Sponsors Link

Benarkah Gagal Hati Susah Untuk Disembuhkan?

Sponsors Link

Gagal hati akut atau hilangnya fungsi hati bisa terjadi dalam waktu singkat yakni hanya dalam beberapa hari atau minggu saja pada orang yang juga mempunyai penyakit hati sebelumnya. Gagal hati akut merupakan kondisi yang sebenarnya kurang umum dibandingkan dengan gagal hati kronis yang berkembang lebih lambat dibandingkan gagal hati akut. Sedangkan gagal hati kronis yang juga menjadi salah satu penyakit pada organ hati merupakan menurunnya fungsi organ hati dalam jangka waktu yang bisa dibilang cukup lama antara berbulan bulan hingga beberapa tahun.

ads

Gagal hati kronis merupakan jenis penyakit gagal hati yang disebabkan karena penyakit hati lain yang diderita dalam jangka waktu panjang seperti sirosis hati dan juga hemochromatosis. Lalu, apakah gagal hati susah disembuhkan?, simak ulasan selengkapnya dari kami berikut ini.

  • Gagal hati fulminan atau gagal hati akut bisa menjadi penyebab komplikasi yang sangat seruis seperti pendarahan terlalu berlebihan dan juga meningaktkan tekanan pada organ otak dan ini menjadi keadaan medis darurat yang sesegra mungkin memerlukan rawat inap. Bergantung dari penyebabnya, gagal hati terkadang bisa membaik dengan beberapa pengobatan yang diberikan namun dalam beberapa situasu lain tidak bisa disembuhkan dan membutuhkan transplantasi hati sebagai satu satunya jalan pengobatan gagal hati.
  • Gagal hati jenis akut ini bisa berkembang dengan sangat cepat pada orang yang terbilang sehat sekali pun dan ini bisa mengganggu fungsi hati sebagai alat ekskresi dan juga sangat mengancam jiwa yang menyebabkan kematian. Apabila terjadi beberapa tanda dari gagal hati akut seperti bagian putih mata dan kulit yang menguning, timbul rasa nyeri di bagian perut atas dan perubahan mental yang tidak biasa seperti perilaku, maka pertolongan medis harus segera dilakukan sebelum terlambat.
  • Penyakit gagal hati bisa dikatakan sulit untuk disembuhkan karena kerusakan yang ditimbulkan terbilang sangat parah dan bahkan juga berpotensi untuk meningkatkan komplikasi lainnya. Gagal hati bisa menyebabkan cairan berlebihan di dalam otak atau edema cerebral yang akan membuat otak tertekan dan jaringan otak keluar dari ruang yang biasanya menjadi tempat otak atau herniasi dan ini juga menyebabkan hilangnya kadar oksigen dalam otak.
  • Selain itu, gagal hati juga bisa mengakibatkan pendarahan dan gangguan pendarahan karea pada saat seseorang terkena gagal hati, maka sudah tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan faktor pembekuan dalam jumlah yang cukup untuk membatu pembekuan darah. Inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa gagal hati terbilang sulit untuk disembuhkan karena komplikasi yang ditimbulkan bisa menyebar dan terjadi dalam waktu yang sangat cepat.

Gejala Gagal Hati

Gejala dari gagal hati dini terlihat tidak jelas seperti sindrom kelelahan kronis atau gastroenteritis virus yang membuat penderitanya tidak menyadari beberapa gejala tersebut hingga akhirnya gagal hati berubah menjadi kronis dan sudah menjadi penyakit yang sulit untuk disembuhkan sehingga satu satunya jalan yang bisa ditempuh adalah dengan cangkok hati sehat dari pendonor hati. Namun, ada resiko donor hati lain yang juga harus siap dihadapi penerima donor yakni beberapa masalah atau gangguan hati lainnya.

Sedangkan dalam beberapa kasus gagal hati akut, diagnosis dan pengobatan yang cepat dilakukan bisa membalikkan penyakit tersebut. Akan tetapi, apabila kerusakan hati sudah terjadi secara permanen maka sudah tidak lagi bisa dibalikkan atau disembuhkan. Perawatan teratur hanya mungkin bisa memperlambat atau menghentikan perkembangan dari kerusakan hati dan meminimalisir komplikasi yang terjadi namun tidak untuk mengembalikan fungsi organ hati ke dalam keadaan normal seperti sebelum menderita gagal hati.

Penyakit gagal hati yang merupakan gangguan fungsi organ hati ini merupakan tahap kronis kerusakan pada organ hati yang sangat mengganggu sistem dalam tubuh dan harus dihindari sebelum terlambat. Apabila sudah terjadi, maka harus segera mendapatkan penanganan yang serius karena terbilang penyakit yang sulit untuk disembuhkan dan bisa berujung pada kematian.

, ,
Oleh :
Kategori : Gagal Hati