Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Sakit Batu Empedu Paling Mudah

Sponsors Link

Nyeri pada kantung empedu seringkali dikaitkan dengan gejala batu empedu atau penyakit kantung empedu lain. Sakit yang ditimbulkan bisa saja ringan namun juga bisa parah sehingga membuat penderita sangat terganggu. Apabila sakitnya ringan sampai sedang, maka ini masih bisa diringankan dengan cara yang mudah dan bisa dilakukan di rumah. Namun jika sakit berlanjut dan semakin parah, maka satu satunya jalan yang bisa dilakukan adalah dengan mengobati penyebab yang mendasari batu empedu tersebut. Cara mengatasi sakit batu empedu dalam tahap ringan bisa dilakukan dengan pengobatan rumahan seperti yang akan kami berikan daalam artikel kali ini.

ads
  1. Pakai Lapik Pemanas

Lapik pemanas atau heat pad bisa digunakan sebagai cara mengatasi sakit batu empedu. Dalam keadaan darurat, anda juga bisa memakai botol air panas atau kompres air panas pada area perut tepat di bagian kantung empedu. Panas yang dihasilkan tersebut nantinya akan meredakan rasa nyeri secara perlahan yang bisa juga digunakan sebagai cara alami mengobati liver.

  • Letakkan lapik pemanas tersebut selama 20 hingga 30 menit lalu letakkan juga selembar kain pelapis antara lapik emanas dan kulit untuk mencegah kulit terbakar.
  • Jika anda tidak memiliki lapik pemanas ini, maka bisa berendam dengan air panas.
  1. Minum Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri yang dijual di toko obat seperti asetaminofen bisa membantu untuk cara mengatasi sakit batu empedu. Namun hindari beberapa obat anti inflamasi non steroid [NSAID] kecuali jika memang direkomendasikan oleh dokter. Obat pereda nyeri bisa bisa anda dapatkan di toko obat atau apotek namun berhati hati saat memilih sebab bisa saja menyebabkan rasa sakit yang anda rasakan semakin parah serta batasi penggunaannya.

  1. Minum Jus Sayur

Mencampur beberapa jenis sayuran seperti wortel, bit dan mentimun yang dibuat menjadi jus dan diminum 2 kali sehari selama 2 minggu juga menjadi cara mengatasi sakit batu empedu yang bisa anda lakukan dirumah sekaligus sebagai obat herbal sirosis hati. Ketiga jenis sayuran ini sangat baik untuk mengeluarkan racun dari tubuh sekaligus meringankan rasa sakit yang ditimbulkan batu empedu dalam waktu beberapa minggu.

  1. Minum Jus Lemon

Pektin yang terkandung dalam lemon dipercaya sangat baik untuk menghilangkan rasa nyeri yang ditimbulkan batu empedu karena penyumbatan dan juga sangat baik untuk cara menghilangkan penumpukan lemak di hati. Cara mengkonsumsi lemon juga terbilang mudah, yakni dengan mengambil sari dari 4 buah lemon dan diminum pada saat perut masih kosong sekitar 8 hingga 12 sendok makan. Lakukan cara ini setiap hari selama seminggu yang dilanjutkan dengan minum segelas air putih.

  1. Kunyit dan Madu

Kurkumin yang terdapat dalam kunyit akan membuat cairan empedu dalam kantung empedu lebih mudah larut, sementara madu mempunyai sifat antiseptik yang bisa mencegah infeksi dan menghilangkan rasa sakit karena batu empedu serta bisa mengurangi gejala hati berlemak.

  • Campur 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh kunyit yang diminum 1 kali sehari.
  • Cara lain yang lebih mudah adalah mengkonsumsi suplemen kurkumin 300 miligram setiap hari.
Sponsors Link

  1. Minum Banyak Air Putih

Air putih tidak hanya baik sebagai diet fatty liver namun juga sangat baik untuk menjaga cairan empedu dalam kantung empedu, mempermudah tubuh untuk memecah lemak yang bisa memperburuk batu empedu dan juga sebagai cara mengatasi sakit batu empedu alami. Minum setidaknya 6 hingga 8 gelas air putih setiap hari secara teratur.

  1. Mengurangi Asupan Lemak dan Gula

Baik lemak ataupun gula bisa menyebabkan sakit batu empedu semakin terasa serta menyebabkan tanda tanda kerusakan hati. Lemak yang harus dihindari adalah lemak tidak alami seperti minyak terhidrogenasi, kedelai dan kanola. Asupan lemak per hari hanya boleh sebanyak 25 persen dari kalori harian dan diet kolesterol seharusnya tidak lebih dari 300 mg per hari.

Cara mengatasi sakit batu empedu sebenarnya bisa dilakukan dengan menghindari berbagai makanan berlemak dan mengandung gula serta lebih banyak mengkonsumsi berbagai makanan alami yang bisa mengurangi rasa sakit akibat batu empedu. Hindari juga kebiasaan buruk yang sering dilakukan seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol yang juga menjadi penyebab dari timbul rasa sakit karena batu empedu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Batu Empedu