalikan fungsi organ hati serta mengurangi lemak dalam hati.

4. Brokoli

Selain buah-buahan, penderita fatty liver juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayur-sayuran. sayuran yang bagus untuk penderita fatty liver ialah brokoli. Brokoli dapat membantu mengusir racun dan mengeluarkan lemak dari hati dan tubuh berkat kandungan. Brokoli juga telah terbukti dapat mengurangi penumpukan lemak pada organ hati hewan percobaan menurut artikel dalam Journal Of Nutrition.

5. Kubis

Makanan untuk fatty liver lainnya ialah Kubis. Kubis dapat membantu mengaktifkan enzim detoksifikasi yang terdapat pada liver. Jika enzim detoksifikasi diaktifkan maka dengan sendirinya akan membuang racun dan lemak yang membuat hati menjadi bengkak.

6. Wortel

Wortel mengandung beta-karoten dan flavonoid yang dapat membantu mengambalikan fungsi hati. Sehingga dapat menurangi pembengkakan hati akibat adanya penumpukan lemak.

Sponsors Link

7. Bawang putih

Selain terkenal sebagai bumbu penyedap masakan terbaik, bawang putih juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung dan hati. yaitu dapat menjadi bahan ramuan herbal pembersih hati dan obat gangguan fungsi hati yang cukup ampuh. Kandungan selenium dan allicin di dalamnya dapat membuang kotoran dan racun di dalam hati sehingga membuat organ hati terbebas dari segala macam racun dan lemak berlebih.

8. Kacang Kedelai

Penderita fatty liver sangat dianjurkan untuk menjaga berat badan dan mengurangi lemak. Oleh karenanya kacang kedelai menjadi makanan yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita fatty liver. Karena protein yang terkandung didalamnya dapat menyeimbangkan kadar karbohidrat dalam tubuh dan mengurangi kadar gula darah. Makanan olahan yang berasal dari kacang kedelai seperti tahu dan tempe sangat baik untuk penderita fatty liver.

9. Oatmeal

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, selain baik untuk kesehatan jantung, mengonsumsi oatmeal juga ternyata baik untuk mengurangi penumpukan lemak dalam hati. Karbohidrat yang terdapat dalam oatmeal sangat baik untuk menjaga berat badan dan mengurangi lemak yang menumpuk dalam hati.

ads

10. Telur

Telur memang menjadi andalan setiap orang untuk menjaga berat badan dan mengurangi lemak. Selain mengandung protein yang sangat tinggi, telur juga mengandung 8 asam amino esensial, kolesterol, dan kolin yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino lah yang dibutuhkan oleh hati untuk mengatasi masalah lemak pada hati sekaligus membantu proses detoksifikasi pada tubuh agar berjalan dengan baik.

selain memperhatikan makanan untuk penderita perlemakan hati, anda juga harus mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari oleh penderita fatty liver. berikut makanan yang harus dihindari :

  • Hindari makanan atau minuman yang mengandung Alkohol dan bahan pengawet
  • Hindari makanan yang mengandung banyak gula seperti permen, soda, dan lain-lain
  • Hindari gorengan karena mengandung banyak minyak yang dapat meningkatkan lemak
  • Hindari makanan yang mengandung banyak garam
  • Hindari buah-buahan yang mengandung gas seperti durian, nanas, anggur, dan nangka
  • Hindari daging kambing, sapi, dan daging ayam yang mengandung banyak lemak
  • Hindari jeroan
  • Hindari makanan yang mengandung santan

Nah, bagi anda penderita fatty liver yang sedang melakukan diet, ini dia rekomendasi menu diet untuk fatty liver dalam sehari ini sepertinya cocok untuk anda :

  • Pagi

Pada saat sarapan, anda bisa mengonsumsi oatmeal dengan toping buah-buahan seperti pisang atau alpukat ditemani secangkir susu kedelai, teh, atau kopi

  • Siang

Di siang hari, anda dapat mengonsumsi sayur-sayuran seperti bayam, wortel, brokoli dan beberapa potong buah apel serta satu gelas susu rendah lemak.

  • Malam

Makanan yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita fatty liver pada malam hari ialah makanan yang dipanggang seperti ayam panggang, ikan panggang, ditambah dengan beberapa helai salad serta 1 gelas susu rendah lemak.

  • Camilan

Untuk menu camilan, anda dapat mengonsumsi beberapa potong buah-buahan dan irisan sayuran mentah seperti salad

Itulah Menu Makanan Untuk Penderita Fatty Liver . Salah satu cara mengatasi penumpukan lemak di hati ialah dengan menjaga pola makan, anda juga disarankan untuk berolahraga minimal 30 menit dalam sehari agar proses penurunan lemak dapat berjalan dengan lancar.

, , ,