Sponsors Link

7 Cara Menghindari Penyakit Hepatitis dengan Mudah

Sponsors Link

Hepatitis adalah satu dari sekian banyak penyakit yang paling sering dialami penduduk indonesia dan beberapa jenis penyakit hepatitis yang paling sering terjadi di Indonesia adalah hepatitis A dan juga hepatitis E. Setiap jenis hepatitis mempunyai cara penularan yang berbeda beda akan tetapi tetap disebabkan karena infeksi dari virus. Penularan hepatitis A dan E terjadi lewat makanan, minuman dan juga gaya hidup yang tidak bersih, sedangkan hepatitis B dan C bisa ditularkan lewat kontak fisik serta cairan tubuh. Cara menghindari penyakit hepatitis menjadi cara terbaik pencegahan penyakit berbahaya ini dan beberapa diantaranya akan kami ulas sebagai berikut.

ads
  1. Vaksinasi

Cara menghindari penyakit hepatitis pertama adalah dengan melakukan vaksinasi hepatitis A dan juga B yang sangat efektif dalam mencegah penyakit ini sekaligus menjaga fungsi organ hati. Vaksin hepatitis sendiri bisa dilakukan secara bersamaan dan juga dalam vaksin yang berbeda beda. Akan tetapi, untuk hepatitis C masih belum bisa dicegah sebab belum tersedia vaksin yang tepat.

  • Vaksin hepatitis A [Havrix dan Vata] diberikan 2 kali dengan jeda waktu selama 6 bulan.
  • Vaksin hepatitis B [Recombivax HB, Engerix B dan Comvax] yang merupakan vaksin untuk menonaktifkan virus diberikan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam kurun waktu 6 bulan.
  • Vaksin kombinasi hepatitis A dan B [Twirinx] yakni vaksin yang terdiri dari 3 bagian. Untuk anak diberikan saat berumur 12 hingga 23 bulan yang sangat baik untuk mencegah gejala penyakit hepatitis A.
  1. Mencuci Tangan

Kebiasaan baik yakni mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sesudah menggunakan kamar mandi dan juga sebelum serta sesudah mengolah makanan sehat untuk penderita liver tidak boleh diabaikan sebab juga menjadi cara menghindari penyakit hepatitis terbaik khususnya untuk jenis hepatitis A dan hepatitis E sebab kedua jenis hepatitis tersebut dapat menular lewat feses kedalam makanan dan minuman yang di konsumsi.

  1. Tidak Berbagi Jarum Suntik

Cara mencegah hepatitis B bisa dilakukan dengan tidak saling berbagi alat suntik khususnya dengan penderita hepatitis. Peralatan medis seperti jarum yang tidak steril akan menjadi sumber dari virus hepatitis khususnya pada jarum yang sudah digunakan oleh penderita hepatitis. Selain itu, hindari juga berbagi jarum suntik pada saat mentato atau memakai obat obatan terlarang yang menjadi cara menularnya penyakit hepatitis dalam waktu cepat.

  1. Tidak Menggunakan Barang Bersama

Cara menghindari penyakit hepatitis berikutnya adalah menghindari berbagi atau bergantian menggunakan beberapa barang yang langsung berhubungan dengan tubuh seperti sikat gigi, gunting kuku, pisau cukur dan berbagai alat pribadi lainnya.

  1. Jaga Kebersihan Makanan dan Minuman

Kebiasan baik yakni mencuci tangan belumlah cukup untuk menghindari penyakit hepatitis, namun kebersihan dan tingkat kematangan masakan juga harus diperhatikan dengan baik untuk menghindari ciri ciri penyakit hepatitis. Pastikan anda memasak semua makanan sendiri dibandingkan makan di restoran, sebab anda bisa menjaga kebersihan dan tingkat kematangan yang akan dikonsumsi seluruh anggota keluara anda. Pastikan semua makanan sudah benar benar matang untuk membunuh segala virus yang mungkin masih hidup dalam makanan tersebut.

Sponsors Link

  1. Tidak Melakukan Seks Bebas

Selain kontak darah langsung dan kontaminasi makanan serta minuman. Pencegahan hepatitis juga harus dilakukan dengan cara menghindari seks bebas serta berganti ganti pasangan. Gunakan juga alat pengaman saat ingin berhubungan seks untuk meminimalisir tertularnya virus hepatitis dan mencegah munculnya tanda tanda kerusakan hati yang disebabkan hepatitis.

  1. Lakukan Skrining

Untuk para wanita yang sedang dalam masa kehamilan diharapkan melakukan skrining pada masa awal kehamilan dan juga sesudah masuk ke trimester 3 kehamilan yang merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah hepatitis pada ibu dan juga pada janin yang berada dalam kandungan.

Beberapa cara menghindari penyakit hepatitis yang merupakan penyakit pada organ hati adalah langkah terbaik dalam pencegahan sebelum anda terlanjur menderita hepatitis yang bisa sangat berbahaya dan bahkan membuat organ hati berhenti berfungsi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan