Sponsors Link

9 Cara Mencegah Gagal Hati yang Paling Manjur

Sponsors Link

Gagal hati merupakan penyakit berbahaya yang tidak bisa disembuhkan dengan obat tradisional abses hati. Bahkan, bila tidak segera diobati, nyawa bisa terancam. Walaupun begitu, teknik pencegahan masih lebih baik. Karena bisa jadi, dengan pengobatan, bukan kesembuhan yang didapat, tetapi organ hati justru semakin rusak. Atas dasar itulah, di artikel berikut ini, akan dijelaskan tentang cara mencegah gagal hati yang manjur.

ads

Cara Mencegah Gagal Hati

Cara mencegah gagal hati harus dilakukan semaksimal mungkin. Minimal menggunakan sistem hidup dengan sehat . Jika gangguan kadung menyerang namun masih ringan, pengobatan dengan rawat jalan juga bisa dilakukan. Namun, saran kami, pakai saja obat herbal yang berbahan tanaman. Karena produk semacam ini tidak memiliki efek samping.

Nah berikut ini beberapa tips mencegah gagal hati baik menurut medis maupun secara herbal atau alami bukan makanan yang menyebabkan kanker hati sebelum dilakukan pengobatan. Semoga bisa menjadi pedoman sebelum gangguan penyakit semakin parah.

  1. Hindari Ketergantungan Obat Terlarang

Obat terlarang seperti narkoba jika kadung masuk ke dalam tubuh, organ yang diserang pertama kali adalah hati. Bahkan, ada kasus pengguna narkoba yang mengalami sirosis hati di pertama penggunaannya.

Selain itu, narkoba bisa menjadi pemicu hepatitis C. Gangguan inilah yang menurut medis cikal bakal terjadinya gagal hati.

  1. Konsumsi Obat dengan Dosis Tepat

Mengkonsumsi obat pencegahan kolestatis di luar dosis juga bisa menyebabkan gagal hati. Hal ini disebabkan oleh kadar zat kimiawi di dalam tubuh tidak normal. Saking berbahayanya cara konsumsi semacam ini, di label kemasan obat pasti ditulis efek samping jika pengkonsumsian tidak sesuai aturan pakai. Atas dasar itulah, minum obat apapun harus sesuai resep. Pastikan tidak dikurangi dan tidak berlebihan.

  1. Jauhi Alkohol

Alkohol ketika masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi detok. Kerjanya adalah melakukan pengrusakan pada sel. Jika senyawa ini merusak sel hati tanpa diobati dengan cara mengobati fatty liver tentu fungsi hati akan terganggu. Kalau tidak segera ditangani, gagal hati akan terjadi. Tentu anda menyesal jika gagal hati sudah menyerang.

Maka dari itu, jauhi alkohol supaya organ hati tetap sehat. Sel di dalamnya terevitalisasi dengan baik tanpa gangguan senyawa detok dan semacamnya.

  1. Hindari Paparan Polusi

Polusi biasanya mengandung zat berbahaya. Apalagi jika polusinya dihasilkan dari penyemprotan senyawa kimia seperti obat anti serangga, minyak cat dan lain sebagainya.

Jika senyawa ini terhirup, risikonya hati akan mengalami gangguan kolestatis. Jika jumlahnya ringan, metabolisme akan melakukan detoksifikasi, membersihkannya dari dalam. Namun, kalau kadarnya banyak, metabolisme tidak akan mampu menghilangkannya. Sehingga, detok berkumpul di hati. Risikonya sel akan rusak dan gagal hati terjadi.

Atas dasar itulah, pastikan kalau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan zat kimia, pakai pengaman seperti masker atau kaos tangan. Tujuannya supaya anda tidak terpapar zat berbahaya tersebut.

  1. Makan Makanan Berlemak Rendah

Makanan berlemak tinggi seperti susu dan daging harus dibatasi konsumsinya. Karena risikonya adalah hati mengalami sirosis. Jika dilakukan terus menerus, gagal hati juga bakal terjadi. Maka dari itu, kurangi kadar konsumsinya. Ganti dengan ramuan pembersih hati atau makanan berlemak rendah seperti buah, sayuran dan kacang-kacangan.

  1. Berhenti Merokok

Rokok mengandung berbagai macam senyawa negatif. Jika zat ini terhirup, akan muncul detok atau racun tubuh. Jika jumlahnya sedikit, racun bisa dibersihkan secara alami (detoksifikasi). Namun, jika terlalu banyak, zat akan menyerang hati hingga terjadi sirosis. Maka dari itu ganti merokok dengan minum jus untuk fatty liver.

  1. Olahraga Secara Teratur

Melakukan olahraga teratur adalah aktivitas positif. Dengannya tubuh senantiasa sehat. Selain itu, berolahraga teratur membuat hati terlindungi dari detok. Hal ini dikarenakan pembakaran dalam tubuh maksimal. Sehingga berbagai macam detok dibunuh dan diurai menjadi energi. Jika tidak bisa dibuang oleh sel setelah dibentuk menjadi tinja dan urine.

  1. Melakukan Vaksin Hepatitis Berkala

Salah satu penyebab gagal hati adalah sirosis hati. Gejala penyakit ini adalah munculnya hepatitis. Atas dasar itulah jika ingin memiliki hati sehat, lakukan pencegahan kanker hati dengan vaksinasi anti hepatitis secara berkala. Baik yang untuk hepatitis A maupun B.

Dengan vaksinasi ini, sirosis hati bisa dicegah. Itu artinya organ hati lebih sehat dan bebas dan kehilangan fungsi intinya (gagal Hati).

  1. Hindari Stres

Semua penyakit kronis lebih cepat menyerang pasien dengan pikiran rumit. Maka dari itu, jika ingin terhindar dari penyakit kaliber gagal hati, jaga pikiran anda. Teruslah berusaha mencegah dengan senyum tersungging dan hati sumringah. Karena dalam kondisi seperti inilah, tubuh bekerja maksimal proses detoksifikasi pada hati juga maksimal. Sehingga penyakit dicegah juga dengan maksimal.

Itulah cara mencegah gagal hati dan cara mengobati gagal hati yang harus dicoba. Cara ini cukup murah namun membutuhkan ketelatenan tinggi. Jika gejala gagal hati muncul, segera rawat medis. Sebelum terlambat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Gagal Hati