Sponsors Link

7 Penyebab Gagal Hati Paling Akut

Sponsors Link

Tahukah anda bahaya gagal hati? Tiada lain, bahaya dari penyakit gagal hati adalah kematian. Maka dari itu, mengetahui penyebabnya (penyebab gagal hati) dan segera mengobatinya dengan ramuan herbal pembersih hati adalah langkah yang tepat sebelum penyakit menyerang. Karena jika penyakit sudah datang menyerang, anda pasti menyesal.

ads

Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang penyebab gagal hati. Penyebab-penyebab yang membuat organ hati tidak bisa bekerja dengan baik. Sehingga penderitanya akan meninggal dunia jika tanpa pengobatan yang tepat.

Definisi Gagal Hati

Sebelum menjelaskan tentang penyebab gagal hati, terlebih dahulu kami jabarkan tentang pengertiannya. Sehingga anda memiliki pemahaman yang utuh tentang sebuah penyakit paling kronis dan mematikan ini.

Gagal hati atau gangguan organ hati yang disebut liver failure merupakan kondisi kesehatan yang memburuk akibat organ hati mengalami kerusakan yang parah.  Jika kondisi ini tidak mendapatkan perawatan medis yang cepat dan tidak diberikan jus fatty liver yang tepat pula, pasien bisa meninggal dunia.

Dari segi perkembangan penyakit, perbedaan kanker hati dan tumor hati serta gagal hati dibagi menjadi tiga jenis yaitu gagal hati akut, gagal hati sub akut dan gagal hati kronis yang disebut Chronic Decompensated Hepatic Failure. Untuk gagal hati akut, gangguan mulai terjadi pasca 8 jam hati mengalami mal fungsi.  Sedangkan jika sudah melewati masa 6 bulan, berarti gagal hati sudah memasuki sub akut.  Untuk gagal hati kronis, perkembangannya sangat lambat. Bahkan penyakit akan mengalami tingkat keparahan stadium 4 jika sudah melewati masa 1 tahun.

Untuk perawatannya sendiri sama dengan pencegahan kanker hati yaitu bertujuan untuk mencegah berkembangnya penyebab gagal hati sehingga fungsi organ hati kembali normal.  Jika ternyata, gangguan sudah terlunjur parah, dan tidak bisa diatasi dengan obat-obatan, maka tindakan operasi transplantasi adalah resolusi terakhir.

Gejala Gagal Hati

Gejala atau tanda-tanda awal terjadinya gagal hati mirip dengan gejala penyakit lain. Sehingga terkadang pasien salah dalam mendeteksi terjadinya penyakit.  Namun, menurut para medis, gejala awal gagal hati yang sering muncul adalah mudah lelah, diare, mual, serta mengalami penurunan selera makan.

Sedangkan jika penyakit sudah memasuki stadium lanjut tanpa proses detoksifikasi pada hati , gejala yang muncul lebih detil. Ini dia beberapa gejala tersebut, yaitu:

  1. Muntah
  2. Sering mengantuk
  3. Mengalami Nyeri perut di bagian kanan atas
  4. Perut membengkak
  5. Mudah mengalami perdarahan
  6. Disorientasi mental atau bingung

Penyebab Gagal Hati

Setelah anda mengetahui definisi, pebedaan abses hati amebic dan piogenic dan gejala penyakit gagal hati, baru pada narasi berikut ini kami rilis tentang penyebab-penyebabnya. Jika penyebab ini muncul, peluang anda mengalami gangguan gagal hati sangat besar. Maka dari itu, narasi ini bisa anda jadikan sebagai pedoman untuk tetap waspada akan perubahan tubuh anda.

  1. Overdosis Acetaminophen

Mengkonsumsi obat jenis acetaminophen merupakan penyebab gagal hati yang pertama. Selain itu, penyebab ini tergolong yang paling umum terjadi.  Bahkan dari beberapa kasus gagal hati karena terapi apel untuk pasien batu empedu yang salah, pasien mengalami gangguan karena mengkonsumsi obat ini secara berlebihan.  Terutama bagi mereka yang sudah mengalami ketergantungan pada obat sehingga mengkonsumsinya untuk jangka panjang.

  1. Obat Resep

Selain akibat mengkonsumsi obat acetaminophen yang over dosis, gagal hati juga sering kali diakibatkan oleh ketergantungan pada obat resep dokter berbahan kimia. Obat resep yang berpotensi menimbulkan gagal hati adalah obat resep antibiotik, obat anti-inflamasi nonsteroidal, dan antikonvulsan.

  1. Suplemen Herbal

Obat herbal juga bisa menimbulkan gangguan hati. Apalagi jika obat atau minuman yang baik untuk organ hati semacam ini dibuat dari cara tidak legal dan bahan yang digunakan tidak jelas fungsinya. Menurut medis obat herbal yang berbahaya adalah obat yang mengandung zat kava, ephedra serta pennyroyal.

  1. Hepatitis dan Virus

Penyebab gagal hati yang keempat adalah karena penyakit kategori hepatitis seperti hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis E. Selain itu, penyakit ini juga disebabkan oleh serangan virus jahat sekaliber Epstein-Barr, cytomegalovirus, serta virus penyebab herpes, simplex virus.

  1. Racun

Salah satu penyebab gagal hati yang juga harus diwaspadai dengan pencegahan abses hati adalah racun. Biasanya racun ini ditemukan pada semacam jamur yang tumbuh liar di alam yang disebut Amanita Phalloides. Racun ini memang mudah masuk ke dalam tubuh karena sepintas jamur yang mengandungnya mirip dengan jamur yang biasa dikonsumsi masyarakat.

  1. Penyakit Autoimun

Gagal hati juga disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada atutoimun. Biasanya gangguan ini disebabkan oleh hepatitis yang menyerang imun tubuh yang mengakibatkan sel-sel di dalam hati tidak terlindungi dengan baik.

  1. Penyakit Pembuluh Darah pada Hati

Penyebab gagal hati yang terakhir adalah akibat kerusakan pembuluh darah hati.  Penyakit ini dikenal dengan istilah medis sindrom Budd-Chiari, yang dengannya arteri hati mengalami penyumbatan ekstrem. Sehingga pasokan darah dan oksigen yang masuk ke hati menjadi ikut terhambat.

Itulah beberapa penyebab gagal hati yang harus diwaspadai dengan cara merawat penderita hemokromatosis dengan baik dan benar. Semoga artikel ini bisa menjadi pedoman anda untuk senantiasa menjaga hati tetap sehat dan kuat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Gagal Hati