Sponsors Link

15 Ciri Penyakit Kuning Pada Remaja yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Penyakit kuning tidak hanya menyerang bayi saja. Remaja pun banyak yang menjadi korbannya. Maka dari itu gejala atau ciri penyakit kuning pada remaja harus diwaspadai. Karena dengannya, Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini menggunakan obat tradisional abses hati.

ads

Berikut ini, kami akan menjelaskan tentang gejala-gejala tersebut. Harapan semoga bisa menambah kewaspadaan diri pada penyakit jaundis tersebut. Silakan disimak dan kalau perlu catat agar bisa dipelajari dengan lebih serius. Ini dia gejalanya, yaitu:

1. Urine Kuning

Gejala yang paling umum terjadi adalah urine berwarna kuning. Sekalipun menjadi tanda-tanda yang populer dari makanan yang menyebabkan kanker hati, masyarakat masih banyak yang mengabaikannya. Warna urine menjadi kuning tua, disebabkan oleh berkurangnya mineral di dalam tubuh. Sehingga, warna air seni ini menjadi tidak normal.

2. Kulit Dan Mata Berwarna Kuning

Jika remaja yang mengalami penyakit kuning memiliki kulit berwarna gelap, maka gejala dan pengobatan perlemakan hati gagal yang kedua ini bisa terlihat jelas. Yaitu, kulit dan mata berubah menjadi kuning.  Hati-hati, ini bukan gejala kurang darah, tetapi zat bilirubin yang terlalu berlebihan.

3. Perut Kanan Terasa Nyeri

Remaja yang menderita penyakit kuning stadium awal tanpa pencegahan kolestasis, biasanya digejalai dengan perut terasa nyeri.  Posisinya tepat di sisi bagian kanan. Jika tanda-tanda ini sudah muncul, segera periksa ke dokter. Dikhawatirkan, penyakit akan menyerang sel hati.

4. Persendian Terganggu

Penyakit kuning juga berefek pada tulang dan sendi. Pada umumnya, sebagian sendi terlihat linu dan perih. Namun, karena gejala ini juga merupakan tanda penyakit lain, lebih baik, supaya lebih jelas, pasien harus melakukan konsultasi dengan dokter.

5. Kehilangan Selera Makan

Jika birilubin dalam tubuh penyebab tumor hati terlalu berlebihan, efeknya, metabolisme tidak bekerja maksimal. Sehingga, pasien mengalami penurunan imunitas.

Terkait hal ini, para remaja dengan penyakit kuning, rentan mengalami penurunan selera makan. Sehingga, penyandang penyakit kuning rawan mengalami penurunan berat badan.

6. Mual dan Muntah

Penyakit kuning terjadi, karena bahaya gagal hati yaitu bilirubin tubuh diproduksi berlebihan. Sehingga, membuat zat asam lambung naik ke permukaan. Ini yang menjadikan perut mual dan muntah. Jika penyakit kuning sudah sampai stadium ini, lebih baik rujuk pasien ke rumah sakit.

7. Kulit Terasa Gatal

Gejala fatty liver dan  penyakit kuning untuk remaja yang juga umum terjadi adalah gatal-gatal. Biasanya, tanda ini muncul untuk penyakit kuning jenis obstruktif. Penyebabnya adalah gagalnya empedu ketika membantu memproses bilirubin yang terlalu banyak.

Sponsors Link

8. Demam Yang Tinggi

Jika produksi bilirubin tidak wajar, tentu metabolisme tubuh bergerak lebih cepat. Berbagai senyawa juga ikut membantu untuk menguranginya. Hal ini menyebabkan meningkatnya suhu tubuh dan komplikasi gagal hati. Maka jangan heran, jika gejala penyakit kuning untuk remaja salah satunya ialah demam yang tinggi.

9. Penurunan Vitalitas

Setiap ada ketaknormalan di dalam tubuh, imun ikut membantu untuk mengatasinya. Sehingga, kerja sistem kekebalan tubuh ini terbagi. Akibatnya, produksi energi menjadi terhambat. Sehingga pasiennya mudah mengalami penurunan stamina dan vitalitas.

10. Sakit Perut dan Punggung

Ciri penyakit kuning pada remaja selanjutnya adalah sakit perut. Sensasinya cukup tajam, bahkan terasa hingga ke bagian punggung atas. Tanda-tanda ini terjadi secara kambuhan. Artinya, rasa sakit kadang muncul, kadang hilang.

11. Sendi Terasa Ngilu

Sendi terasa ngilu adalah gejala penyakit kuning dan kolestasis yang ringan. Ini dikarenakan mineral bilirubin mencegah masuknya air ke dalam sendi. Bisanya rasa nyilu ini muncul pasca bangun tidur. Maka dari itu, cermati gejalanya dengan saksama.

Sponsors Link

12. Gatal dan Mati Rasa

Jika kulit gatal dan terasa mati rasa, bisa jadi itu gejala asam urat dan penyakit kuning. Jika tanda-tanda tersebut diikuti oleh warna kulit yang menguning, berarti itu akibat bilirubin yang tidak bisa dibendung.

13. Penurunan Stamina yang Ekstrim

Jangan sepelekan jika stamina terus menurun. Bisa jadi, itu akibat bilirubin yang telah mengganggu sel imun. Biasanya, gejala ini akibat penyakit kuning yang disebabkan oleh hepatitis A. Sehingga terjadi penghambatan ekstraksi makanan menjadi energi.

14. Warna Tinja Seperti Tanah Liat

Gejala berikutnya adalah warna tinja berubah. Biasanya terlihat cokelat seperti tanah liat. Ini merupakan gejala yang muncul, jika bilirubin sudah mengalami obstruksi. Artinya, tanda-tanda tersebut tergolong berbahaya.

15. Borok Pada Kulit

Jika bilirubin penyebab gagal hati paling akut juga menyerang empedu, maka seluruh sel kulit akan mengalami imbasnya. Salah satunya adalah gatal hingga muncul borok. Maka dari itu, jika gejala ini muncul, jangan digaruk. Tetapi segera pergi ke dokter agar diberikan obat yang tepat.

Demikian sudah kami jelaskan ciri penyakit kuning pada remaja. Pastikan, selalu menjaga kesehatan supaya tanda-tanda tersebut tidak menyerang tubuh Anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyakit Kuning