Sponsors Link

7 Cara Mengeluarkan Batu Empedu Tanpa Operasi Secara Herbal

Sponsors Link

Batu empedu merupakan endapan dengan tekstur keras yang terbentuk pada kantong empedu yang merupakan jenis penyakit pada organ hati. Batu empedu terdiri dari 2 jenis yakni batu empedu kolesterol karena kadar kolesterol terlalu berlebih dan juga batu empedu pigmen yang terjadi karena kadar bilirubin berlebih. Batu empedu akan menimbulkan rasa sakit yang kuat serta intens di bagian kanan atas perut. Rasa sakit ini nantinya bisa menyebar ke area punggung dan tulang belikat jika tidak segera diatas.

ads

Gejala batu empedu ini diantaranya adalah mual, feses yang berwarna terang atau abu abu, muntah dan juga diare. Untuk mengatasi batu empedu tersebut memang bisa diatasi dengan melakukan operasi, akan tetapi masih ada cara mengeluarkan batu empedu tanpa operasi yang bisa anda lakukan yang akan secara lengkap kami ulas dalam artikel kali ini.

  1. Pembersihan Kantung Empedu

Ada beberapa alasan kenapa batu empedu bisa terbentuk yakni hati memproduksi empedu lebih banyak dibandingkan dengan yang dapat larut dan tubuh memiliki kadar bilirubin berlebihan sehingga mengganggu fungsi hati sebagai alat ekskresi. Cara mengeluarkan batu empedu tanpa operasi yang sering dilakukan banyak orang adalah dengan pembersihan kantong empedu sehingga batu empedu bisa dipecah dan dikeluarkan.

  • Cara pembersihan ini bisa dilakukan dengan mengkombinasikan minyak zaitun, jus dan juga herbal yang dilakukan dua hari atau lebih. Selama waktu tersebut, maka penderita tidak boleh mengkonsumsi apapun kecuali campuran minyak.
  1. Kopi

Dari sebuah penelitian mengungkapkan jika minum satu cangkir kopi sehari bisa mengatasi masalah pada kantung empedu yakni sebagai obat herbal batu empedu. Dalam penelitian tersebut seorang pria yang minum 2 cangkir kopi per hari menurunkan risiko batu empedu 40% dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi. Ini bisa terjadi karena kafein menstimulasi kontraksi kantung empedu sehingga cara mengeluarkan batu empedu tanpa operasi bisa dilakukan lebih mudah. Hal yang perlu anda lakukan adalah minum 2 cangkir kopi setiap hari secara teratur.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga menjadi obat yang tepat untuk mengeluarkan batu empedu karena kandungan asam lemak esensial sangat mudah dicerna oleh organ hati. Pengobatan alternatif batu empedu ini akan mengakumulasi lemak tidak sehat, garam empedu dan juga kolesterol dalam kantung empedu tidak akan mengendap namun segera dikeluarkan dari dalam tubuh.

  • Panaskan 3 sendok makan minyak kelapa lalu tambahkan dengan 1/4 gelas jus apel, sari 1/2 buah lemon, 1 siung bawang putih dan sepotong jahe.
  • Aduk rata semua bahan lalu minum setiap hari selama beberapa minggu.
  1. Jus Cranberry

Jus cranberry juga menjadi cara mengeluarkan batu empedu tanpa operasi yang bisa anda coba di rumah. Serat makanan dalam jus cranberry ini akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga pembentukan batu empedu bisa dihentikan. Selain itu, jus cranberry juga akan melancarkan cairan empedu mengalir lewat sistem untuk mencegah pembentukan batu empedu. Cara penggunaannya cukup mudah yakni minum jus cranberry setiap hari.

Sponsors Link

  1. Jus Lemon

Lemon tidak hanya menjadi buah yang sangat bagus untuk kulit dan rambut, namun juga efektif untuk mengeluarkan batu empedu dan juga mengatasi tanda tanda kerusakan hati. Kandungan vitamin C tinggi dalam lemon akan melarutkan batu empedu sehingga akan lebih mudah dikeluarkan.

  • Tambahkan 1 sendok teh perasan lemon ke dalam segelas air hangat.
  • Minum air lemon ini setiap hari khususnya pagi hari saat perut masih kosong.
  • Minum air ini sebanyak 4 gelas per hari secara teratur.
  1. Kunyit

Dalam kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan tinggi yang akan mempercepat batu empedu larut sekaligus menghambat batu empedu terbentuk kembali dalam kantung empedu. Campur 1/2 sendok teh kunyit dengan 1/2 sendok teh madu dan minum setiap hari secara teratur.

Sponsors Link

  1. Jus Apel dan Garam Epsom

Jus apel merupakan bahan alami pembersih fungsi organ hati serta empedu yang hebat. Sedangkan tambahan lemon pada minuman ini akan mempercepat keluarnya batu empedu.

  • Untuk 5 hari pertama, silahkan minum 4 gelas jus apel murni setiap hari.
  • Pada hari ke-6, jangan makan apapun juga sesudah jam 6 sore namun minum segelas air hangat yang sudah dicampur dengan 1 sendok makan garam epsom.
  • Sesudah 2 jam, lanjutkan dengan minum campuran 1/2 cangkir minyak zaitun dengan 1/2 cangkir air lemon.
  • Lakukan cara ini dengan teratur setiap 6 bulan sekali.

Beberapa cara mengeluarkan batu empedu tanpa operasi ini sangat baik dilakukan untuk batu empedu ringan dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Akan tetapi jika batu empedu sudah disertai rasa nyeri hebat dan tidak hilang dengan beberapa cara yang sudah kami sebutkan diatas, maka segera periksakan diri anda ke dokter.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal