Sponsors Link

4 Komplikasi Kanker Hati yang Mematikan

Sponsors Link

Kanker hati merupakan Salah satu penyakit pada organ hati yang banyak dihindari oleh manusia. Mengingat hati merupakan salah satu organ yang ada di dalam tubuh yang memiliki banyak fungsi penting. Hati juga termasuk kedalam organ tubuh vital, jika organ ini terganggu maka akan menimbulkan masalah pada tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian.

ads

Fungsi organ hati sendiri sangatlah banyak, salah satu contohnya adalah fungsi hati sebagai alat eksresi. Selain itu, hati dapat membersihkan darah agar terbebas dari racun dan juga zat berbahaya seperti alkohol serta obat-obatan. Selain itu ada juga membantu menghasilkan empedu yang dapat membantu mencerna nutrisi di dalam tubuh seperti lemak serta mengontrol adanya pembekuan darah.

Sayangnya hati dapat memiliki masalah dan juga bisa terkena penyakit. Salah satunya adalah kanker hati, di mana kanker hati merupakan salah satu dari lima jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh WHO pada tahun 2016, kanker hati menyebabkan 700.000 kematian dari 9 juta kematian yang diakibatkan oleh kanker.

Jenis Kanker Hati

Kanker hati sendiri terbagi menjadi beberapa yakni, kanker hati primer dan juga sekunder. Kedua kanker ini sama-sama membahayakan dan juga menakutkan. Namun kanker hati ini memiliki perbedaan yaitu bagian organ yang terserang dan juga cara penyembuhannya.

Kanker hati primer merupakan kanker yang tumbuh atau berasal dari organ hati sendiri. Jenis kanker hati ini yang paling banyak terjadi pada manusia. Sedangkan untuk kanker hati sekunder adalah kanker hati yang tumbuh di bagian organ lain, namun menyebar ke bagian hati atau disebut metastasis.

Kanker ini biasanya timbul atau terkena akibat kanker di bagian organ lainnya, seperti kanker lambung, kanker usus, dan juga kanker payudara. Sayangnya penyakit kanker ini dapat menjadi komplikasi jika tidak ditangani, dengan tepat atau terlambat. Berikut ini komplikasi yang mungkin saja muncul :

  • Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat mungkin terjadi ketika seseorang mengalami komplikasi kanker hati. Masalah tersebut akan mengalami kelainan pada zat gula darah, hal ini dikarenakan adanya kerusakan pada hati.

  • Kanker Lainnya

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ganas yang dapat merusak organ yang ada pada tubuh. Jika ada seorang pasien. Hal yang tidak mungkin jika mereka akan mengalami komplikasi kanker akan menyerang ke bagian lain, seperti halnya kanker paru-paru kanker darah dan kanker usus.

  • Hilangnya Fungsi Otak

Adanya kerusakan pada hati karena kanker menyebabkan fungsi kinerja hati akan lambat atau rusak. Padahal hati berguna untuk menghilangkan racun yang ada di dalam darah. Namun karena adanya kanker ini dapat menyebabkan komplikasi lain berupa hilangnya fungsi otak.

Sponsors Link

Hal ini mengakibatkan pusing, adanya perubahan, kepribadian atau suasana hati dan dapat menurunkan tingkat konsentrasi. Untuk beberapa kasus dengan tingkat keparahan yang tinggi pasien dapat mengalami koma.

  • Gagal ginjal

Hati merupakan salah satu organ vital yang bekerja sama dengan ginjal mengelola darah yang ada di dalam tubuh. Jika hati mengalami masalah terutama terganggu karena kanker, sudah jelas ginjal akan mengalami masalah juga biasanya kejadian yang paling sering terjadi adalah gagal ginjal.

Itulah diadakan komplikasi yang mungkin saja terjadi untuk mereka yang menderita penyakit ini. Tentu saja dengan berbagai usaha dan juga pengobatan dapat anda lakukan. Mengingat jika sudah terserang penyakit lain maka akan sulit untuk sembuh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Hati