Sponsors Link

Masa Inkubasi Hepatitis A yang Harus Kalian Tahu

Sponsors Link

Virus hepatitis A atau HAV yang merupakan jenis penyakit hepatitis ini masuk ke dalam kelompok enterovirus pada family Picornaviridae. Selain itu, ada beberapa virus lain juga juga menjadi penyebab dari hepatitis A diantaranya virus polio, rhinovirus, echovirus, coxsackle dan beberapa virus lainnya.

ads

Dalam setiap tahun di Asia Tenggara, hepatitis A terjadi pada sekitar 400 ribu orang di setiap tahunnya dan angka kematian yang mencapai 800 jiwa dan umumnya terjadi pada anak anak. Penyakit hepatitis A ini umumnya terjadi pada orang yang berhubungan seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi hepatitis dan juga melakukan perjalanan ke daerah dimana hepatitis A umumnya terjadi.

Masa Inkubasi Virus Hepatitis A

Masa inkubasi dari hepatitis A terjadi antara 15 sampai 45 hari dan ini bergantung dari berapa jumlah partikel virus yang ada di dalam tubuh.  Partikel yang lebih sedikit umumnya akan menyebabkan waktu inkubasi yang lebih lama. Selama masa periode inkubasi hepatitis A, seseorang yang terinfeksi hepatitis A bisa menular selama 1 minggu sesudah penyakit kuning terjadi yakni area kulit dan bagian putih mata yang berubah warna menjadi kuning.

Sesudah berjalan selama sekitar empat minggu, maka umumnya akan terjadi gejala hepatitis A. Sedangkan periode antara penularan virus dan juga terjadinya gejala dinamakan dengan masa inkubasi hepatitis A yang bisa terjadi antara 15 hari sampai 45 hari.

Selama masa inkubasi tersebut, seseorang bisa tertular sejak awal masa inkubasi hepatitis A. Virus ini akan menular sekitar seminggu sejak berkembangnya penyakit kuning.

Gejala penyakit hepatitis A yang ditimbulkan selama masa inkubasi virus tersebut diantaranya adalah:

  • Mudah lelah: Kelelahan yang terjadi sangat cepat meskipun hanya melakukan aktivitas ringan atau bahkan tidak melakukan apapun.
  • Mual dan muntah: Terjadi karena gangguan pada organ hati.
  • Jaundice: Perubahan warna pada kulit dan bagian putih mata yang merupakan ciri ciri penyakit kuning.
  • Nyeri di bagian perut: Khususnya pada bagian dekat dengan organ hati atau liver yang ada di bagian kanan bawah tulang rusuk.
  • Perubahan Air Seni: Perubahan warna terjadi pada air seni dan tinja yang akan semakin berwarna gelap atau tua yang terjadi karena fungsi hati sebagai alat ekskresi sudah terganggu.
  • Gatal: Rasa gatal juga akan timbul selama masa inkubasi hepatitis A yang terjadi karena darah sudah terkontaminasi oleh virus hepatitis A tersebut.

Penularan Selama Masa Inkubasi

Penularan hepatitis A dari orang satu ke orang yang lain terjadi melalui fecal oral atau menelan sesuatu makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi dengan virus hepatitis A tersebut. Sedangkan untuk sebagian kasus lagi ditularkan karena kontak langsung pada saat hubungan seks dengan pasangan yang sudah terinfeksi.

Wabah paling umum terjadi karena makanan atau minuman yang terkontaminasi fecally dimana makanan yang sudah terkontaminasi tersebut tidak melewati proses memasak sehingga menyebabkan penularan virus hepatitis A tersebut dan menimbulkan ciri ciri penyakit hepatitis. Selain itu, masakan yang sudah dimasak namun suhu yang dipakai saat memasak makanan tersebut tidak memadai, maka itu tidak dapat membunuh virus hepatitis A dalam makanan yang sudah dimasak tersebut.

Demikian ulasan dari kami tentang masa inkubasi hepatitis A yang harus diwaspadai dan bisa dilihat dari gejala yang ditimbulkan selama masa inkubasi hepatitis A tersebut seperti fungsi organ hati yang mengalami gangguan. Sebagai langkah pencegahan terbaik adalah dengan memperhatikan kebersihan asupan makanan dan minuman dan juga menghindari beberapa gaya hidup tidak baik seperti berhubungan seksual secara bebas, berganti jarum suntik dan sebagainya.

, ,
Oleh :
Kategori : Hepatitis