Sponsors Link

7 Makanan yang Menyebabkan Kanker Hati Wajib Dihindari!

Sponsors Link

Kanker hati merupakan salah satu penyakit pada organ hati yang harus dihindari. Penyakit ini bisa merusak bahkan menghentikan fungsi hati sebagai alat ekskresi. Jika hati anda sudah berhenti berfungsi seperti seharusnya, maka anda harus menerima cangkok hati agar bisa bertahan hidup.

ads

Bahaya yang besar dari kanker hati membuat semua orang sebaiknya mencegah kanker ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan kanker hati. Berikut ini 7 makanan penyebab kanker hati yang harus anda hindari.

  1. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol tentu menjadi makanan yang menyebabkan kanker hati yang paling harus anda hindari. Minuman beralkohol memiliki zat kimia yang akan merusak berbagai sel sehat di dalam tubuh anda. Ketika masuk ke dalam tubuh, minuman beralkohol akan diolah oleh hati untuk membuang zat-zat beracun yang ada di dalamnya.

Pada saat inilah zat beracun ini akan menginfeksi dan menumpuk di dalam hati anda. Sehingga, jika jumlahnya sudah sangat banyak bisa membuat hati anda mengalami berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah kanker hati.

  1. Roti

Roti mungkin termasuk salah satu jenis makanan yang banyak anda konsumsi. Roti memang mengandung banyak zat gizi, seperti karbohidrat, mineral, kalsium, folat, dan zat besi. Akan tetapi, ada jenis roti yang tidak sehat untuk anda konsumsi dalam jumlah banyak. Roti ini adalah roti yang sudah dicampur dengan potassium bromate.

Potassium bromate merupakan zat kimia yang sudah diteliti sebagai salah satu zat karsinogen di dalam tubuh. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak zat ini bisa menjadi salah satu pemicu kanker di dalam tubuh anda. Bagi anda yang menderita abses hati, roti juga sebaiknya dihindari. Roti yang mengandung karbohidrat kompleks merupakan salah satu pantangan makanan sakit abses hati.

  1. Daging Merah

Daging disarankan untuk anda konsumsi karena mengandung banyak zat gizi, seperti protein dan karbohidrat. Bahkan, kandungan protein di dalam daging merah lebih tinggi daripada protein yang terdapat di dalam daging putih ataupun daging unggas, seperti daging ayam. Namun, mengkonsumsi daging merah dalam jumlah yang banyak bukanlah sesuatu yang disarankan.

Terutama daging merah yang berasal dari peternakan yang besar. Daging yang berasal dari peternakan besar umumnya sudah melalui proses pengolahan dengan menggunakan panas dan asam yang tinggi. Hal ini membuat daging mengandung zat karsinogenik. Zat ini merupakan pemicu utama kanker di dalam tubuh, termasuk kanker hati. Makanan olahan daging merah juga menjadi salah satu makanan yang dihindari setelah operasi batu empedu.

  1. Tomat Kaleng

Makanan yang menyebabkan kanker hati berikutnya adalah tomat kaleng. Tomat memang dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang sehat untuk tubuh karena mengandung banyak vitamin C. tingginya kandungan gizi di dalam tomat membuat buah ini menjadi salah satu makanan untuk penderita abses hati yang disarankan.

Akan tetapi, berbeda jika tomat tersebut sudah mengalami proses pengolahan hingga menjadi bentuk kalengan. Tomat yang sudah diolah menjadi bentuk tomat kalengan sudah melalui proses dengan menggunakan panas yang tinggi. Hal ini bisa meningkatkan tingkat keasamanan pada tomat. 

Sponsors Link

Kemudian, zat asam ini akan berpadu dengan bahan kimia bisphenol-A (BPA) yang menjadi bahan dasar pembuatan kaleng. Reaksi kimia antara zat kimia ini dan keasaman tomat bisa membuat tomat kaleng menjadi makanan yang beracun untuk tubuh anda. Oleh karena itu, jika anda ingin mengkonsumsi buah tomat, lebih baik anda membeli dan memakan buah yang masih segar.

  1. Ikan Salmon

Ikan yang satu ini memang tidak secara alami hidup di Indonesia. Akan tetapi, kepopulerannya membuat banyak restoran atau supermarket yang menjual ikan salmon. Ikan ini dikenal dengan zat gizi yang tinggi, seperti omega-3, vitamin A, asam amino, dan protein. Hal ini membuat ikan salmon menjadi makanan yang sehat untuk penderita batu empedu.

Akan tetapi, hal berbeda akan anda temui pada ikan salmon yang diternak di dalam suatu peternakan besar. Ikan salmon yang tidak hidup secara alami di lautan memiliki kandungan omega-3 yang lebih rendah. Selain itu, ikan salmon yang diternak memiliki risiko yang tinggi mengandung beberapa zat pemicu kanker hati, seperti merkuri, PCB, dan dioxin.

  1. Minyak Nabati

Minyak nabati juga masuk ke dalam daftar makanan yang menyebabkan kanker hati. Minyak ini memang sehat untuk tubuh karena memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Selain itu, minyak-minyak nabati juga bisa meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Beberapa minyak nabati yang sehat untuk tubuh adalah minyak kelapa, minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak biji bunga matahari.

Sponsors Link

Minyak zaitun menjadi salah satu minuman yang baik untuk organ hati. Akan tetapi, minyak nabati juga mengandung zat kimia lainnya yang akan berbahaya jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang banyak. Minyak nabati mengandung omega-6 yang cukup tinggi.

Omega-6 bisa mengubah struktur sel di dalam tubuh anda yang akan memicu pertumbuhan sel-sel kanker. Bagi anda penderita batu empedu, beberapa jenis minyak nabati juga menjadi pantangan makanan dan minuman penderita batu empedu. Jadi, anda sebaiknya selektif sebelum mengonsumsi minyak nabati.

  1. Buah-buahan Non Organik

Setiap manusia membutuhkan asupan buah-buahan yang cukup ke dalam tubuh mereka. Ada beberapa jenis buah juga yang baik untuk kesehatan hati. Misalnya, buah apel dan mangga yang dibuat jus menjadi jus untuk fatty liver yang dianjurkan. Selain itu, ada juga buah pisang dan semangka yang merupakan buah yang baik untuk penderita liver.

Akan tetapi, akan berbeda cerita jika anda mengonsumsi buah-buahan non organik yang banyak mengandung pestisida. Pestisida dan pupuk non organik umumnya digunakan oleh petani untuk membuat buah-buahan tumbuh dengan lebih sehat dan terhindar dari hama. Akan tetapi, jika masuk ke dalam tubuh pestisida dan pupuk non organik ini menjadi salah satu pemicu kanker.

, , ,