Sponsors Link

8 Gejala Kanker Hati Stadium Awal yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Kanker hati merupakan salah satu penyakit menakutkan yang banyak dihindari manusia. Penyakit ini masuk kedalam karsinoma paling umum yang ada pada sel hati, yakni tumor utama yang dapat tumbuh di hati dan bukan disebabkan oleh penyebaran kanker dari organ tubuh lainnya.

ads

Padahal seperti yang anda ketahui bahwa hati memegang peranan penting dalam membersihkan darah serta menghilangkan racun. Sedangkan darah harus dipompa oleh Jantung ke seluruh tubuh.

Dalam menilai tingkat keparahan atau kondisi pasien, dokter biasanya memberikan istilah “stadium” untuk mempermudah masyarakat awam mengerti. Stadium merupakan cara untuk mengetahui kondisi anda termasuk jika terserang penyakit ini.

Stadium ini ikut membantu dokter menemukan pengobatan yang tepat atau metode untuk menyembuhkan pasien. Komplikasi kanker hati merupakan hal yang sulit untuk diatasi dan biasanya terjadi di stadium akhir.

  • Penyebab Kanker Hati

Penyebab utama dari penyakit ini tidak banyak diketahui. Akan tetapi beberapa penelitian mengatakan bahwa kasus kanker hati ini, dapat terjadi karena hepatitis yang cukup parah dan tidak ditangani dengan baik. Selain itu adanya sirosis atau kerusakan hati karena penyalahgunaan alkohol juga menjadi penyebabnya.

Kelebihan berat badan serta lemak yang menumpuk juga akan menyebabkan kanker hati tumbuh dengan cepat. Tumor dapat tumbuh kapan saja, Apabila terjadi penumpukan dan kerusakan yang dialami oleh tubuh.

  • Kanker Hati Stadium Awal dan Gejalanya

Gejala awal kanker hati tergolong cukup sulit dikenali. Setelah penderita memahami tentang stadiumnya, banyak pasien yang bertanya bagaimana mengenali gejala penyakit ini ?. Anda tentu tahu bahwa banyak orang yang memutuskan untuk mengenali dirinya dan melihat gejalanya secara seksama. Jika memang seseornag terkena penyakit ini, maka dapat ditangani dengan baik dan benar.

Penyakit kanker yang masuk stadium awal atau stadium satu biasanya ditandai dengan munculnya satu tumor yang berukuran kurang lebih 5 cm. Namun tumor ini tidak tumbuh pada pembuluh darah, sehingga kanker belum menyebar ke tempat lain khususnya kelenjar getah bening sebagai organ yang terdekat. Selain itu fungsi hati pasien masih sama dengan keadaan normal.

Berikut ini beberapa gejala kanker hati stadium awal yang dapat anda kenali :

  1. Adanya mual dan muntah terus menerus,
  2. Penurunan berat badan secara drastis, dibarengi dengan rasa lemah atau letih,
  3. Nyeri di bagian perut terus menerus,
  4. Adanya gangguan makanan, terutama yang sulit dicerna seperti lemak dan minyak,
  5. Tidak bertenaga,
  6. Jaundice atau mendadak terkena penyakit kuning,
  7. Tinja berwarna pucat dan agak berbau,
  8. Pusing atau sakit kepala yang sering kambuh.
    Sponsors Link

  • Penanganan Kanker Hati

Jika anda sudah menemukan beberapa gejala diatas, sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter terdekat. Sebenarnya ada banyak cara penanggulangan kanker hati, mulai dari tanaman obat untuk kanker hati, dan beberapa cara khusus seperti  cara merawat penderita abses hatipenanganan abses hati.

Penanganan ini serupa dengan pasien kanker hati. Umumnya klinik atau rumah sakit akan merujuk pasien dengan dokter terkait. Disini, dokter akan melakukan serangkaian tes terlebih dahulu untuk memastikan bahwa memang ada kanker yang menyerang bagian hati anda.

Setelah itu dokter akan mengajak anda diskusi untuk menjalani metode yang tepat, pengobatan serta kondisi keseluruhan anda. Walaupun kanker yang Anda alami masih tergolong stadium awal, namun tetap saja Anda harus fokus dengan pengobatan dan penyembuhannya. Mengingat kanker menyebar dengan waktu yang tidak dapat diprediksi.

Dan semoga artikel gejala kanker hati stadium awal ini dapat membantu Anda maupun kerabat Anda untuk waspada. Senantiasa menjaga kesehatan hati serta anggota tubuh lainnya dengan pencegahan-pencegahan yang harus dikenali sedini mungkin. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Hati