Sponsors Link

5 Cara Menyembuhkan Sirosis Hati Terampuh 100% Aman

Sponsors Link

Hati merupakan salah satu organ penting dan paling besar yang ada di dalam tubuh manusia. Diantara banyak penyakit pada organ hati, sirosis adalah salah satu yang cukup berbahaya. Kerusakan hati yang disebabkan oleh sirosis tidak dapat diperbaiki bahkan bisa menyebar luas sehingga menyebabkan hati tidak bisa berfungsi kembali.

ads

Pengertian Sirosis Hati

Sirosis hati adalah terbentuknya jaringan parut di hati yang disebabkan oleh kerusakan hati jangka panjang. Sirosis hati berkembang secara perlahan untuk menggantikan jaringan sehat dengan jaringan parut. Jaringan parut inilah yang dapat menyumbat aliran darah yang melewati hati sehingga beresiko mengganggu kinerja hati bahkan membuatnya berhenti bekerja.

Sirosis hati dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah :

  • akibat virus hepatitis B atau virus hepatitis C
  • akibat mengonsumsi alkohol terlalu berlebihan
  • dan kondisi lainnya yang dapat merusak jaringan hati.

Gejala Sirosis Hati

Ketika fungsi hati sudah mulai terganggu, pada umumnya akan muncul gejala fungsi hati terganggu seperti di bawah ini :

  • Nafsu makan terganggu bahkan kehilangan nafsu makan
  • Mudah lelah, kekurangan energi, dan mudah mengantuk
  • Pergelangan kaki dan perut mengalami pembengkakan
  • Kenaikan atau penurunan berat badan secara tiba-tiba
  • Sesak napas
  • Warna kulit dan mata menjadi kuning atau dikenal juga dengan istilah sakit kuning
  • Demam dan menggigil
  • Perubahan pada warna urine dan tinja
  • Mual dan muntah
  • Muntah darah
  • Gatal gatal di kulit

Cara Menyembuhkan Sirosis Hati

Benarkah sirosis hati dapat disembuhkan ? Pada dasarnya sirosis tidak dapat disembuhkan, hal ini karena hati sudah mencapai tingkat kerusakan yang parah dan sulit untuk diperbaiki lagi. Pengobatan sirosis sendiri lebih kepada memperlambat kerusakan yang sudah terjadi pada jaringan hati, mencegah atau mengobati gejala yang muncul, dan mencegah terjadinya komplikasi dari sirosis hati. Atau lebih tepatnya penanganan yang dilakukan ini adalah sebagai pencegahan sirosis hati agar kerusakan tersebut tidak menjadi lebih parah.

Sponsors Link

Berikut cara mengobati sirosis hati yang bisa anda lakukan :

  1. Pengobatan Hepatitis

Salah satu faktor penyebab terjadinya sirosis hati ialah hepatitis. Jadi anda dapat melakukan pengobatan terhadap hepatitis itu sendiri. Pengobatan yang biasa dilakukan untuk para penderita hepatitis ialah dengan mengonsumsi obat Pereda sakit yang dianjurkan oleh dokter atau mengonsumsi ramuan herbal.

Tanaman herbal sendiri cukup efektif dalam mengatasi masalah hepatitis, tanaman yang dapat dijadikan obat hepatitis diantaranya adalah daun pare, tomat, wortel, sirsak, buah mengkudu, temulawak, biji papaya, dan kunyit. cara-cara pengolahannya bisa anda dapatkan dimana saja. contohnya anda bisa mencarinya di internet dengan kata kunci cara mengolah temulawak untuk obat hepatitis

  1. Mengubah gaya hidup

Merubah gaya hidup sepertinya terlihat sangat sepele, namun hal ini juga dapat membantu proses penyembuhan sirosis hati menjadi lebih cepat, selain itu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat juga dapat mencegah sirosis hati sekaligus mencegah penyakit lainnya seperti menjadi alternatif obat gangguan fungsi hati. Hal-hal yang dapat anda lakukan adalah :

  • Tidak mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol hanya akan membuat sirosis hati anda menjadi lebih parah. Oleh karena itu anda harus menghindari dan tidak pernah mengonsumsinya lagi.

ads

  • Rajin Berolahraga

Olahraga adalah solusi yang efektif untuk mencegah dan membantu proses penyembuhan segala penyakit termasuk penyakit hati. Ketika jaringan hati mengalami kerusakan maka tubuh tidak akan mampu menyimpan glikogen (karbohidrat yang memberikan energy) sehingga mengakibatkan pelemahan otot. Berolahraga secara rutin akan menurunkan resiko pelemahan otot akibat sirosis hati.

  • Diet Sehat

Anda perlu melakukan diet sehat dan seimbang dengan cara menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan yang kayak akan banyak vitamin dan mengurangi konsumsi gula dan garam. Dengan begitu berat badan anda akan berkurang dan mengindari penumpukan lemak yang juga dapat merusak hati.

Anda juga harus mengetahui makanan yang bagus untuk hati dan makanan yang tidak boleh untuk dikonsumsi oleh penderita sirosis. Seperti mengetahui makanan untuk fatty liver agar dapat mengurangi lemak di hati.

  • Gaya Hidup Bersih

Gaya hidup bersih akan membuat anda terhindar dari segala jenis virus dan bakteri yang dapat memperburuk keadaan anda.

  1. Melakukan Transplantasi Hati

Transplantasi hati dilakukan apabila sirosis hati yang anda alami sudah sangat parah dan sudah diharuskan untuk melakukan transplantasi hati. Transplantasi hati sendiri ialah sebuah tindakan yang dilakukan untuk mengangkat hati dan menggantikannya dengan hati yang baru dan lebih sehat.

Tentu saja transplantasi hati ini tidak dapat dilakukan dengan sembarangan karena memiliki resiko donor hati, karena itu akan ada proses pencocokan hati terlebih dahulu. Apakah hati yang baru akan cocok dengan penderita atau tidak. Setelah melakukan proses transplantasi hati, anda akan di awasi secara ketat oleh dokter untuk melakukan tindakan lanjutan secara terjadwal.

  1. Pemberian Imunisasi

Jika sirosis hati yang anda derita disebabkan oleh hepatitis A atau B, maka dokter akan memberikan imunisasi untuk mencegah terjadinya infeksi hepatitis A atau B yang bisa menyebabkan penurunan fungsi hati.

  1. Mengobati Diabetes

Seseorang yang menderita sirosis hati sekaligus diabetes biasanya dianjurkan untuk mengobati diabetesnya lebih dulu. Hal ini dilakukan untuk mengindari diabetes berkembang semakin parah. Penderita juga diharuskan untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Jika diabetes semakin parah maka akan menimbulkan komplikasi penyakit lainnya.

Selain Cara Menyembuhkan Sirosis Hati di atas anda juga bisa menyembuhkan sirosis hati dengan obat herbal sirosis hati seperti teh hijau, gingseng, kunyit, milk thistle, dan temulawak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sirosis Hati