Sponsors Link

5 Cara Mencegah Penularan Penyakit Hepatitis Paling Tepat

Sponsors Link

Penularan yang terjadi oleh pengidap jenis penyakit hepatitis dapat melalui media yang biasa digunakan sehari-hari, seperti benda atau peralatan pribadi. Selain itu penularan juga bisa terjadi secara langsung, baik melalui jabatan tangan atau ketika berhubungan intim. Oleh karena itu, penting untuk Anda ketahui cara mencegah penularan penyakit hepatitis yang akan dijelaskan sebagai berikut:

ads

1. Cuci Tangan Sebelum Makan

Mencuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun, dapat membantu menyingkirkan virus yang menempel di tangan, setelah banyak melakukan aktivitas yang membutuhkan sentuhan. Sehingga kegiatan ini dapat mencegah infeksi atau virus yang masuk saat menyantap makanan atau ketika menyiapkan bahan masakan.

Perhatikan pula kondisi air cucian piring atau peralatan makan, agar tetap higienis saat digunakan.

Perlu Anda ketahui, dengan adanya proses virus yang masuk ke dalam tubuh dari makanan yang dikonsumsi, ternyata juga bisa menyebabkan proses terjadinya gejala infeksi hati selain penularan hepatitis.

2. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Seseorang yang sering atau bahkan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang terlalu banyak, lama-kelamaan akan dapat mengalami tanda-tanda kerusakan hati. Berkembangnya jaringan parut dan mematikan sel-sel hati dapat menimbulkan penyakit hepatitis.

Pada umumnya ketagihan meminum minuman beralkohol juga membuat seseorang mengalami kecanduan dan sulit berhenti, akibatnya bisa mengalami perlemakan hati alkoholik, karena terjadi proses penimbunan lemak di bagian hati secara berkelanjutan.

3. Lakukan Vaksin

Vaksin hepatitis penting untuk dilakukan, terutama bagi yang memiliki riwayat keluarga yang pernah terjangkit hepatitis. Umumnya vaksin hepatitis diberikan saat usia dewasa menginjak 19 tahun. Vaksinasi yang biasa diberikan di Indonesia oleh orang dewasa terdiri dari hepatitis A, hepatitis B dan tifoid. Hal ini berguna sebagai pencegahan hepatitis pertama. Tentunya pemberian vaksinasi ini merujuk pada dokter ahli terkait, agar mendapatkan penanganan yang lebih efektif.

4. Tidak Menggunakan Peralatan Mandi secara Bergantian

Penggunaan peralatan mandi seperti handuk, sikat gigi, alat cukur dan sabun mandi secara bergantian dapat memberi kesempatan terjadinya penularan, terutama peralatan mandi dari benda tajam. Jika terkena darah dari penderita hepatitis, sebaiknya segera dibersihkan setelah digunakan, sebelum ditaruh di tempatnya kembali. Namun, apabila terlanjur digunakan dengan orang lain, sebaiknya segera mengganti dengan peralatan mandi yang baru sebagai cara mencegah penularan penyakit hepatitis lainnya.

Sponsors Link

5. Menggunakan Alat Pengaman saat Berhubungan Seksual

Bagi penderita yang mengalami penyakit hepatitis atau mempunyai riwayat keluarga yang pernah terjangkit hepatitis, sebaiknya menggunakan alat pengaman saat berhubungan seksual seperti alat kontrasepsi, untuk mencegah penularan yang terjadi secara langsung, baik melalui cairan ataupun sentuhan. Jika tidak ingin melewati masa inkubasi penyakit hepatitis, karena dianggap positif mengalami perkembangan infeksi atau virus hepatitis dan beresiko menularkannya kepada orang lain.

Demikianlah Cara Mencegah Penularan Penyakit Hepatitis yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya kesadaran pribadi dan mengubah kebiasaan untuk selalu menjaga kesehatan. Sehingga tidak berdampak pada orang-orang sekitar yang disayangi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hepatitis