Sponsors Link

Cara Mengobati Liver Dengan Temulawak yang Paling Manjur

Sponsors Link

Temulawak merupakan rempah yang dicari orang. Pasalnya, tanaman peningkat stamina ini memiliki banyak manfaat termasuk teknik pengobatan tumor hati. Selain bisa digunakan pada minuman tertentu, temulawak juga bagus untuk obat. Bahkan tergolong obat herbal yang mantap. Asalkan cara mengobati liver dengan temulawak tidak salah.

ads

Temulawak memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan aromanya berbeda dari kunir dan kunyit. Warna kuning temulawak juga khas. Tidak sama dengan rempah lain yang memiliki warna kuning sebagai ciri khasnya.

Penjelasan Tentang Temulawak

Temulawak memiliki nama latin xanthorrhiza. Sebuah tanaman obat spesies temu-temuan. Obat herbal ini sudah digunakan ratusan tahun yang lalu sebagai cara pengobatan hepatoma. Bahkan di Indonesia, budaya jamu temulawak diwariskan tiap generasi ke generasi.

Selain itu, temulawak mudah ditemukan di Indonesia. Karena sebagian besar daerah di NKRI memiliki tanaman ini. Maka dari itu, nama temulawak berbeda-beda sesuai daerahnya. Di Sunda disebut Koneng Gede sedangkan di Madura disebut Temu Labek.

Kandungan Nutrisi Temulawak

Temulawak dianggap obat herbal karena mengandung senyawa yang menyehatkan. Berikut beberapa diantaranya, yaitu:

  1. Turmerol
  2. Xanthorizzol
  3. Kamfer
  4. Seskuiterpen
  5. Mycrene

Karena fitonutrien di atas, temulawak bisa menyembuhkan penyakit yang tidak bisa diatasi rempah lain, seperti sambiloto. Apalagi kandungan vitamin dan mineral temulawak lebih tinggi. Sehingga cara mengobati liver bengkak lebih maknyus.

Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan temulawak bukan rempah lain adalah penyakit liver. Sebuah gangguan kesehatan yang menyerang organ hati. Agar lebih jelas, berikut kami kupas manfaat temulawak untuk liver, yaitu:

Manfaat Temulawak untuk Liver

1. Menjaga Kesehatan Liver

Organ hati adalah unsur tubuh yang sangat penting. Jika hati terganggu tanpa cara mengobati perlemakan hati, metabolisme juga terganggu. Akibatnya, komplikasi mudah terjadi. Bahkan, jika yang menyerang adalah fatty liver, nyawa pasien bisa melayang.

Karena itulah, menjaga kesehatan hati dengan minum ramuan temulawak sangat dianjurkan. Tentunya, jika dilakukan secara teratur dan berkelanjutan sesuai cara mengobati liver dengan temulawak.

2. Membersihkan Liver

Liver atau organ hati adalah tempat berkumpulnya lemak dan detok. Jika ini tidak dibersihkan dengan cara mengobati fatty liver, kerja hati tidak akan maksimal. Nah, temulawak bisa dijadikan sarana untuk membersihkan hati. Karena salah satu nutrisinya bekerja sebagai detoksifikasi.

Tips ini harus dilakukan dengan rutin. Minimal dilakukan dua minggu sekali. Pasalnya, jika hati kadung dipenuhi racun detok, sirosis hati bisa terjadi. Tidak ada langkah lain, selain dilakukan transplantasi. Tentu Anda tidak mau ini terjadi.

Sponsors Link

3. Membantu Kinerja Liver

Liver atau hati harus dipastikan bekerja dengan baik. Maka dari itu, ramuan temulawak bisa dijadikan Andalan. Tentu cara ini lebih baik dibandingkan mengkonsumsi obat kimia. Khasiatnya memang cepat, tetapi efek sampingnya juga berbahaya.

Jika Anda penyuka makanan berlemak, organ hati bisa kolaps. Karena lemak akan menumpuk di sana. Maka dari itu, pastikan pola makan sehat dan rajin minum jamu temulawak sebagai cara menghilangkan fatty liver alami. Niscaya kerja organ hati kembali normal.

4. Mencegah Hepatitis A

Manfaat temulawak untuk organ hati selanjutnya adalah untuk pencegahan hepatitis A. Tentu, implikasi ramuan ini lebih aman dibanding obat berbahan kimia. Pasalnya, obat semacam ini memiliki efek samping ekstrem. Bahkan statusnya lebih kronis dibandingkan penyakit yang akan disembuhkan.

Hepatitis sendiri merupakan penyakit akibat organ hati terganggu. Ironinya, penyakit ini bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak. Atas dasar itulah, jadikan temulawak minuman harian. Minimal dua kali dalam satu minggu. Ini langkah tepat mencegah hepatitis.

Sponsors Link

5. Mengobati Hepatitis

Temulawak tidak hanya bisa mencegah penyakit hepatitis dan sebagai sarana pencegahan kolestasis. Tetapi, juga bisa melakukan pengobatan.

Yang paling populer tentu dibuat jamu. Namun, menjadi campuran madu dan air lemon, temulawak juga bagus dan padu. Silakan dikonsumsi, boleh diiringi dengan pengobatan medis.

Cara Mengobati Liver dengan Temulawak

Setelah menjelaskan tentang manfaat, berikut kami sertakan cara mengobati penyakit liver dan pencegahan kanker hati dengan temulawak. Sebuah tutorial yang menjamin, proses peracikan jamu tidak salah. Tipsnya cukup mudah. Anda bisa melakukannya di rumah, yaitu:

  1. Takar dua sendok teh bubuk temulawak
  2. Seduh dengan air satu gelas kecil
  3. Diamkan sampai kental
  4. Diminum sehari satu kali

Itulah penjelasan singkat tentang kandungan, manfaat dan cara mengobati liver dengan temulawak. Semoga bisa menambah pengetahuan tentang manfaat obat herbal pencegahan absen hati yang ada di sekitar Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan