Sponsors Link

12 Gejala Awal Kanker Hati Wajib Kalian Tahu Sebelum Terlambat

Sponsors Link

Gejala awal kanker hati ada beragam, bahkan sangat mirip dengan gangguan kesehatan pada penyakit ringan atau penyakit lain. Jangan salah paham dengan gejala-gejala awal ini karena jika terus dibiarkan gejala-gejala awal yang ringan akan kian menjadi sehingga timbul gejala yang lebih serius. Kanker hati banyak terjadi akibat keterlambatan penanganan penyakit hepatitis. Hepatitis B dan hepatitis C berpotensi besar menjadi cikal bakal tumbuhnya sel kanker dalam organ hati. Pada awalnya secara otomatis tubuh manusia akan melakukan perlawanan terhadap sel kanker. Tapi jika perlawanan ini tidak didukung bantuan dari luar berupa pengobatan medis dan gaya hidup yang sehat besar kemungkinan bagi sel kanker untuk menang melawan sistem imun alami tubuh.

ads

Baca Juga:

Secara umum kanker hati dibagi menjadi 2, kanker hati primer dan kanker hati sekunder. Kanker hati primer adalah kanker hati yang sel kankernya tumbuh dan berkembang dari organ hati. Penyakit hepatitis, zat kimia dari rokok, minuman beralkohol bisa jadi penyebab munculnya sel kanker pada organ hati. Sedangkan kanker hati sekunder adalah kanker yang merambah hati namun awalnya dari organ lain sperti usus besar, paru-paru, lambung, usus halus dan sebagainya. Sel kanker yang telah berhasil tumbuh di organ-organ lain ini terus berkembang hingga akhirnya merambah organ hati.

Meski tergolong penyakit yang ganas, kanker hati bisa disembuhkan umumnya dengan 4 metode. Yang pertama, metode frekuensi radio dimana pada metode pengobatan ini sel kanker akan dihancurkan dengan menggunakan aliran listrik. Yang kedua, pengangkatan bagian hati yang ditempati sel kanker. Hati dikenal sebagai organ yang paling cepat sembuh ketika mengalami luka, dengan mengangkat bagian hati yang terserang kanker diharapkan masalah kanker hati bisa diatasi. Yang ketiga, transplantasi hati. Dan yang terakhir, pemberian pereda rasa sakit. Ketika sudah tidak banyak hal yang bisa dilakukan untuk menolong pasien kanker hati langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan penawar sakit agar penderita tidak tersiksa dengan rasa sakit yang disebabkan oleh sel-sel kanker.

Baca Juga:

Awal Gejala Kanker Hati

Berikut adalah beberapa gejala awal terkena kanker hati yang sangat wajib kalian ketahui sebelum berakibat fatal, mari simak ulasannya:

1. Mual Disertai Muntah

Ketika fungsi hati mengalami gangguan atau bahkan organ hati mengalami kerusakan akan mempengaruhi empedu. Empedu yang terkena sel kanker dari hati akan memicu produksi asam lambung yang dapat menimbulkan pusing dan mual yang tak tertahankan. Keadaan ini biasanya akan disusul dengan muntah. Namun muntah akibat kanker hati berbeda dengan muntah pada umumnya. Jika kita muntah karena kekenyangan, masuk angin atau keracunan makanan yang kita muntahkan adalah makanan, pada kasus muntah karena gejala kanker hati muntah akan sedikit berbeda. Muntah yang berkaitan dengan kanker hati memiliki bau yang sangat menyengat berwarna kuning kehijauan. Bahkan pada tahapan yang sudah parah muntah dapat berupa darah.

2. Nafsu Makan Berkurang

Produksi asam lambung yang terus meningkat mengakibatkan perut terasa penuh, pusing dan mual. Dampaknya nafsu makan akan berkurang. Kehilangan nafsu makan sering dianggap sebagai hal yang sepele namun jika penyebanya adalah sel kanker di organ hati maka akan berbeda kasusnya. Jika nafsu makan yang berkurang ini dibiarkan dalam waktu lama maka akan semakin mudah untuk sel kanker berkembang dan menyebar karena tubuh dalam keadaan lemah.

