Sponsors Link

6 Komplikasi Gagal Hati Paling Berbahaya

Sponsors Link

Gagal hati merupakan penyakit kronis yang sudah ekstrem yang tidak bisa disembuhkan dengan obat tradisional abses hati. Tindakan penanganan serius merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar lagi. Pasalnya, gangguan ini sama saja dengan matinya fungsi hati. Apa yang akan menimpa anda, jika hati sudah tidak berfungsi lagi? Bukan itu saja. Ternyata gagal hati tak terobati, bisa menimbulkan komplikasi gagal hati.

ads

Sebelum kami menjelaskan tentang komplikasi gagal hati, berikut narasi singkat tentang pengertian hati dan penyakit gagal hati. Sebuah penjelasan pelengkap yang membuat pemahaman anda tentang fungsi hati dan pernak-perniknya lebih komplit dan komprehersif (menyeluruh).

Pengertian Hati dan Gagal Hati

Hati merupakan satu organ yang fungsinya begitu penting bagi manusia. Dengan adanya organ ini, proses detoksifikasi darah menjadi lancar. Selain itu, perannya sebagai penghancur makanan yang menyebabkan kanker hati juga maksimal. Bahkan, tanpa hati, ekstrak energi menjadi gula tidak akan memiliki tempat penampung yang ideal.

Fungsi hati di atas hanya sebagian saja. Karena menurut medis, fungsi hati bagi kesehatan tubuh kurang lebih ada 500 fungsi. Bisa dibayangkan apa yang menimpa tubuh, jika gagal hati mulai menyerang.

Gagal hati disebut juga dengan istilah liver failure merupakan penyakit yang identik dengan matinya fungsi hati. Hal ini disebabkan oleh kerusakan organ yang sudah menyebar secara luas karena tidak dilakukan cara pencegahan kolestatis. Jika tidak segera dilakukan perawatan, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Status Keparahan Penyakit

Penyakit gagal hati dibagi menjadi tiga status keparahan. Yaitu gagal hati akut, sub akut dan gagal hati kronis.

  1. Gagal Hati Akut

Untuk gagal hati jenis ini, fungsi hati berhenti selama 8 jam. Peristiwa ini terjadi pasca munculnya kerusakan awal pada organ. Tahap inilah yang disebut gagal hati awal.

  1. Gagal hati Sub Akut

Untuk gagal hati kedua ini, terjadinya kematian fungsi hati berjalan hingga berminggu-minggu. Pada umumnya terjadi selama 8 minggu hingga 26 minggu. Tentu gejala ini lebih fatal dibandingkan yang pertama (akut) karena sudah tidak bisa diatasi dengan cara mengobati fatty liver.

  1. Gagal Hati Kronis

Status penyakit gagal hati yang terakhir sekaligus paling parah adalah gagal hati kronis. Untuk kasus ini, pergerakan penyakit cukup perlahan. Tetapi terjadinya mencapai tahunan sebelum organ hati benar-benar rusak.

Komplikasi  Gagal Hati

Seperti sudah kami sentil di atas kalau gagal hati adalah penyakit mematikan akibat organ lumpuh total. Namun, jauh dari itu, ternyata gagal hati juga menimbulkan masalah penyakit yang lain. Berikut ini beberapa penyakit (komplikasi) tersebut yang harus diwaspadai, yaitu:

Sponsors Link

  1. Kanker Hati Primer

Kanker hati primer merupakan penyakit kanker yang muncul secara alami dari dalam hati. Penyakit akibat kerusakan sel ini terjadi, jika kerja hati mulai melemah dan tidak diobati dengan cara mencegah gagal hati. Maka dari itu, jangan sampai fungsi hati melemah.

  1. Gagal Ginjal

Gagal ginjal sebagian besar disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke dalamnya. Jika gagal hati terjadi, tentu detoksifikasi darah tidak maksimal. Akibatnya berbagai macam racun dalam darah semakin banyak. Kalau ini dibiarkan, pasokan darah ke ginjal akan terhambat. Lalu terjadilah penyakit gagal ginjal.

  1. Diabetes

Fungsi hati adalah menyimpan gula hasil ekstraksi dari ramuan herbal pembersih hati dan penunjang energi. Jika organ hati sehat, produksi gula ini akan disebar secara teratur sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sebaliknya, kalau fungsi hati lemah bahkan mendekati gagal hati, sebaran gula akan serampangan bahkan melebihi kebutuhan. Produksi gula darah berlebihan inilah yang bisa memicu munculnya penyakit kencing manis atau diabetes.

Sponsors Link

  1. Obesitas

Salah satu kerja organ hati adalah proses detoksifikasi pada hati yaitu membantu proses pencernaan makanan. Jika organ hati tidak bekerja maksimal, tentu lambung, usus serta organ pencernaan lainnya akan bekerja lebih ekstra. Akibatnya, penumpukan lemak terjadi yang akan mengakibatkan berat badan bertambah hingga obesitas.

  1. Kanker Otak

Kanker otak juga merupakan komplikasi dari gagal hati. Hal ini disebabkan oleh salah satu fungsi hati tidak bekerja dengan maksimal karena jus untuk fatty liver kadaluarsa yaitu melakukan detoksifikasi pada darah. Akibatnya, darah yang masuk ke dalam otak penuh dengan racun yang menjadikan pembelahan sel otak menjadi radikal. Sehingga bukan revitalisasi sel yang muncul tetapi sel kanker justru berkembang dengan cepat.

  1. Kelelahan Kronis

Hati berperan penting sebagai pemecah lemak menjadi energi. Nantinya energi akan disuplai pada tulang, otot dan semacamnya agar terjadi refleksi stamina yang mumpuni. Jika peran hati tidak maksimal, lemak justru menjadi detok penyebab kolestasis. Akibatnya energi berkurang yang berefek pada stamina menurun dan kelelahan yang kronis.

Itulah beberapa komplikasi gagal hati anti pencegahan kanker hati.  Semoga kita semua tidak mengalami penyakit ini karena efeknya sangat luar biasa. Selain cara mengobatinya mahal dengan operasi, tingkat kesembuhannya juga tidak 100%.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gagal Hati