Sponsors Link

9 Ciri Ciri Gagal Hati yang Masih Jarang di Ketahui

Sponsors Link

Gagal hati atau dalam bahasa inggris disebut dengan liver failure merupakan salam satu penyakit pada organ hati yakni kondisi disaat organ hati tidak dapat berfungsi lagi karena kerusakan yang terjadi sudah sangat meluas. Kondisi ini sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan kematian sehingga harus mendapat perawatan medis secepat mungkin.

ads

Untuk waktu perkembangan gagal hati ini terbagi menjadi 3 yakni gagal hati akut atau fulminant hepatic failure, gagal hati sub akut atau late onset hepatic failure dan juga gagal hati kronis atau chronic decompensated hepatic failure. Untuk bisa melakukan langkah pencegahan yang terbaik, ada baiknya anda mengetahui apa saja ciri ciri gagal hati selengkapnya seperti ulasan dari kami berikut ini.

  1. Palmar Eritema

Palmar eritema merupakan terjadinya warna kemerahan di telapak tangan khususnya di bagian pangkal ibu jari dan juga kelingking. Ini terjadi karena ada hubungannya dengan gagal hati kronis yang juga sering disebut dengan telapak hati. Meski bukan menjadi ciri khas dari gagal hati, akan tetapi ini juga bisa dijadikan indikasi seseorang terkena gagal hati.

  1. Xanthomatosis

Xanthomatosis merupakan akumulasi dari lipid berbentuk kecil dengan warna kuning yang datar. Xanthomatosis terjadi di bagian bawah kulit yang biasanya timbul pada jari jari, lutut, siku dan beberapa sendi lainnya dan juga pada tangan dan kaki. Xanthomatosis ini bisa terjadi karena metabolisme lipid yang berubah karena kerusakan organ hati dan mengganggu fungsi hati sebagai alat ekskresi.

  1. Spider Nevi

Spider nevi atau spider angioma merupakan pembuluh laba laba atau spider nevus yakni pelebaran pembuluh darah dekat dengan permukaan kulit. Apabila ini terjadi, maka terlihat seperti lesi dengan titik pusat merah dan memancarkan ekstensi merah seperti jaring laba laba. Spider nevi yang merupakan ciri gagal hati ini umumnya timbul pada leher, lengan, wajah dan juga bagian badan atas.

  1. Ascites

Ciri Ciri Gagal Hati lainnya yaitu ascites merupakan penumpukan cairan di rongga peritoneal yang merupakan hasil dari tekanan darah rendah albumin namun meningkat pada pembuluh darah dari hati atau dinamakan dengan hipertensi portal. Tahap awal dari penumpukan cairan mungkin bersifat asimtomatik. Namun sebagai akumulasi bertambah, maka bisa membuat perut menjadi kembung dan timbul rasa sakit pada perut. Penumpukan berlebihan ini yang menyebabkan distensi perut dan juga sesak nafas.

  1. Caput Medusa

Caput medusa merupakan portal gipertensi yang menyebabkan melebarnya pembuluh darah paraumbilikalis yang ada di dekat area pusar. Ini mengakibatkan pembuluh darah hampir nyaris tidak terlihat di permukaan kulit malah berubah menjadi menonjol, membesar dan mengalami pembengkakan. Caput medusa ini terjadi seperti struktur tubular biru yang memancar dari pusar dengan pola yang mirip seperti ular medusa sehingga dinamakan capur medusa atau kepala medusa.

Sponsors Link

  1. Tanda Klinis Gagal Hati

Gagal hati juga tentunya akan berpengaruh pada fungsi organ hati dan juga tingkat beberapa enzim dan metabolit yang ada dalam darah. Tanda tanda klinis tersebut akan berfungsi untuk konfirmasi kegagalan hati untuk tanda pengenalan.

  1. Serum Albumin Rendah

Albumin adalah jenis protein globular yang menyumbang setengah dari kadar protein serum. Tingkat normal serum albumin orang dewasa adalah 3.4 sampai 5.4 g / DL. Ciri ciri dari gagal hati bisa terlihat dari pemeriksaan serum albumin yang rendah dan memerlihatkan fungsi hati mulai hilang atau mengalami penurunan.

  1. Penyakit Kuning

Perubahan warna kulit dan juga bagian putih mata yang menguning terjadi karena akumulasi bilirubin dalam darah yang merupakan ciri ciri penyakit kuning. Dalam penyakit gagal hati, maka metabolisme bilirubin akan terganggu dan membuat bilirubin tersebut menumpuk dalam darah yang seharusnya keluar bersama dengan kotoran.

  1. Nyeri Perut Kanan Atas

Hati menempati sebagian besar dari rongga perut bagian kanan atas. Apabila terjadi nyeri di area tersebut, maka ini bisa dijadikan ciri dari gagal hati dan tidak boleh diabaikan karena sudah menjadi pertanda awal dari gagal hati yang harus segera diperiksakan ke dokter.

Itulah Ciri Ciri Gagal Hati yang dapat penulis ulas semoga dapat membantu memberikan informasi bagi pembaca dan bisa menangani gagal hati dengan benar dan tepat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gagal Hati