Sponsors Link

23 Ciri-ciri Hemokromatosis yang Perlu Anda Perhatikan

Sponsors Link

Apa itu hemokromatosis? Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui bahwa hemokromatosis merupakan kondisi dimana tubuh menimbun dan menyerap zat besi secara berlebih dari makanan pasca operasi batu empedu yang di anjurkan yang kita konsumsi. Hal ini tentunya akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal, sendi, pankreas serta jantung atau bahkan dapat menyebabkan kematian itu sendiri.

ads

Ketika tubuh menyerap terlalu banyak zat besi, ini akan berubah menjadi racun. Penyakit ini bisa saja menghampiri Anda di usia 30 sampai 60 tahun. Hemokromatosis ini biasanya terjadi pada pria dua kali lebih banyak di banding wanita. Tubuh akan menyerap zat besi 4 kali lebih banyak dari kapasitas normal sekitar 8-10%.

Hemokromatosis ini biasanya terjadi karena berupa genetik atau keturunan, sehingga Anda harus mulai memperhatikan penyakit ini sejak dini. Penyakit ini  juga kerap terjadi pada orang yang mengonsumsi alkohol lebih banyal. Lalu, bagaimana cara mengetahui jika kita mengidap hemokromatosis? Berikut ini ciri-ciri hemokromatosis yang perlu Anda Ketahui.

Ciri Ciri Hemokromatosis

Hal ini dimaksdkan agar Anda dapat membedakan ciri-ciri hemokromatosis dan gejala penyakit lainnya. Dan Anda dapat segera memeriksakannya ke dokter.

1. Sering merasa lelah dan lemas

Hal ini muncul ketika Anda terlalu mudah merasa lelah bahkan ketika Anda sedang tidak melakukan aktivitas fisik apapun.

2. Merasa Sakit Pada Bagian Perut

hemokromatosis memang terjadi di bagian perut karena organ-organ dalam tubuh yang berfungsi mencerna makanan berada pada bagian perut bengkak karena liver. Hal ini juga yang dapat menyebar hingga ke jantung.

3. Kehilangan Gairah atau Impotensi

Hal ini berkaitan ketika Anda telah mengalami fase dimana Anda sangat mudah lelah dan tidak bersemangat.

4. Berat Badan Menurun

Karena tubuh terus saja menyerap dan menimbun zat besi yang mengakibatkan Anda mengalami penurunan bobot tubuh secara drastis serta mulai kekurangan imun tubuh.

5. Sering buang air kecil

Ciri-ciri ini akan terjadi lebih sering. Segeralah periksakan ke dokter sebelum hemokromatosis yang terjadi semakin parah.

6. Kulit menjadi lebih gelap, merah atau keabu-abuan

Gejala ini akan Anda alami ketika Anda telah menderita hemokromatosis sejak lama.

7. Pembengkakan pada peru, tangan hingga kaki

Hal ini tentu saja akan terjadi karena organ-organ tubuh Anda menyerap lebih banyak zat besi dari makanan lalu menyebar hingga ke beberapa bagian seperti kaki dan tangan. Selain itu, akan sangat rawan ketika menyebar ke jantung. 

Sponsors Link

8. Napas pendek dan nyeri dada

Ketika rasa sakit telah menyebar dari bagian perut ke area jantung dan paru-paru. Selain terjadi pembengkakan pada bagian perut, hal ini juga dibarengi dengan napas yang mulai putus-putus hingga merasa nyeri pada bagian dada atau rongga pernapasan. Ini juga yang akan membuat Anda lebih mudah merasa lelah dan lemas.

9. Nyeri disekujur tubuh dan persendian (arthritis)

Gejala ini akan muncul ketika Anda mengalami hemokromatosis  dalam jangka panjang. Karena tidak ditangani dengan segera, rasa nyeri akan terus menyebar. Gejala ini akan menyulitkan Anda bahkan untuk berjalan.

10. Diabetes melitus dan Gagal Hati

Hal ini bisa saja terjadi karena organ tubuh terus-terusan menyerap zat besi dan membuat bahaya radang hati juga ikut menyerap. Sehingga Anda akan kehilangan daya tahan tubuh, hal ini juga akan membuat Anda diabetes melitus (kadar gula darah berlebih) yang dibarengi dengan rasa ingin buang air kecil.

11. Denyut Jantung tidak beraturan hingga mengalami gagal jantung

Ketika rasa nyeri telah menyebar ke area paru-paru hingga jantung, jantung Anda akan kesulitan untuk bekerja dengan normal. Hal ini juga yang dapat membuat Anda merasa nyeri pada bagian dada, dan parahnya akan menyebabkan gagal jantung karena jantung tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

12. Menstruasi berkurang pada Wanita (amenore)

Gejala ini biasanya terjadi ketika Anda sedang atau telah mengalami menopause. Karena umunya wanita mengalami hemokromatosis pada usia akhir 50 tahun atau lebih. Ini akan membuat tingkat kuantitas darah pada rahim mulai berkurang karena terserap oleh tubuh.

13. Kesulitan bergerak

Ini dapat terjadi ketika penyebaran mulai terjadi hingga ke persendiaan tubuh. Anda akan merasakan nyeri bahkan untuk bergerak, ketika sudah sampai ke tahap ini segeralah periksakan ke dokter untuk melakukan pengobatan. 

Sponsors Link

14. Sirosis hati

Ini merupakan kondisi dimana ketika hemokromatosis menyerang bisakah sirosis hati disembuhkan dalam waktu lama.

Adapun beberapa gejala lain yang dapat dilihat berdasarkan kondisi mental, berikut ini

  • Depresi dan kecemasan
  • Gangguan memori atau alzheimer
  • Mudah Tersinggung
  • gangguan sumbu hepsidin- ferroportin
  • mengalami anemia
  • terjadinya gangguan transportasi besi
  • terjadinya gejala infeksi hati pada organ-organ tubuh lainnya
  • osteoporosis
  • mengalami penyakit kuning

Ciri-ciri hemokromatosis ini umumnya akan terjadi pada wanita ketika mengalami menopause atau tidak lagi berada pada masa kehamilan. Walaupun hemokromatosis dapat terjadi karena faktor genetik, Anda tidak akan mengalami gejala ini sejak dini. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa gejala ini akan muncul ketika Anda berusia 30 tahun bagi pria dan sekitar 40-50 tahun bagi wanita.

Segeralah periksakan ke dokter sesegera mungkin untuk menghindari efek samping pengangkatan kantung empedu hingga penyakit susulan yang mungkin terjadi akibat henokromatosis yang tidak ditangani. Demikianlah gejala radang empedu hemokromatosis yang perlu Anda ketahui. Tetap jaga kesehatan dan perhatikan lingkungan hidup Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hemokromatosis