Sponsors Link

9 Bahaya Hepatitis A Paling Mengerikan

Sponsors Link

Hepatitis A yang merupakan salah satu jenis penyakit hepatitis ini bisa terjadi karena virus hepatitis tipe A yang menyerang sel sel hati pada manusia. Virus hepatitis A ini bisa menyebar dengan sangat mudah lewat makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan tinja pengidap hepatitis A. Penyakit hepatitis A ini tidak boleh dianggap remeh sebab bahaya dari hepatitis A bisa berkembang menjadi penyakit hati lainnya yang jauh lebih berbahaya dan mematikan. Berikut ini, kami akan berikan kompliasi dan juga bahaya hepatitis A yang harus anda waspadai.

ads
  1. Gagal Hati

Hepatitis A akan meningkatkan risiko gagal hati pada seseorang sebab fungsi organ hati akan menurun secara drastis akibat virus hepatitis A tersebut. Apabila gagal hati terjadi, maka bisa menyebabkan fungsi hati jadi tidak bekerja seperti seharusnya dimana gagal hati juga dikenal dengan sebutan komplikasi penyakit hepatitis A.

  1. Meningkatkan Risiko Infeksi

Bahaya hepatitis A yang selanjutnya adalah meningkatkan risiko tubuh terkena infeksi dimana gejala penyakit hepatitis A akan terjadi secara berulang. Seseorang yang sudah pernah menderita hepatitis A tidak menutup kemungkinan akan terserang penyakit yang serupa di masa mendatang sebab infeksi akan lebih mudah kambuh yang bisa terjadi lebih dari 1 kali.

  1. Fibrosis

Salah satu bahaya selanjutnya dari hepatitis A kronis adalah fibrosis yakni kondisi yang disebabkan olrh jaringan parut pada organ hati. Saat fibrosis terjadi, maka organ hati akan rusak karena peradangan yang konstan dan menimbulkan jaringan parut yang merupakan salah satu penyakit pada organ hati. Jaringan parut inilah yang nantinya akan membuat organ hati tidak berfungsi dan jika fibrosis semakin berkembang, maka akan berubah menjadi sirosis yang jauh lebih berbahaya.

  1. Sirosis Hati

Sirosis hati juga merupakan bahaya hepatitis A selanjutnya yang terjadi pada saat fibrosis semakin menyebar luas. Jaringan parut yang berhubungan dengan sirosis ini seringkali tidak dapat disembuhkan dan dalam kasus parah yang tidak disertai dengan pengobatan maka bisa menyebabkan penderita harus menjalani transplantasi hati.

  1. Kanker Hati

Gejala awal kanker hati merupakan komplikasi dari sirosis yang juga disebabkan karena hepatitis A. Kanker hati ini bisa berkembang dalam 1 atau 2 jenis yakni karsinoma hepatoseluler dan juga karsinoma kolangiolar. Karsinoma hepatoseluler akan berpengaruh pada sel hati, sedangkan untuk karsinoma kolangiolar bisa mempengaruhi saluran empedu.

  1. Gagal Hati

Bahaya hepatitis A berikutnya adalah kegagalan hati meskipun kasusnya jarang terjadi. Dalam istilah kedokteran, gagal hati ini sangat bervariasi seperti gagal hati fuminan atau gagal hati akut. Jika fungsi organ hati sebagai alat ekskresi mengalami gangguan bahkan tidak berfungsi lagi maka bisa menyebabkan kematian karena fungsi organ lain di dalam tubuh juga akan terganggu lalu ikut berhenti berfungsi.

Sponsors Link

  1. Glomerulonefritis

Glomerulonefritis merupakan kelainan ginjal yang bisa terjadi karena peradangan dan paling sering dihubungkan dengan respon imun. Glomerulonefritis lebih sering terjadi pada orang yang terinfeksi hepatitis A, akibat penyakit hepatitis B dan juga hepatitis C kronis. Tanpa diikuti dengan perawatan yang tepat maka organ ginjal akan rusak dan berhenti berfungsi.

  1. Ensefalopati Hepatik

Ensefalopati Hepatik merupakan hilangnya fungsi hati dalam tahap parah seperti gagal hati sehingga bisa membuat peradangan pada otak yang dikenal dengan ensefalopati. Apabila ini terjadi, maka bisa mengakibatkan masalah mental seperti kebingungan dan bahkan bisa menyebabkan penderita koma. Ensefalopati Hepatik merupakan lanjutan dari kondisi serius hepatitis yang bisa berakibat fatal.

  1. Portal Hipertensi

Salah satu tugas penting dari organ hati adalah menyaring darah. Akan tetapi, beberapa penyakit hati seperti sirosis bisa mengganggu sirkulasi portal hati. Jika sistem portal tersebut diblokir, maka darah tidak akan dapat kembali ke organ hati dari sistem pencernaan dan tekanan akan terus meningkat yang dinamakan portal hipertensi dan bisa berakibat fatal.

Itulah beberapa Bahaya Hepatitis A  yang dapat penulis ulas semoga kita semua bisa mencegah hepatitis dan terhindar dari bahaya yang di timbulkannya, semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hepatitis