Baca Juga:

3. Lidah Terasa Pahit

Masih berhubungan dengan pencernaan selain mual, muntah dan hilangnya nafsu makan, lidah terasa pahit juga salah satu tanda sel kanker dalam hati mulai berkembang dan merambah organ lain dalam tubuh.  Rasa pahit pada lidah yang dikarenakan kanker hati adalah buah dari naiknya asam lambung.

Sponsors Link

4. Berat Badan Turun

Penurunan berat badan yang signifikan patut dicurigai sebabnya. Akibat dari terganggunya metabolisme tubuh karena hati tidak dapat menjalankan fungsinya dengan optimal banyak nutrisi tubuh yang hilang. Selain itu masih berkaitan dengan gejala-gejala sebelumnya hilangnya nafsu makan, lidah terasa pahit, mual, pusing dan muntah memperburuk keadaan sehingga berat badan berkurang drastis.

Baca Juga:

5. Kelelahan

Di masa awal pertumbuhan sel kanker dalam hati penderita akan merasakan nyeri pada bagian perut atas atau yang biasa disebut ulu hati. Rasa nyeri ini memberikan ketidak nyamanan dalam melakukan kegiatan. Walau demikian rasa lelah sangat mudah datang dan menyerang. Keadaan ini merupakan tanda sedang berlangsungnya pertumbuhan sel kanker.

6. Pandangan Berkunang-Kunang

Salah satu indikasi sel kanker sedang tumbuh di organ hati adalah pandangan sering berkunang-kunang. Ketika hati mengalami gangguan dan tidak dapat menetralkan racun maka dalam darah akan terdapat zat-zat yang tidak diharapkan sehingga organ-organ tubuh seperti mata dan syaraf penglihatan bisa terganggu.

Baca Juga:

7. Nyeri di Ulu Hati

Seringkali orang salah mengira nyeri di ulu hati adalah sebab dari sakit maag. Lalu untuk menangani rasa sakit di bagian ulu hati ini dengan ceroboh orang mengkonsumsi obat maag. Padahal jika nyeri di ulu hati ini diperiksakan dengan benar ke dokter penanganan yang tepat bisa mencegah keganasan sel kanker yang mulai tumbuh.

8. Nyeri Perut

Hati yang terjangkit sel kanker dan merambah ke empedu dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jika keadaan terus dibiarkan maka cairan di dalam perut akan terus menumpuk sehingga perut menjadi membusung dan terasa sakit ketika ditekan.

9. Pembengkakan pada Kaki dan Tangan

Tanda bahwa organ dalam tubuh utamanya hati sedang mengalami gangguan adalah pembengkakan bagian-bagian tubuh seperti kaki dan tangan. Pembengkakan yang terjadi tanpa sebab seperti jatuh atau terbentur dan berlangsung dalam waktu yang lama menandakan organ hati sedang dalam masalah.

Baca Juga:

Sponsors Link

10. Warna Urin Pekat

Orang yang sehat akan memiliki urin yng berwarna kuning tua yang jernih. Tapi pada penderita kanker hati stadium awal warna urin berwarna gelap dan pekat. Ini menunjukkan hati mulai gagal dalam menjalankan tugas untuk menawarkan racun dan zat-zat lain dalam darah sehingga lolos ke bagian ekskresi.

11. Jaundice

Penyakit kuning atau jaundice adalah indikasi kanker hati yang cukup serius. Karena fungsi hati yang terganggu dan mengakibatkan racun-racun yang seharusnya dinetralisir lolos dan menyebar dalam tubuh sehingga mengganggu kinerja organ lain. Racun ini pun akhirnya menjalar ke seluruh tubuh, ditambah lagi cairan empedu akan terikut bersama darah karena empedu adalah organ yang paling dekat dengan hati. Kondisi ini membuat kulit, mata, kuku dan telapak tangan penderita berwarna kekuningan. (Baca Juga: Jenis Penyakit Hepatitis)

12. Kerusakan Organ Lain

Besarnya peranan hati dalam tubuh membuat organ lain mudah terganggu ketika organ hati mengalami masalah. Ketika hati diserang sel kanker dan tidak bisa menjalankan tugas sebagaimana mestinya maka organ tubuh yang lain akan turut mengalami kerusakan karena penyebaran racun. Organ yang seringkali terkena dampaknya adalah ginjal. Komplikasi kanker hati dan gagal ginjal banyak terjadi yang bermula dari penyakit kanker hati. (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Penderita Liver)

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Hati