Sponsors Link

6 Gejala Hati Berlemak Perlu Anda Waspadai

Sponsors Link

Hati berlemak atau disebut juga dengan perlemakan hati merupakan kondisi dimana lemak yang terdapat di dalam organ hati jika diakumulusikan beratnya lebih dari 5 atau 10 persen dari berat total organ hati itu sendiri. Perlemakan hati biasanya dapat terjadi pada seserong yang sudah mulai lanjut usia yaitu 40 hingga 60 tahun. Perlemakan hati biasa disebut juga dengan fatty liver atau steatosis. Fatty liver pada tahap awal memang tidak akan mempengaruhi kesehatan organ hati. Namun, jika lemak dibiarkan secara terus-menerus dalam jumlah yang terlalu banyak maka beberapa fungsi hati pun akan ikut terhambat.

ads

Beberapa fungsi hati adalah mengendalikan metabolisme, menghasilkan hormone, menghansilkan enzim, serta mampu melakukan detokfikasi atau penetralan racun yang masuk ke dalam tubuh. Selain menghambat fungsi hati beberapa kasus perlemakan hati juga mampu menimbulkan penyakit berbahaya lainnya seperti kerusakan sel- sel hati hingga kanker hati. Organ hati sebenarnya termasuk salah atu organ tubuh yang cukup kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Namun gaya hidup orang modern yang lebih banyak mengkonsumsi makanan siap saji dan gaya hidup tidak sehat lainnya dapat memicu Penyakit Pada Organ Hati ini. Salah satunya adalah yang sedang kita bahas yaitu penyakit organ hati yang berlemak.

Beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa pola hidup tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan tidak sehat, mengkonsumsi alkohol, jarang melakukan orahraga dan penyakit diabetes menjadi faktor utama Penyebab Liver Terbungkus Lemak. Beberapa gejala hati berlemak memang tidak terlalu terasa. Bahkan gejala itu biasanya dianggap hal yang sepele atau biasa terjadi sehingga tidak ada tindakan lanjut seperti periksa kedokter atau melakukan rongen organ hati. Karena itu jugalah banyak penderita hati berlemak yang terlambat mengetahuinya. Nah, sebelum terlambat kami akan memberikan beberapa gejala hati berlemak atau perlemakan hati yang harus anda waspadai. Berikut 5 gejala hati berlemak:

  1. Penurunan berat badan secara signifikan

Ciri atau gejala hati berlemak yang pertama adalah penurunan berat badan secara signifikan dalam waktu yang relative cepat. Penurunan berat badan itu disebabkan oleh turunnya nafsu makan dan adanya gangguan pencernaan atau lambung. Gangguan pencernaan itu juga mengakibatkan anda akan sering muntah dan secara tidak langsung menurunkan berat badan anda secara drastis.

  1. Terjadi gangguan dalam mengingat

Lupa memang merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh umur. Namun jika anda sering lupa namun umur anda tergolong masih muda maka anda harus mewaspadai adanya penyakit lain di dalam tubuh anda. Gangguan ingatan biasanya terjadi karena adanya gangguan pada bagain kepala seperti akibat benturan yang terlalu keras. Namun selain itu ternarnyata sering lupa juga merupakan salah satu ciri terjadinya perlemakan pada organ hati.

  1. Sakit di bagian tulang rusuk kanan

Organ hati manusia terletak di antara dada dan perut serta dibagian sebelah kanan. Jika anda sering merasakan tidak nyaman atau merasa sakit pada bagian tersebut maka itu adalah salah satu indikasi terjadinya perlemakan hati. Namun sakit pada bagain itu memang belum tentu akibat perlemakan hati, karena itu ada baiknya anda periksa ke dokter agar lebih jelas dan mendapatkan cara penyembuhan yang tepat. Jika memang itu adalah perlemakan hati maka anda harus melakukan beberapa Cara Mengatasi Penumpukan Lemak yang dapat dilakukan dengan mudah dan efektif.

Sponsors Link

  1. Mulut kering

Perlemakan hati juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan mulut anda. Karena itu mulut kering menjadi salah satu ciri atau gejala perlemakan hati yang mudah diketahui. Mulut merupakan jalan masukknya makanan yang biasanya memiliki tingkat kelembaban tertentu. Itu karena adanya produksi air liur di dalam mulut. Air liur itu jugalah yang menghasilkan enzim untuk menghancurkan makanan yang kita makan. Oleh sebab itu jika mulut kering maka anda akan kesusahan untuk mencerna makanan saat berada di dalam mulut.

  1. Kaki bengkak

Kaki bengkak biasanya terjadi pada penderita perlemakan hati yang sudah cukup parah. Itu karena lemak menghambat proses detokfikasi dan metabolisme tubuh sehingga terjadi penyumbatan dibeberapa jaringan tubuh lainnya. Selain kaki, beberapa orang lain juga dapat mengalami gejala pembengkakan seperti pada perut dan organ hati itu sendiri.

  1. Sakit kuning

Sakit kuning ditandai dengan menguningnya kulit, bagain putih mata, dan membrane mukosa hidung dan mulut. Itu diakibatkan terjadinya penumpukan bilirubin di dalam darah dan beberapa jaringan lainnya. Penumpukan itu biasanya terjadi akibat adanya gangguan pada organ hati atau empedu. Salah satu gangguan hati yang kami maksud salah satunya dalah perlemakan hati.

Jika anda mengalami beberapa gejala diatas maka ada baiknya anda melakukan tes kesehatan atau periksa fisik. Selain itu untuk memastikan anda juga dapat melakukan tes darah lengkap dan melakukan USG bila tejadi pembengkakan hati.

, , ,
Oleh :
Kategori : Perlemakan Hati