Sponsors Link

10 Cara Merawat Hati Berlemak Dengan Mudah

Sponsors Link

Beberapa Gejala Hati Berlemak dapat anda rasakan walaupun sejatinya penyakit perlemakan hati tidak memiliki ciri yang berarti, sehingga jarang disadari. Penumpukan lemak tidak menyebabkan rasa sakit, namun anda tetap harus waspada karena bisa saja penumpukan lemak mengindikasikan adanya masalah kesehatan lain. Untuk itu jika anda sudah merasakan beberapa gejala penyakit ini, ada baiknya anda lebih memperhatikan pola hidup anda agar lebih sehat dan terhindar dari penyakit hati berlemak. Namun jika anda sudah positif mengalami hati berlemak, ada beberapa Obat Tradisional Perlemakan Hati yang dapat anda konsumsi secara rutin. Selain itu anda juga dapat melakukan beberapa cara merawat hati berlemak agar fungsi hati tetap berjalan dengan maksimal walaupun masih tertutup lemak. Berikut 10 cara merawat hati berlemak dengan mudah:

ads
  1. Olahraga dengan rutin

Anda dapat berjalan sekitar 30 menit sehari dengan mengurangi penggunaan alat transportasi saat bekerja. Dengan begitu tubuh dapat bergerak aktif secara fisik sekaligus memperbaiki sirkulasi serta meningkatkan kemampuan tubuh dalam hal menyebarkan lemak ke seluruh tubuh. Atau dengan kata lain lemak tidak menumpuk di satu titik seperti di organ hati. Selain itu, tubuh juga seakan dipaksa untuk menggunakan karbohidrat menjadi energy bukan menjadi lemak.

  1. Menurunkan berat badan atau diet

Diet tidak hanya berperan dalam menurunkan berat badan untuk kepentingan kecantikan saja. Beberapa program diet yang dianjurkan untuk membantu pemulihan penyembuhan penyakit tertentu dan menjaga kondisi tubuh. Salah satunya adalah diet untuk menjaga hati yang berlemak. Penurunan berat badan dari proses diet yang alami dan benar diharapkan dapat menjaga organ hati tetap bekerja secara maksimal dan membantu memulihkan kerusakan akibat timbunan lemak. Menurunkan berat badan unutk kepentingan kesehatan tidak boleh dilakukan dengan cara yang berlebihan seperti deit ketat. Melainkan harus secara bertahap.

  1. Konsumsi buah

Buah menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga hati. Beberpa penyakit hati lainnya seperti hepatitis dapat diatasi dengan konsumsi buah dengan teratur. Beberapa Buah Yang Baik Untuk Penderita Hepatitis seperti delima dan jambu biji merah juga dapat anda konsumsi sebagai salah satu cara merawat hati berlemak.

  1. Konsumsi sayuran segar

Selain buah, bahan makanan lain yang dapat menjaga kesehatan hati berlemak adalah sayuran. Namun anda harus memastikan mengkonsumsi sayuran segar tanpa pestisida. Karena kandungan pestisida yang menempel pada permukaan sayur dapat menyebabkan konsisi hati anda bekerja lebih berat. Itu karena salah satu fungsi hati adalah untuk menyaring racun termasuk racun pestisida yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Anda bisa mendapatkan sayuran organic di beberpa super market atau beberapa penjual online di daerah anda. Memang hargnya relative lebih mahal namun itu sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun jika tidak, anda tetap dapat mengkonsumsi sayuran konvensional atau non organic dengan catatan dicuci bersih dahulu sebelum dimasak atau dikonsumsi.

  1. Berhenti mengkonsumsi alkohol

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa penyakit perlemakan hati secara umum dibedakan menjadi dua yaitu Perlemakan Hati Alkoholik dan perlemakan hati non alkoholik. Permekanan hati alkoholik disebabkan akibat terlalu banyak mengkonsumsi alkohol. Namun dengan berhenti mengkonsumsi alkohol perlemakan hati akan hilang dengan sendirinya. Karena itu jika anda ingin menjaga kesehatan hati salah satu caranya adalah berhenti atau mengurangi konsumsi alkohol.  Alkohol tidak hanya berdampak pada kesehatan hati saja namun beberapa organ lain juga dapat rusak akibat terlalu banyak mengkonsumsi alkohol seperti jantung dan sel.

Sponsors Link

  1. Batasi konsumsi gula dan karbohidrat

Makanan yang memiliki kandungan gula dan karbohidrat tinggi akan diolah di dalam tubuh menjadi insulin. Insulin merupakan salah satu hormone yang dapat menyimpan lemak. Dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat diharapkan produksi insulin tidak berlebihan dan hati berlemak tetap terjaga.

  1. Konsumai makanan berprotein tinggi

Beberapa makanan berprotein tinggi baik dikonsumsi untuk menjaga hati yang berlemak. Protein aman dikonsumsi karena tidak akan mempengaruhi prosuksi insulin dan gula darah anda. Dengan begitu kerja hati tidak semakin berat.

  1. Konsumsi vitamin E

Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa vitamin E dapat mengurangi produksi enzim hati yang dapat meningkatkan penyakit organ hati. Selain itu konsumsi makanan tinggi vitamin E atau suplemen vitamin E dipercaya mampu menyembuhkan jaringan perut pada hati.

  1. Konsumsi minyak ikan

Minyak ikan akan membantu mengurangi kerusakan pada sel hati. Minyak ikan dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul yang dapat dibeli dibeberapa apotek atau toko kesehatan lainnya.

  1. Konsultasi ke dokter secara rutin

Jika penyakit perlemakan hati anda sudah kronis atau parah maka anda harus seca rutin periksa ke dokter. Dengan begitu hati berlemak anda dapat dirawat sesuai anjuran dokter dan bahkan juga sekaligus disembuhkan.

, ,
Oleh :
Kategori : Perlemakan Hati