Sponsors Link

Hemokromatosis – Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya

Sponsors Link

Hati merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang dimasukKan dalam kategori penting atau organ vital. Jika Jantung dan paru-paru berada di bagian dada maka hati berada di bagian perut sebelah kanan dengan berat maksimal 2 kg untuk wanita ataupun pria dewasa. Berbicara soal Hati, fungsi utama dari organ ini adalah menyaring darah yang mengandung racun serta bahan kimia agar dapat dialirkan ke seluruh tubuh.

ads

Jika darah anda banyak mengandung bahan kimia dan juga alkohol, sudah jelas bahwa hati akan menjadi organ pertama yang rusak dan mengalami masalah seperti halnya kanker atau Hemokromatosis (Hemochromatosis). Selain itu lemak juga bisa  menjadi masalah utama dalam rusaknya hati.

Definisi dan Penyebab Hemokromatosis

Hati dapat terserang berbagai penyakit seperti kanker hati, bahaya abses hati dan juga penyakit yang mungkin banyak terjadi diantara masyarakat tetapi kita tidak pernah tahu namanya. Hemokromatosis (Hemochromatosis) merupakan sebuah penyakit, dimana tubuh penderita menyerap serta menimbun zat besi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Penyebab Hemochromatosis umumnya dari makanan yang sembarangan dan mengandung zat besi tinggi. Hal ini menimbulkan penyerapan yang berlebihan dan penimbunan yang berlangsung bertahun-tahun, hal ini mengakibatkan kerusakan domino mulai dari hati, ginjal, sendi, pankreas serta memberikan efek kematian yang cepat jika tidak ditangani.

Gejala Hemokromatosis

Adapun Ciri-ciri Hemokromatosis atau gejala dari penyakit Hemokromatosis ini bisa anda kenali sejak dini, diantaranya :

  • Letih
  • Kulit berubah menjadi gelap
  • Nyeri di persendian terus menerus
  • Nyeri bagian perut kanan
  • Kurang berenergi
  • Bulu dan rambut di sekitar badan mulai rontok dan mudah patah
  • Mengalami penurunan berat badan drastis
  • Lemas dan mudah lelah

Sedangkan gejala yang dialami secara berkepanjangan adalah :

  • Sering merasa haus dan sering buang air kecil lebih dari biasanya atau tidak normal
  • Pembengkakan pada perut, tangan, hingga kaki (hal ini dirasakan jika sudah menyebar ke area ginjal)
  • Nafas menjadi pendek dan sering nyeri dada
  • Nyeri hebat dan kaku pada sendi dan jari

Pencegahan dan Pengobatan Hemokromatosis

Jika anda ingin melakukan pencegahan yang tepat, berikut ada Cara Mencegah Hemokromatosis yang dapat anda lakukan, yaitu :

Sponsors Link

  1. Hindari mengkonsumsi makanan laut mentah, khususnya kerang-kerangan. Sama seperti penderita Abses hati, anda dilarang mengkonsumsi jenis makanan ini. Karena menyebarkan infeksi serta zat besi yang tinggi yang dapat memicu penyakit untuk muncul, apalagi jika anda meiliki keturunan atau beresiko.
  2. Minum Teh. Beberapa dokter menganjurkan anda untuk menghindari konsumsi teh terlalu sering karena dapat meningkatkan tannin yang menyebabkan Hemokromatosis.
  3. Suplemen Vitamin C. Perlu anda ketahui bahwa suplemen vitamin C nyatanya tidak baik untuk tubuh. Bahan kimia yang tinggi dapat merusak tubuh. Jika anda yang ingin mengkonsumsi vitamin C anda bisa mendapatkannya dari makanan alami.

Sedangkan jika anda sudah terkontaminasi, dan membutuhkan Penanganan Hemokromatosis yang tepat. Maka solusi satu-satunya hanyalah jalur medis. Dokter akan memberikan Cara Mengobati Hemokromatosis dengan metode yang berbeda-beda.

Metode pertama dilakukan pengambilan darah dengan nama Phlebotomy. Pembedahan ini ditujukan untuk mengeluarkan zat besi  berlebih dalam hati.  Tidak ada pembedahan namun tetap dilakukan tindakan. Metode lain yang bisa dilakukan adalah perawatan menggunakan obat-obatan.   Itulah deretan informasi mengenai Hemokromatosis (Definisi, gejala, penyebab, pengobatan, pencegahan) yang dapat anda pahami.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hemokromatosis