Sponsors Link

7 Cara Mengobati Gagal Hati Agar Segera Sembuh

Sponsors Link

Gagal hati merupakan penyakit yang diakibatkan oleh rusaknya seluruh fungsi hati. Jika kerusakan organ vital ini tidak segera diobati dengan cara mengeluarkan batu empedu tanpa operasi yang baik, nyawa pasien bisa melayang.

ads

Atas dasar itulah, segera lakukan diagnosis mendetil lalu lanjutkan dengan menerapkan cara mengobati gagal hati jika gejala penyakit ini sudah mulai menyerang. Jenis-jenis gagal hati ada tiga yaitu penyakit gagal hati akut, penyakit gagal hati sub akut dan gangguan gagal hati kronis.

Gagal hati akut atau gagal hati dasar terjadi selama 8 jam pasca terjadinya gangguan. Sedangkan gagal hati sub akut terjadi, jika gangguan sudah melewati usia 26 minggu.

Gagal hati yang paling berbahaya adalah gagal hati kronis. Yang mana rembetan gangguan ini sangat lambat. Biasanya organ hati mengalami kerusakan jika gangguan tidak segera diatasi dengan makan makanan pembersih hati dan sudah melewati masa satu tahun pasca derita. Nah berikut adalah Cara Mengobati Gagal Hati hingga tuntas:

1. Dirujuk Ke Rumah Sakit

Pengobatan gagal hati dan pencegahan hepatitis A yang pertama adalah segera dirujuk ke rumah sakit. Di sana, akan dilakukan tindakan menyeluruh untuk menentukan stadium dari penyakit tersebut. Selain itu, tindakan ini juga mencegah terjadinya komplikasi penyakit.

2. Diberikan Obat-obatan

Teknik pengobatan gagal hati yang kedua adalah diberikan obat-obatan tertentu.  Biasanya teknik ini dilakukan pada gagal hati jenis akut. Namun, ada juga kasus gagal hati sub akut yang diakibatkan oleh keracunan, infeksi virus, dan overdosis paracetamol yang juga diberikan obat eksklusif.

Tujuan dari pengobatan dengan cara memulihkan liver ini adalah menghilangkan penyebab penyakit gagal hati seperti racun, infeksi dan yang lainnya. Selain itu, diharapkan dengan obat, gejala kerusakan hati bisa diminimalkan.

Akan tetapi, jika ternyata teknik ini tidak berhasil, besar kemungkinan penyakit sudah parah sehingga perlu dilakukan tindakan pengobatan yang lebih kuat.

3. Dilakukan Transplantasi Hati

Untuk kasus gagal hati kronis, diagnosis hati harus dilakukan dengan tepat. Tujuannya adalah supaya bisa di cek organ hati bagian apa yang masih bisa berfungsi dengan baik. Akan tetapi, jika ternyata gagal hati sudah terlewat kronis, maka transplantasi adalah langkah yang harus dilakukan. Langkah pengobatan dengan cara mengangkat organ dan menggantinya dengan organ hati yang lebih sehat.

Sedangkan teknik dari cara mendeteksi kanker hati disesuaikan dengan kondisi terkini organ hati. Jika yang rusak hanya sebagiannya saja, berarti yang perlu di transplantasi hanya sebagian tidak keseluruhan organ.

Sponsors Link

4. Pengobatan Melalui Penyebab Penyakit

Jika gagal hati bisa dicegah dengan cara menyembuhkan gejala penyakit yang muncul di awal baik dengan diberikan ramuan tradisonal untuk fatty liver, tentu kerusakan hati tidak akan sampai terjadi. Contoh, jika gagal hati dimungkinkan karena anda diserang hepatitis, maka sebelum organ hati rusak, infeksi hepatitis harus anda sembuhkan terlebih dahulu.

Begitu juga dengan kasus gagal hati akibat alkohol, jika anda berhenti minum alkohol, tentu organ hati anda akan segera sehat karena gangguan zat berbahayanya sudah hilang.

5. Dilakukan Diagnosis Mendalam

Pengobatan gagal hati yang selanjutnya adalah dilakukan diagnosis yang tepat. Biasanya pemeriksaan ini menggunakan teknologi medis canggih seperti SGOT dan SGPT yang dilakukan pada darah. Sedangkan untuk menentukan apakah organ hati diserang iritasi atau tumor, maka diperlukan alat diagnosis lain yang disebut  USG, CT scan, atau MRI hati.

Jika penderita gagal hati juga disertai dengan hambatan pada sirkulasi darah yang membuat pasien mengalami muntah darah, diagnosis tingkat lanjut perlu dilakukan. Biasanya untuk kasus ini, diagnosis endoskopi disarankan oleh dokter selain diberikan buah yang baik untuk penderita liver. Diagnosis untuk mengecek apakah di dalam arteri terdapat varises atau tidak.

Sponsors Link

6. Berpola Hidup Sehat

Cara mengobati gagal hati dan cara mencegah hemokromatosis yang juga cukup baik adalah senantiasa menjaga tubuh tetap sehat. Berikut beberapa cara hidup sehat yang bisa dilakukan yaitu:

  • Menerapkan pola makan dan hidup sehat.
  • Menggunakan parasetamol sesuai dengan dosis yang dianjurkan.
  • Mengurangi mengonsumsi alkohol.
  • Tidak berbagi perlengkapan mandi dengan orang lain
  • Menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan sebelum makan
  • Mendapatkan vaksin hepatitis atau immunoglobulin
  • Tidak berbagi-pakai alat suntik, untuk menghindari penularan hepatitis

7. Diberikan Obat Herbal

Cara mengobati gagal hati dan cara membersihkan hati yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi obat herbal temulawak. Temulawak mengandung curcumin yang bagus untuk mengatasi peradangan hati. Selain itu, senyawa ini juga bekerja sebagai anti hepatotoksik yang bermanfaat sebagai filter pada racun detox penyebab organ hati membengkak. Maka dari itu, temulawak tidak hanya bagus untuk menyembuhkan gagal hati tetapi juga baik untuk mengatasi maag serta meningkatkan selera makan.

Itulah beberapa cara mengobati gagal hati dan cara menghilangkan penyebab kanker hati pada anak yang bisa anda coba. Dengan pengobatan ini, gejala akan segera terdeteksi sehingga tindakan pengobatan bisa dilakukan dengan cepat.

, , ,




Oleh :
Kategori : Gagal Hati