Sponsors Link

9 Cara Mengobati Liver Bengkak Paling Manjur

Sponsors Link

Penyakit yang berbahaya selain kanker dan komplikasi adalah liver. Pasalnya, gangguan ini bisa merusak organ hati. Penyebabnya banyak, diantaranya alkohol dan infeksi virus. Jika dibiarkan tanpa obat tradisional hepatitis, dan cara mengobati liver bengkak lainnya,  liver akan menjalar hingga fungsi hati mati total. Ini yang disebut dengan istilah sirosis.

ads

Sejatinya, organ hati memang rawan rusak. Karena sistem kerjanya paling berat dibanding organ lain. Hal ini tidak sebanding dengan bentuk organ yang hanya sebesar bola. Walaupun begitu, perannya bagi tubuh sangat vital. Selain sebagai sarana pencerna, organ hati juga bersifat detoksifikasi. Bahkan, hati tergolong penyimpan energi yang stabil.

Cara Mengobati Liver Bengkak

Jika liver bengkak, organ hati berada dalam bahaya. Harus dilakukan tindakan medis secepatnya atau minum jus untuk fatty liver.  Atas dasar itulah, berikut kami rilis cara mengobati liver bengkak dengan berbagai jenis, yaitu:

Cara Mengobati Liver Bengkak yang Umum

1. Obat Medis

Pada umumnya, liver bengkak disebabkan dua hal yaitu konsumsi parasetamol berlebihan dan infeksi virus. Untuk pengobatan liver jenis pertama, biasanya dokter memberikan obat yang bisa mengurangi efek parasetamol.

Namun, untuk mengobati liver bengkak akibat virus dari makanan pembersih hati kadaluarsa, biasanya pasien mengkonsumsi obat medis anti virus. Apapun jenis obatnya, pemakaian tetap berada dalam pengawasan dokter.

2. Memodifikasi Gaya Hidup

Liver bengkak bisa disembuhkan dengan cara menghilangkan fatty liver yaitu mengubah pola hidup. Salah satunya adalah menghentikan kebiasaan minum minuman keras. Selain itu, program diet sehat juga harus dilakukan. Karena kelebihan berat badan juga penyebab masalah liver.

3. Transplantasi Hati

Untuk mengatasi liver bengkak dan cara memulihkan liver yang paling ekstrem adalah transplantasi hati. Teknik ini diterapkan, jika kondisi kerusakan organ tidak bisa diobati dengan pengobatan jenis apapun. Apalagi jika pembengkakan sudah menyebar ke organ tubuh lain.

Cara Mengobati Liver Bengkak Secara Alami

Liver bengkak tidak hanya bisa diobati secara medis. Teknik alami dan tradisional pun, masih bisa dilakukan. Dampaknya juga tidak kalah dengan obat liver yang mahal.

1. Pegagan

Pegagan merupakan tanaman yang bagus untuk bahaya gagal hati dan liver bengkak. Pasalnya, daun ini mengandung Zat samak, vallerine, magnesium, kalsium dan karotenoid yang ideal.

Pegagan bersifat hepatoprotektor. Artinya tanaman ini bisa bekerja sebagai anti peradangan dan pembengkakan (inflames). Maka dari itu, sangat cocok dijadikan obat liver bengkak.

Sponsors Link

2. Kunyit

Liver bengkak disebabkan oleh banyak faktor. Namun, semua  penyebab tersebut akan hilang jika anda menggunakan kunyit sebagai obat herbal. Pasalnya, rempah ini mengandung tiga senyawa yang bersifat anti inflamasi. Yaitu, Vitamin C, minyak atsiri dan kurkuminoid.

Kandungan-kandungan di atas sudah diuji di laboratorium dan terbukti mampu mengatasi peradangan. Maka dari itu, kunyit tergolong obat tradisional rujukan.

3. Sambiloto

Sambiloto merupakan obat gejala fatty liver dan liver bengkak yang juga hebat. Pasalnya, tanaman ini mengandung zat andrographolid yang terdapat pada daunnya. Memang ramuan ini rasanya pahit. Namun khasiatnya untuk pembengkakan sangat tokcer.

Selain untuk bengkak, sambiloto juga manjur untuk mengobati infeksi dan meningkatkan stamina tubuh. Dengannya anda tidak mudah sakit dan lelah.

4. Temulawak

Cara mengobati liver bengkak penyebab gagal hati paling akut selanjutnya adalah mengkonsumsi ramuan temulawak. Dijamin, senyawa kurkuminoid yang dikandung bisa mengatasi peradangan.

Selain itu, sifat hepatotoksik temulawak bisa melindungi organ hati dari sirosis. Karena dengannya virus yang menyerang mendapat perlawanan yang ekstra.

Sponsors Link

5. Indian Gooseberry

Tahukah anda apa itu indian Gooseberry? Buah ini ternyata bagus untuk mengatasi liver bengkak. Bahkan, segala jenis liver dan kolestasis bisa disembuhkannya.

Alasannya adalah buah ini mengandung antioksidan yang akan meningkatkan imunitas sekitar liver. Sedangkan mineral dan vitamin C akan memperbaiki sel hati yang terganggu. Artinya dengan kombinasi unsur di atas, toksin yang ada pada organ akan dibuang secara alami. Sehingga hati lebih bersih, bebas dari racun penyebab bengkak.

6. Jeruk

Liver bengkak bisa diatasi dengan buah. Salah satunya adalah buah anti radang yaitu jeruk. Cara penggunaannya juga simpel. Anda tinggal makan jeruk setiap pagi. Bisa juga dengan dibuat jus.

Ada banyak manfaat jeruk. Selain antioksidannya bagus untuk membuang detok hati, vitamin C juga mampu meningkatkan daya tahan.

Itulah beberapa teknik cara mengobati liver bengkak sebelum komplikasi gagal hati. Silakan pilih tips terbaik yang minim efek samping. Pastikan semua pilihan, anda terapkan secara rutin. Yang paling penting lagi, harus seijin dokter untuk menghindari gangguan lebih parah.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan