Sponsors Link

4 Gejala Hemokromatosis yang Harus di Waspadai

Sponsors Link

Sebagian dari anda pasti pernah mendengar kata Hemokromatosis, khususnya yang memiliki masalah pada bagian hati dalam tubuh. Hemokromatosis merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang bagian hati.

ads

Dimana penyakit ini masuk kedalam penyakit keturunan yang menyebabkan tubuh menyerap sangat banyak zat besi yang berasal dari makanan yang anda konsumsi.

Adanya kelebihan zat besi tersebut akan disimpan di dalam hati, jantung serta pankreas. Akibatnya seseorang akan mengalami kerusakan organ dan akhirnya menderita zat besi tinggi yang terus mengalir dalam tubuh tersebut.

Kondisi ini tentu akan bermuara pada berbagai penyakit seperti halnya kanker, jantung, hati yang bermasalah layaknya Abses hati,
tanda-tanda kerusakan hati  dan penyakit lainnya .

Selain itu, Hemokromatosis juga bisa berkembang menjadi masalah seperti komplikasi kanker hatidan jika tidak diobati segera akan menyebabkan kematian. Jika sudah seperti ini bisa dikatakan Hemokromatosis masuk kedalam penyakit berat dan berbahaya walaupun terjadi karena faktor keturunan.

Pertanyaannya, apakah Penyebab Hemochromatosis dapat terjadi pada anda yang tidak memiliki faktor genetik ? maka kasusnya hanya 1 dari 100 pasien saja.

Mungkin saja Hemokromatosis terjadi tanpa adanya faktor genetik, namun jika memang benar-benar terjadi maka mereka memiliki masalah cukup besar dalam tubuh dan mengkonsumsi berbagai makanan yang salah. Sehingga penyakit Hemokromatosis dapat terjadi.

Agar dapat mengetahui apakah pasien atau seseorang terserang Penyakit pada Organ Hati ini, berikut ini gejala yang bisa anda kenali :

  1. Nyeri Perut

Jika anda mengalami nyeri perut khususnya pada perut bagian kanan atas secara terus menerus dan berkala maka harus diwaspadai sebagai penyakit yang mengganggu bagian Hati.

Hal ini bisa jadi penyakit lainya, bukan hanya Hemokromatosis. Namun jika mengalami nyeri perut dibagian tersebut sudah jelas nyeri di bagian organ Hati.

2. Amenorrhea

Selanjutnya gejala yang bisa didapatkan khususnya untuk para wanita adalah Amenorrhea. Dimana kondisi tersebut menjadikan haid atau menstruasi tidak lancar dan berjalan tidak sesuai jadwal.

Selain itu menstruasi yang tidak lancar akan menimbulkan rasa sakit. Masalah ini terus berlanjut dan lebih mudah terdeteksi jika Amenorrhea ini, terjadi pada wanita yang telah menikah.

3. Mudah Lelah

Hati berfungsi untuk menyaring makanan yang anda konsumsi. Selain itu, hati juga menyaring berbagai kotoran yang ada dalam darah. Jika terdapat masalah pada fungsi hati karena terlalu banyak menyerap zat besi menjadikan organ ini bekerja dengan keras, dan pada akhirnya anda akan mudah lelah.

Sehingga tanda mudah lelah meskipun sudah istirahat ataupun mengerjakan hal yang ringan dapat menjadikan gejala Hemokromatosis.

Sponsors Link

4. Detak jantung

Gejala selanjutnya adalah detak jantung tidak teratur. Umumnya detak jantung tidak teratur akan terjadi jika anda mengkonsumsi obat dengan dosis terlalu tinggi.

Selain itu detak jantung tidak teratur biasanya disebabkan karena masalah pada jantung. Jika hal ini terjadi dipadukan dengan masalah di perut atau rasa nyeri bisa dipastikan anda mengalami masalah pada hati.

Untuk itu jika sudah mengalami gejala diatas, baiknya untuk konsultasikan pada dokter terkait agar Hemokromatosis dapat diatasi dengan cepat dan anda bisa sembuh. Ciri-ciri Hemokromatosis akan muncul jika penyakit ini sudah masuk kedalam tahapan bahaya.

Hemokromatosis masuk kedalam penyakit yang tidak terlihat gejala awalnya, namun langsung muncul gejala berat yang mengindikasikan seseorang mengalami penyakit ini. Cara Mencegah Hemokromatosis  dapat dilakukan dengan berbagai cara.

, ,
Oleh :
Kategori : Hemokromatosis