Sponsors Link

4 Komplikasi Hemokromatosis yang Dapat Terjadi

Sponsors Link

Banyak hal yang dapat terjadi dalam tubuh manusia, terutama jika anda mengkonsumsi berbagai hal secara berlebihan. Salah satunya adalah zat besi, dimana nutrisi ini sangat penting bagi tubuh manusia. Karena zat besi dapat membantu menyehatkan tubuh dan juga membantu sistem peredaran darah berjalan dengan baik.

ads

Sayangnya tubuh akan mengalami masalah jika zat besi ini terlalu banyak atau berlebihan. Meskipun darah membutuhkan zat besi, namun jika terlalu banyak maka akan berbahaya untuk kesehatan tubuh. Kondisi dimana tubuh memiliki zat besi yang sangat tinggi melebihi dari takaran idealnya adalah hemokromatosis.

Seperti yang telah dilansir para peneliti di Inggris, zat besi merupakan salah satu bahan yang terdapat dalam hemoglobin protein dalam RBC atau sel darah merah. Tugasnya yakni membawa oksigen ke semua jaringan tubuh. Umumnya zat besi diserap dari makanan yang anda konsumsi sehari-hari, sehingga sel darah merah akan memproduksinya. Namun jika terlalu banyak jelas menimbulkan masalah pada tubuh.

Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai kondisi dimana tubuh seseorang yang memiliki kandungan zat besi yang terlalu tinggi dalam darah tersebut. Penyakit yang biasa disebut hemokromatosis ini dapat menimbulkan komplikasi hemokromatosis yang berdampak pada organ lainnya, apa saja ?

1. Ginjal

Masalah pertama yang dapat anda hadapi jika mengalami hemokromatosis adalah komplikasi hemokromatosis pada bagian ginjal. Sebenarnya kinerja ginjal dan hati berkesinambungan.

Dimana fungsinya bagian hati yang berguna untuk menyaring berbagai bahan kimia dan juga obat-obatan dari darah ke seluruh tubuh, gejala fungsi hati terganggu begitupun dengan ginjal yang berguna untuk menyaring racun dan juga membuang zat sisa. Namun zat besi tidak dapat dibuang dan menumpuk di Ginjal.

2. Jantung Bermasalah

Organ tubuh lainnya yang berhubungan dengan darah dan juga zat besi adalah jantung. Seperti yang anda ketahui, organ jantung merupakan bagian utama dari tubuh, tugasnya memompa darah ke paru-paru maupun ke seluruh tubuh.

Namun jika darah anda mengandung zat besi sudah pasti jantung pun akan mengalami penumpukan dan akhirnya menyebabkan masalah. Umumnya gejala penderita hemokromatosis pasti mengalami masalah di bagian jantung seperti denyut nadi yang tidak beraturan dan juga rasa sakit di bagian dada.

3. Diabetes

Masalah selanjutnya yang dapat terjadi pada adalah diabetes mellitus. Serupa dengan komplikasi abses hati, Hal ini dikarenakan adanya kelebihan zat besi yang terdapat di pankreas dan menjadi dampak dari penyakit hemokromatosis.

Tak ayal pada penderita, komplikasi ini paling sering muncul dan pasien sering mengalami kesulitan mengontrol gula darah. Meskipun makanan yang anda konsumsi sudah sesuai dengan takaran atau aturannya.

Sponsors Link

4. Lainnya

Komplikasi lainnya yang dapat timbul adalah menimbulkan kerusakan di bagian organ-organ yang berhubungan dengan proses aliran darah ke seluruh tubuh. Organ-organ ini akan mengalami kerusakan. Selain itu akan ada masalah seperti halnya Fibrosis atau luka pada bagian liver, serta penyakitnya otot-otot lever.

Sementara kelebihan zat besi di kelenjar dapat mengakibatkan hipotiroidisme atau kekurangan hormon tiroid yang menyebabkan menurunnya libido atau impotensi pada pria.

Pada wanita, hemokromatosis dapat berimbas pada anda yang mendapat mengalami siklus haid yang tidak teratur dan akan menimbulkan masalah lain yang lebih berbahaya. Masalah juga dapat timbul seperti adanya tanda-tanda kerusakan hati, jantung dan pankreas.

Komplikasi atau bahaya paling parah yang dapat diderita oleh hemokromatosis tentu saja kematian, jika gejala sudah muncul baiknya langsung mencari cara mengobati hemokromatosis  Penyakit ini tidak akan menyebabkan kematian secara langsung, namun adanya kegagalan pada organ untuk berfungsi dan juga permasalahan lainnya menyebabkan tubuh menjadi semakin lemah dan akhirnya menjadi berbahaya atau kritis.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hemokromatosis